window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Demi Penuhi Permintaan Brio, Honda Ngalah Korbankan Mobilio

Adit · 11 Apr, 2022 16:35

Demi Penuhi Permintaan Brio, Honda Ngalah Korbankan Mobilio 01

  • Honda Mobilio tetap dijual di Indonesia, tapi hanya satu varian tipe.
  • Tipe yang disediakan Honda Mobilio S transmisi manual (M/T).
  • Harga Honda Mobilio 2022 Rp229,9 juta OTR Jakarta.

PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya buka suara terkait kelanjutan eksistensi Honda Mobilio. Low MPV pesaing Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander ini rupanya masih diproduksi, namun menyisakan satu varian saja, yakni S M/T yang jadi tipe paling murah. 

Ada alasan khusus kenapa akhirnya HPM cuma memproduksi dan memasarkan Honda Mobilio tipe terendah itu. Selain karena diklaim varian tersebut yang paling laris, juga karena masalah krisis chip semikonduktor, sehingga harus mengorbankan produksi varian Mobilio lainnya.

Demi Penuhi Permintaan Brio, Honda Ngalah Korbankan Mobilio 02

Honda Mobilio tipe S manual dijual dengan harga Rp229,9 juta OTR Jakarta

Baca Juga: Ini Dia Nasib Honda Mobilio Setelah All New Honda BR-V 2022 Meluncur

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Hal ini diutarakan Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy. Intinya Mobilio harus mengalah dulu karena penerimaan pasarnya yang lebih sedikit.

"Kami harus memprioritaskan produksi ke model yang permintaannya masih tinggi seperti Honda Brio. Brio dan Mobilio itu komponennya hampir sama, apalagi yang bermasalah itu sama, jadi kami fokus ke Brio dulu yang permintaannya masih tinggi," katanya.

Benar saja, bila menilik laman resmi Honda Indonesia sekarang, cuma ada Honda Mobilio tipe S transmisi manual. Harganya Rp229,9 juta. Billy mengatakan, model ini masih diminati pasar namun khususnya konsumen fleet, atau borongan untuk kendaraan operasional maupun armada transportasi swasta. 

Demi Penuhi Permintaan Brio, Honda Ngalah Korbankan Mobilio 01

Honda Mobilio tipe S punya kelengkapan fitur dual SRS airbag, rem ABS, dan EBD

"Varian ini yang masih diinginkan konsumen, 87 persen itu fleet, ini yang mereka minta, S manual, yang termurah. Apakah nanti ada varian lainnya? Itu tergantung permintaan konsumen," tambah Billy. 

Baca Juga: Tak Kunjung Ganti Model, Ini 3 Kelebihan Honda Mobilio 2022 Bersaing di Low MPV

Kelengkapan Fitur Honda Mobilio Termurah

Singkat mengenai model ini, boleh dibilang adalah Honda Mobilio yang mengutamakan fungsi ketimbang gaya. Jelas saja, karena memang harganya yang lebih terjangkau. Jadi jangan harap ada add on atau aksen penghias mobil dari eksteriornya. 

Demi Penuhi Permintaan Brio, Honda Ngalah Korbankan Mobilio 02

Honda Mobilio tipe S pakai pelek kaleng dengan dop

Soal lampu utama masih pakai halogen biasa. Minus lampu kabut dan sepatunya masih kaleng, tapi sudah dilapisi dop jadi tidak begitu standar banget tampilannya.

Adapun dari interior, seluruh nuansanya serba hitam. Desain dashboard masih sama seperti Mobilio tipe atasnya, namun tentunya didominasi trim hitam berbahan plastik keras. Bagian tengah ada head unit double din non layar sentuh, kemudian ada pengaturan AC digital, AC double blower, serta panel meter dengan multi information display.

Demi Penuhi Permintaan Brio, Honda Ngalah Korbankan Mobilio 03

Desain dashboard Honda Mobilio tipe S manual, tetap pakai pengaturan AC digital

Untuk kemudahan akses ke baris belakang, Honda Mobilio tipe S telah menggunakan mekanisme one touch tumble, pakai satu sentuhan, maka jok tengah bisa langsung terangkat dan terlipat. Klaim Honda, baris ketiganya itu masih lega untuk orang dengan tinggi postur 175 cm.

Honda Mobilio tipe S manual cuma dilengkapi fitur keselamatan dual SRS airbags serta rem ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution). Dapur pacunya 1.500 cc, bertenaga 118 PS di 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada putaran 4.600 rpm. 

Baca Juga: Jualan Honda Mobilio Terus Merosot, Dipermalukan Mitsubishi Xpander

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Mobilio S MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil