window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Deretan Bus Baru Buat Mudik Lebaran, Ada Gunung Harta Double Decker Hingga Putra Remaja Bertransmisi Matic

Ilham · 8 Apr, 2023 09:30

Deretan Bus Baru Buat Mudik Lebaran, Ada Gunung Harta Double Decker Hingga Putra Remaja Bertransmisi Matic 01

Musim mudik Lebaran kerap dijadikan sebagai ajang berlomba bagi perusahaan otobus (PO) untuk menghadirkan bus-bus baru. Biasanya bus baru datang sebagai bentuk peremajaan, penambahan armada atau bisa keduanya.

Tujuannya untuk menarik penumpang yang ingin mudik ke kampung halaman dan mengantarkannya balik pasca Lebaran. Sehingga penumpang pun merasa nyaman di perjalanan. Dan tahun ini, ada beberapa PO yang menghadirkan armada baru. Berikut rangkumannya:

Baca Juga: Hino RM 280, Apa Kelebihan Bus Terbaru Hino Berstandar Euro4 Ini?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Gunung Harta Double Decker

PT Gunung Harta Transport Solutions selaku operator bus Gunung Harta berkelir hijau pekan ini memboyong bus tingkat atau double decker. Ada lima unit bus Volvo B11R 450 I-Shift Euro 5 yang dibalut bodi Jetbus SDD dari karoseri Adi Putro, Malang.

Deretan Bus Baru Buat Mudik Lebaran, Ada Gunung Harta Double Decker Hingga Putra Remaja Bertransmisi Matic 01

Bus-bus ini merupakan rakitan Indonesia yang di akhir tahun lalu dirilis di Jakarta. Kelimanya merupakan produk sasis pertama yang dirakit oleh Volvo Buses Indonesia.

Baca Juga: Tenaga Lebih Besar, Apa Keunggulan Lain Bus Volvo B11R Dibanding Scania K410IB?

Baca Juga: Bus Volvo Rakitan Lokal Ludes Terjual, Diborong PO Gunung Harta!

Rosalia Indah Hino Bodi Avante 

Pertengahan bulan lalu, PO Rosalia Indah merilis armada anyarnya yang berbodi Avante H8 Facelift dari karoseri Tentrem, Malang. Bus tersebut mengandalkan sasis Hino RM280 yang sudah dilengkapi dengan suspensi udara. 

Deretan Bus Baru Buat Mudik Lebaran, Ada Gunung Harta Double Decker Hingga Putra Remaja Bertransmisi Matic 02

Peranti tersebut bakal menambah kenyamanan penumpang. Apalagi, fasilitasnya mengarah ke kelas AC VIP dengan seat 2-2 tanpa leg rest. Namun sudah dilengkapi dengan toilet di belakang kabin.

Sinar Jaya XHD Prime

Sasis Hino RM280 yang didapuk sebagai pengganti RK260 juga jadi andalan PO Sinar Jaya pada deretan armada terbarunya. Bodinya digarap oleh karoseri Laksana, Ungaran dengan tipe Legacy SR3 XHD Prime.

Deretan Bus Baru Buat Mudik Lebaran, Ada Gunung Harta Double Decker Hingga Putra Remaja Bertransmisi Matic 03

Ada lima unit bus baru yang dipesan oleh PO Sinar Jaya kali ini. Konfigurasi joknya 2-2 dengan fasilitas AC dan toilet.

Kalingga Jaya Dream Coach

Persaingan bus rute Muria Raya kerap menarik perhatian Bismania. Maklum, bus-bus bersasis premium dengan kelas tinggi kerap hadir mengisi rute Jakarta-Jepara dan sekitarnya ini.

Deretan Bus Baru Buat Mudik Lebaran, Ada Gunung Harta Double Decker Hingga Putra Remaja Bertransmisi Matic 04

Salah satu unit baru yang bakal masuk ke rute ini adalah sleeper bus dari PO Kalingga Jaya. Tak tanggung, bodi Jetbus 3+ MHD Dream Coach dari karoseri Adi Putro, Malang dipilih untuk melapis sasis Mercedes-Benz OH 1626.

Putra Remaja Bertransmisi Otomatis 

Untuk rute Jawa-Sumatra, ada PO Putra Remaja yang belum lama ini menghadirkan enam armada baru. Bus tersebut mengandalkan sasis Mercedes-Benz OH 1626 dengan transmisi otomatis. Kenyamanan menjadi fokusnya karena selain transmisi matik, bus ini sudah dibekali suspensi udara.

Deretan Bus Baru Buat Mudik Lebaran, Ada Gunung Harta Double Decker Hingga Putra Remaja Bertransmisi Matic 05

Menariknya, bodi bus memakai Legacy SR3 Panorama Ultimate dari karoseri Laksana. Bodi anyar ini punya ciri khas di bagian depan yang kembali memakai single glass dan absennya selendang di kedua sisi bus. Hal ini menjadikan pandangan dari dalam terasa lebih luas.

Ada yang mau nambahin?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil