Deretan Low SUV 7-Seater Terlaris Selama April 2021, Toyota Rush Masih Betah di Posisi Pertama

Enda · 19 Mei, 2021 16:00

Deretan Low SUV 7-Seater Terlaris Selama April 2021, Toyota Rush Masih Betah di Posisi Pertama 01

Low SUV 7-seater terlaris selama April 2021

Kendaraan jenis Low SUV di Tanah Air dari tahun ke tahun popularitasnya mulai menggeser Low MPV. Hal ini dikarenakan, mobil 7-seater ini dapat membawa barang serta menampung penumpang cukup banyak, dan juga bisa diandalkan dalam melahap berbagai medan berkontur.

Bicara mengenai Low SUV terlaris, selama periode penjualan bulan April 2021 atau dua bulan setelah relaksasi PPnBM nol persen diberlakukan, Toyota Rush kembali berhasil mempertahankan posisi pertama sebagai mobil terlaris di segmennya.

Data tersebut berhasil diperoleh dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menurut angka penjualan secara wholesales (pabrik ke dealer).

Ingin tahu model LSUV terlaris apa saja di bawah Toyota Rush yang berhasil terjual dari pabrik ke dealer selama April 2021? Daripada penasaran, simak beberapa modelnya di bawah ini.

Baca juga: Tiga Kali Lebih Laris Dari Toyota Yaris Selama April 2021, Ini Rahasia Kehebatan Honda City Hatchback RS

1. Toyota Rush

Deretan Low SUV 7-Seater Terlaris Selama April 2021, Toyota Rush Masih Betah di Posisi Pertama 02

Toyota Rush

Bermodalkan mesin 2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i 1.496 cc yang dapat merilis tenaga hingga 104 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal 136 Nm @4.200 rpm, serta sistem penggerak Rear Wheel Drive (RWD), selama kuartal kedua di bulan pertama tahun ini Toyota Rush mampu menorehkan angka penjualan wholesales sebanyak 2.889 unit.

Hal ini tentunya membuat saudara kembar Daihatsu Terios ini, mampu kembali mempertahankan posisi pertama sebagai mobil terlaris dari bulan sebelumnya.

Keberadaan Toyota Rush yang selalu diminiati masyarakat Tanah Air, sehingga mampu kembali bertengger diurutan pertama sebagai mobil terlaris bukan tanpa alasan.

Bicara soal kapasitas ruang contohnya. Diketahui Rush sendiri memiliki bagasi lebih panjang, yakni menjadi 450 mm dari generasi sebelumnya. Perlu kalian ingat, LSUV Toyota ini juga mampu dimuati dua buah koper besar. Jika ingin membawa barang lebih banyak, kalian juga bisa melipat jok baris ketiganya.

Oh iya, perlu kalian ketahui juga bahwa kompartemen Rush terbilang banyak, khususnya tempat untuk tempat botol air minum. Pada baris depannya di bawah pengaturan AC terdapat laci kecil yang bisa dimanfaatkan untuk meletakkan smartphone ataupun benda kecil lainnya. Masih di konsol tengah, tersedia cup holder.

Melihat di baris kedua, di sisi pintu kiri dan kanan terdapat dua cup holder dan sedikit tempat penyimpanan. Pada konsol tengah yang menyambung dari baris depan, juga tersedia satu cup holder. Sedangkan di baris ketiga terdapat cup holder dan tempat penyimpanan berukuran kecil di setiap sisi bangku.

Melihat fitur keselamatan, Toyota sendiri berhasil menyematkan p dual SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS). Lainnya, Toyota Rush juga mendapat tambahan empat buah airbag di bagian sampingnya dan secara keseluruhan terdapat enam buah kantung udara. 

2. Daihatsu Terios

Deretan Low SUV 7-Seater Terlaris Selama April 2021, Toyota Rush Masih Betah di Posisi Pertama 03

Daihatsu Terios

Jika pada bulan sebelumnya mobil terlaris di segmen ini pada urutan kedua berhasil diisi oleh Mitsubishi Xpander Cross, maka selama April 2021 ditempati oleh Daihatsu Terios.

Sebagai saudara kembar Rush, salah satu produk flagship Daihatsu ini juga memiliki daya tarik di hati masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan atas prestasi yang diraihnya atas penjualan secara wholesales selama April 2021, Daihatsu Terios berhasil dikirimkan sejumlah 2.744 unit.

Menempati posisi kedua sebagai LSUV terlaris, mobil ini memiliki beberapa keunggulan, salah satunya dilengkapi fitur Auto on Headlamp yang tidak dimiliki saudara kembarnya.

Fitur ini secara otomatis dapat menyalakan lampu utama dalam kondisi yang gelap. Dengan begitu, visibilitas pengemudi akan sangat terbantu berkat adanya fitur ini. Pada Toyota Rush, kalian tidak bisa menemukan fitur yang sama.

Begitupun fitur keselamatan, Daihatsu Terios berhasil disematkan dual SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS).

Menyinggung jantung pacu yang digunakan, sebagian besar masyarakat Indonesia sudah tahu apabila Terios sendiri menggunakan mesin, transmisi, serta sistem penggerak yang sama dengan saudara kembarnya.

3. Mitsubishi Xpander Cross

Deretan Low SUV 7-Seater Terlaris Selama April 2021, Toyota Rush Masih Betah di Posisi Pertama 04

Mitsubishi Xpander Cross

Penjualan selama April 2021, Mitsubishi Xpander Cross tidak mampu mempertahankan peringkat penjualan dari bulan sebelumnya. Jika Maret 2021 LSUV pabrikan tiga berlian ini mampu mencatatkan angka penjualan sebesar 2.492 unit, maka pada bulan keempat tahun ini hanya berhasil membukukan data penjualan sejumlah 1.598 unit.

Secara desain eksterior, Xpander Cross diketahui memiliki bentuk yang terlihat lebih atraktif dan dinamis dibandingkan para rivalnya. Alasan lain Xpander Cross diminati karena adanya fitur menarik seperti Brake Assist, Dual SRS Airbags, Active Stability Control (ASC), Traction Control (TCL), Hill Start Assist (HSA) Immobilizer hingga Cruise Control.

Baca juga: Pakai FWD, Mitsubishi Xpander Cross Jadi Lebih Lega Dari Toyota Rush yang RWD?

Bicara mesin, mobil ini dibenamkan jantung pacu 1.5L berteknologi MIVEC DOHC 16 Valve dengan volume silinder 1.499 cc yang dapat memuntahkan tenaga 105 PS @6.000 rpm serta torsi 141 Nm @4.000 rpm.

Ditanamkan dengan struktur transverse (melintang) sebagai ciri khas mobil penggerak roda depan, mesin yang digunakan dilengkapi katup peredam guncangan, sehingga mampu memberikan kenyamanan berkendara di berbagai medan.

4. Suzuki XL7

Deretan Low SUV 7-Seater Terlaris Selama April 2021, Toyota Rush Masih Betah di Posisi Pertama 05

Suzuki XL-7

Pada kuartal kedua di bulan pertama tahun ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mampu mempertahankan posisi keempat untuk penjualan Suzuki XL7 dari bulan sebelumnya.

Selama Maret 2021 diketahui XL7 berhasil dikirimkan dari pabrik ke dealer dengan total unit 1.596 unit. Berbeda dengan April 2021, pihaknya hanya mencatakan angka penjualan 804 unit. Pencapian angka yang diraihnya pada bulan keempat tahun ini memang tak segemilang bulan sebelumnya.

Mengetahui fitur unggulan yang dimiliki Suzuki XL7, mobil ini berhasil menawarkan kenyamanan berkendara berupa AC digital, Smart E-Mirror, Engine Start/Stop Button, Ventilated AC with Cup Holder, Stunning Audio 8 inci, Stunning MID Display, Steering Wheel with Bluetooth Phone Connection dan 3 buah power outlet.

Fitur keselamatan, mobil ini menggunakan struktur rangka dengan Platform Heartect, Hill Hold Control (HHC), dual airbag, EBD, ABS, Electronic Stability Programe (ESP), sensor mundur serta Tect Body yang dapat meredam dan menyebarkan energi benturan akibat tabrakan.

Mesinnya sendiri menggunakan K15B Multipoint Injection dengan kubikasi 1.462 cc yang dapat menghasilkan tenaga 104,7 PS @6.000 rpm serta torsi 138 Nm @4.400 rpm yang kemudian ditranslasi ke penggerak roda depannya.

5. DFSK Glory 560

Deretan Low SUV 7-Seater Terlaris Selama April 2021, Toyota Rush Masih Betah di Posisi Pertama 06

DFSK Glory 560

Sebelumnya, kita patut memberikan apresiasi terhadap LSUV asal pabrikan Tiongkok ini. Bagaimana tidak, DFSK Glory 560 ini mampu menggeser posisi Honda BR-V pada penjualan LSUV 7-seater terlaris secara wholesales di bulan Maret 2021 yang berhasil menempati posisi kelima.

Pada April 2021 diketahui DFSK Glory 560 mampu mencatatkan angka penjualan sebanyak 144 unit. Angka yang diraih terus tumbuh dari bulan sebelumnya yang hanya berhasil terjual 90 unit.

Meski buatan Tiongkok, DFSK Glory 560 ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Bagaimana tidak LSUV ini berhasil dibenamkan mesin dengan dorongan turbo yang mana bila melihat data di atas kertas, tenaga yang dihasilkan mencapai 150 PS @5.600 rpm dengan torsi 230 Nm @1.800-4.000 rpm. Meski disalurkan melalui penggerak roda depan, transmisi manualnya dapat diatur mencapai 6 tingkat percepatan.

6. Honda BR-V

Deretan Low SUV 7-Seater Terlaris Selama April 2021, Toyota Rush Masih Betah di Posisi Pertama 07

Honda BR-V

Sebagai salah satu produk andalan PT Honda Prospect Motor (HPM), posisi penjualan terlaris Honda BR-V secara wholesales selama April 2021, berhasil digeser oleh pendatang baru asal China, DFSK Glory 560.

Menempati urutan keenam menurut catatan GAIKNDO, Honda BR-V berhasil terjual sebanyak 125 unit ke dealer.

Mengenai fitur keselamatannya, Honda BR-V sendiri mendapatkan ABS + EBD, Vehicle Start Assist (VSA), Traction Control serta Hill Start Assist (HSA) dan dua buah airbag didepannya. Mengenai fitur hiburan, mobil ini disematkan head unit 8" Floating Touchscreen Display Audio AM/FM Radio + USB Port + HDMI Port + Aux Input + Bluetooth Connection + Made for iPod/iPhone & Andoid + Phone Mirroring.

Dalam urusan jantung mekanis, BR-V terbilang lebih unggul dari beberapa kompetitornya. Dimana mesin 1.5 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW berteknologi PGM-FI ini mampu menghasilkan tenaga 120PS @6.600 rpm serta torsi 145Nm @4.600 rpm yang disalurkan melalui dua roda didepannya.

Baca juga: Low SUV Terlaris Maret 2021, Prestasi Mitsubishi Xpander Cross Tak Segemilang Toyota Rush!

Penjualan Wholesales LSUV 7-Seater Terlaris April 2021
Model Total
1. Toyota Rush 2.889 unit
2. Daihatsu Terios 2.744 unit
3. Mitsubishi Xpander Cross 1.598 unit
4. Suzuki XL7 804 unit
5. DFSK Glory 560 144 unit
6. Honda BR-V 125 unit

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Rush 1.5 G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru