window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Demi Saingi Wuling Almaz RS, Chery Tiggo 8 Plus Bakal Bawa Fitur Keselamatan ADAS di Indonesia

Enda · 10 Jun, 2021 13:30

Demi Saingi Wuling Almaz RS, Chery Tiggo 8 Plus Bakal Bawa Fitur Keselamatan ADAS di Indonesia 01

Wuling Almaz RS vs Chery Tiggo 8 Plus

Pabrikan otomotif asal Negeri Tiongkok, Chery, dikabarkan akan kembali meramaikan pasar otomotif Tanah Air. Melalui tangan Chery Motors Indonesia, nantinya perusahaan ini diramalkan akan membawa salah satu produk flagshipnya yang bermain di segmen Medium SUV 7-seater, yakni Chery Tiggo 8 Plus yang juga akan bersaing secara langsung dengan Wuling Almaz RS.

Tidak ingin kalah dengan Wuling Almaz RS yang sama-sama menawarkan fitur keselamatan ADAS, Chery Tiggo 8 Plus yang akan dijual di Indonesia dikabarkan juga akan memilki fitur keselamatan yang serupa.

Penasaran dengan apa saja fitur keselamatan Advanced Driver Assistant System (ADAS) yang ada di Chery Tiggo 8 Plus? Simak terus ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Beda Rp4,5 Juta, Ketahui Perbedaan Wuling Almaz RS Exclusive dan PRO Sebelum Membelinya!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Fitur Keselamatan ADAS Pada Chery Tiggo 8 Plus Lebih Lengkap dari Wuling Almaz RS?

Demi Saingi Wuling Almaz RS, Chery Tiggo 8 Plus Bakal Bawa Fitur Keselamatan ADAS di Indonesia 01

Fitur keselamatan ADAS berupa Forward Collison Warning (FCW) pada Chery Tiggo 8 Plus

Bicara terknologi keselamatan terbaru berupa ADAS pada Chery Tiggo 8 Plus, fitur yang ada pada mobil ini terbagi dalam beberapa kategori.

Dimana fitur keselamatan ADAS pada Chery Tiggo 8 Plus ini mencakup Intelligent high-beam (headlamp) control (IHC), Adaptive Cruise Control (ACC), Traffic Sign recognition (TSR), Blind Spot Detection (BSD), Lane Keeping Assistance (LKA), Forward Collision Warning (FCW) dan Automatic Emergency Braking (AEB).

Bukan cuma itu saja, fitur ADAS lainnya pada mobil ini juga terdapat Door Opening Warning (DOW), Intelligent Cruise Assistance (ICA), Lane Departure Warning (LDW), Rear Cross Traffic Alert (RCTA) serta Traffic Jam Assistance (TJA).

Demi Saingi Wuling Almaz RS, Chery Tiggo 8 Plus Bakal Bawa Fitur Keselamatan ADAS di Indonesia 02

Fitur ADAS pada Wuling Almaz RS

Melihat fitur keselamatan ADAS di Wuling Almaz RS, mobil ini juga mendapatkan beberapa kategori yang diantaranya; Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA).

Kategori fitur ADAS selanjutnya ialah Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assistance (LKA), Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS) serta Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Secara konklusi, dari kedua model yang kami sebutkan di atas, baik Chery Tiggo 8 Plus maupun Wuling Almaz RS sama-sama menawarkan 12 kategori fitur keselamatan ADAS.

Baca juga: 5 Keistimewaan Pada Wuling Almaz RS, Honda CR-V Cs Mesti Waspada

Fitur Unggulan Chery Tiggo 8 Plus Cukup Menarik

Demi Saingi Wuling Almaz RS, Chery Tiggo 8 Plus Bakal Bawa Fitur Keselamatan ADAS di Indonesia 03

Tampilan dashboard Chery Tiggo 8 Plus

Sebagai Medium SUV 7-seater calon rival utama Wuling Almaz RS, Chery Tiggo 8 Plus hadir dengan enam buah airbag, satu untuk pengemudi, satu penumpang bagian depan, serta empat untuk samping. Selain itu juga terdapat ISOFIX yang memberikan titik jangkar untuk kursi pengaman anak, ABS, EBD, Electronic Stability Control Program, Hill Descent Control, Front and Reverse Radar, lalu terdapat Tire Pressure Monitoring System (TPMS) untuk memberikan keselamatan yang lebih baik.

Bicara keamanannya, Chery Tiggo 8 Plus berhasil dilengkapi dengan electronic anti-theft system yang memastikan kendaraan tetap aman saat diparkir. Tidak cuman itu saja, mobil ini juga dipasangkan dengan engine immobilizer yang menambah keamanan kendaraan.

Demi Saingi Wuling Almaz RS, Chery Tiggo 8 Plus Bakal Bawa Fitur Keselamatan ADAS di Indonesia 04

Jok Chery Tiggo 8 Plus

Melihat bagian dalam Chery Tiggo 8 Plus, kalian secara langsung dapat merasakan material utama berbahan dasar kulit sintetis berwarna hitam yang dipadukan dengan sentuhan list merah serta putih yang menampilkan kesan sporty. Ketika singgah didalamnya, kalian bisa merasakan kenyamanan dari mobil ini berkat adanya jok mewah model semi bucket yang dapat diatur secara elektronik dengan pemanas, ventilasi, pijat dan fungsi lainnya. Fitur pada kursi tersebut ditujukan untuk meningkatkan pengalaman berkendara dan nyaman selama perjalanan.

Di sisi lain, kalian juga bisa mengatur suhu AC melalui kontrol iklim otomatis dual zone yang dapat dioperasikan melalui panel sensitif sentuhan dengan knob untuk suhu dan kontrol blower. Dashboard-nya dirancang sederhana namun tetap sporty dan ergonomis.

Fitur multimedia mengandalkan head unit layar sentuh 10,25 inci model floating yang dapat menampilkan visual kamera 360 derajat di tengah. Layar instrument panel pengemudi pun dibuat modern dengan tampilan digital kaya akan warna.

Demi Saingi Wuling Almaz RS, Chery Tiggo 8 Plus Bakal Bawa Fitur Keselamatan ADAS di Indonesia 05

Panoramic sunroof di Chery Tiggo 8 Plus

Tingkat visibilitas penumpang ke luar menggunakan mobil ini pun semakin luas. Semua ini dikarenakan Tiggo 8 Plus berhasil disematkan panoramic sunroof yang membentang hingga baris kedua. Demi memberikan kemudahan kepada setiap penggunannya, pintu bagasinya berhasil tersematkan power tailgate yang dapat berjalan secara otomatis.

Chery Tiggo 8 Plus Punya Tenaga Lebih Besar dari Wuling Almaz RS

Demi Saingi Wuling Almaz RS, Chery Tiggo 8 Plus Bakal Bawa Fitur Keselamatan ADAS di Indonesia 06

Chery Tiggo 8 Plus menggendong mesin 1.5L turbocharged

Bicara jantung pacu Chery Tiggo 8 Plus melalui data yang tertulis, mobil yang masuk dalam golongan C-SUV ini dengan panjang 4.700 mm, lebar 1.858 mm, dan tinggi 1.746 mm ini disematkan mesin 1.5L turbocharged TGDI yang dapat menghasilkan tenaga 147 PS dengan torsi 210 Nm.

Mengenai tingkat percepatannya, mesin yang digunakan tersebut dikawinkan dengan transmisi Dual-Clutch (DCT) 6-speed. Untuk dapat menggerakan mobil, putaran tenaga dari mesin tersebut ditranslasi ke roda depannya. 

Sedangkan Wuling Almaz RS secara spesifikasi dibenamkan mesin 1.5L In-line 4 Cylinders, DOHC DVVT With Turbocharger yang mampu menghasilkan tenaga hingga 142 PS serta torsi maksimal 250 Nm, yang kemudian digerakan oleh roda depan dan diatur menggunakan transmisi CVT 8-percepatan.

Perbandingan Spesifikasi Mesin Chery Tiggo 8 Plus Vs Wuling Almaz RS
Keterangan Chery Tiggo 8 Plus Wuling Almaz RS
Jenis 1.5L turbocharged TGDI 1.5L In-line 4 Cylinders, DOHC DVVT With Turbocharger
Tenaga 147 PS 142 PS
Torsi 210 Nm 250 Nm
Transmisi Dual-Clutch (DCT) 6-speed CVT 8-percepatan
Penggerak FWD FWD

Kesimpulan

Chery Tiggo 8 Plus sebagai calon pesaing Wuling Almaz RS berhasil mendapatkan fitur ADAS dengan total 12 kategori. Jumlah kategori yang ada di fitur keselamatan terkini ini sama seperti yang ada di Almaz RS.

Mengenai jantung pacunya, melihat pada data di atas, dapat disimpulkan bahwa tenaga yang diperoleh Tiggo 8 Plus lebih besar dari Almaz RS. Untuk fitur hiburannya, mobil ini juga terbilang sangat menarik.

Jadi apakah Chery Tiggo 8 Plus nantinya dapat menjatuhkan kejayaan Wuling Almaz RS di Tanah Air?

Baca juga: Melihat Lebih Dekat Chery Tiggo 8, Layak Jadi Pesaing Wuling Almaz RS?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Wuling Almaz Hybrid 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil