window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Deretan Mobil-mobil Buatan Korea Selatan di Indonesia, Kalah Pamor Menang Teknologi

Dhoni · 9 Apr, 2021 17:00

Tidak hanya mobil buatan Jepang dan China yang mulai membanjiri pasar otomotif Indonesia. Kini dua pabrikan mobil asal Korea Selatan juga turut menghadirkan line up terbaiknya. Saat ini, Hyundai dan KIA yang sebenarnya satu aliansi sedang berusaha merebut hati konsumen Indonesia.

Deretan Mobil-mobil Buatan Korea Selatan di Indonesia, Kalah Pamor Menang Teknologi 01

Deretan Mobil-mobil Buatan Korea Selatan di Indonesia

Hyundai dan KIA yang telah cukup memiliki nama besar di Eropa hingga Amerika, kini mulai diperhitungan oleh konsumen Indonesia dengan kehadiran mobil-mobil unggulannya. Hingga April 2021, line up Hyundai maupun KIA mulai menjadi pilihan keluarga Indonesia.

Sebagai target penjualan secara global, Hyundai dan KIA menargetkan penjualan pada 2021 mencapai 7 juta unit mobil. Target ini merupakan revisi dari target yang gagal diraih akibat pandemic Covid-19 selama tahun 2020.

Line up mobil unggulan mobil asal Korea Selatan yang dihadirkan di Indonesia juga cukup beragam, layaknya mobil-mobil buatan Jepang. Untuk line up mobil buatan Hyundai dan KIA yang hadir di Indonesia sebagai berikut:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Line up KIA di Indonesia

KIA di Indonesia kini dipegang oleh PT Kreta Indo Artha (KIA) sebagai APM resmi. KIA merupakan anak perusahaan dari Indomobil Group yang menggantikan  KIA Mobil Indonesia (KMI). KIA sendiri menargetkan untuk memiliki 34 diler yang tersebar di seluruh Indonesia.

Melalui diler tersebut, PT Kreta Indo Artha (KIA) akan memasarkan enam mobil andalannya yang terdiri dari:

All-new Kia Rio

Deretan Mobil-mobil Buatan Korea Selatan di Indonesia, Kalah Pamor Menang Teknologi 01

All-new Kia Rio 2021

Mobil buatan KIA yang masuk dalam segmen hatchback, All-new KIA Rio hadir dengan desain yang berkelas stylis dinamis dan modern. All-new KIA Rio telahdilengkapi fitur-fitur canggih demi meningkatkan kenyamanan yang maksimal. Mobil sedan hatchback yang dibanderol Rp276,6 juta (1.4 L EX M/T) dan Rp291,9 juta (1.4 L EX A/T) juga telah terpasangkan sunroof.

All-New Kia Picanto

Hadir dalam 4 varian, All-new KIA Picanto merupakan city car yang telah dilengkapi berbagai fitur andalan KIA. Seperti halnya All-new KIA Rio yang telah mengunakan sunroof, All-new Kia Picanto juga mendapatkan fitur tersebut.

Deretan Mobil-mobil Buatan Korea Selatan di Indonesia, Kalah Pamor Menang Teknologi 02

All-new KIA Picanto 2021

All-new KIA Picanto dibanderol dari harga Rp207 juta hingga Rp235 juta untuk empat tipe yang terdiri dari All-new KIA Picanto 1.2L EX MT, 1.2L EX AT, Q2L GT Line MT dan 1.2L GT Line AT.

KIA Seltos

Dibanderol dari harga Rp295 juta hingga Rp355 juta, KIA Seltos masuk dalam segmen Low Sport Utility Vehicle (Low SUV). Bahkan kehadiran KIA Seltos di Indonesia telah mendapatkan penghargaan sebagai Best LOW SUV pada 2020.

Deretan Mobil-mobil Buatan Korea Selatan di Indonesia, Kalah Pamor Menang Teknologi 03

KIA Seltos 2021

KIA Seltos hadir dengan berbagai fitur andalannya dengan mengusung disain modern dan stylis sehingga dapat mewakili kebutuhan para konsumennya.

Model terakhir yang baru saja diperkenalkan di Indonesia adalah KIA Seltos 7-seater. Pengembangan dari model sebelumnya yang hanya menampung 5 penumpang, kini KIA Seltos juga tersedia dalam kapasitas 7 penumpang. Untuk harga KIA Seltos 7-seater dibanderol dari harga Rp199,5 juta hingga Rp296 juta.

KIA Sonet

KIA Sonet menjadi varian teranyar yang dihadirkan KIA untuk konsumen Indonesia. KIA Sonet yang tergolong dalam sub compact SUV diklaim dapat memberikan sensasi berpetualang bagi penggunaanya di kota besar.

Deretan Mobil-mobil Buatan Korea Selatan di Indonesia, Kalah Pamor Menang Teknologi 04

KIA Sonet 7-seater

KIA Sonet telah dilengkapi berbagai fitur andalannya dengan teknologi terkini sesuai kebutuhan SUV perkotaan.

Kia Grand Sedona

Sebagai mobil keluarga, KIA Grand Sedona telah meraih penghargaan Best Of Big Fun Diesel. Kemampuan mobil yang dibanderol Rp656,7 juta (3.3L bensin) dan Rp692,4 juta (2.2 L Diesel) telah dilengkapi fitur-fitur canggih dikelasnya.

Deretan Mobil-mobil Buatan Korea Selatan di Indonesia, Kalah Pamor Menang Teknologi 05

KIA Grand Sedona 2021

Secara tampilan, KIA Grand Sedona hadir dengan model lebih modern yang memberikan kenyamanan hingga pengalaman menyenangkan.

Kia Big-Up

KIA Big-UP dengan banderol Rp164 juta hingga Rp292 juta, menjadi satu-satunya mobil komersial dari KIA untuk Indonesia. Kebutuhan untuk memenuhi dalam membawa barang dapat diperoleh sesuai dari disain yang modern, ergonomis, ekonomis, tangguh dan nyaman. 

Deretan Mobil-mobil Buatan Korea Selatan di Indonesia, Kalah Pamor Menang Teknologi 06

KIA Big-Up 2021

KIA Big-Up yang hadir dalam 10 varian berbeda, juga tersedia dalam model bak dan box besar. KIA Big-up sangat cocok untuk segala jenis usaha dan pasti untung.

Line up Hyundai Motor Indonesia

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) selaku agen pemegang merek mobil Hyundai di Indonesia, selalu menghadirkan line up Hyundai dengan built quality terbaik yang dapat dinikmati oleh konsumen Indonesia. Di Indonesia, pabrik Hyundai tetap dipegang oleh principal Hyundai yang memproduksi berbagai mobil, seperti:

All-new Hyundai Palisade 2021

Masuk dalam segmen SUV, Hyundai Palisade dibanderol mulai dari Rp777 juta hingga Rp1,078 milyar membuatnya lebih masuk sebagai SUV Premium. Bahkan All-new Hyundai Palisade di daulat sebagai SUV flagship dari Hyundai.

Deretan Mobil-mobil Buatan Korea Selatan di Indonesia, Kalah Pamor Menang Teknologi 07

Hyundai Palisade 2021

All-new Hyundai Palisade 2021 merupakan SUV terbesar dan terluas yang pernah ada dari Hyundai. Dengan dilengkapi dengan fitur keselamatan pintar yang luar biasa. All-new Hyundai Palisade 2021 dapat memberikan perlindungan bagi anda dan keluarga.

Hyundai H-1 2021

Hyundai H1 sebagai wakil untuk segmen MPV premium, hadir dengan berbagai kelebihan. Mulai dari bodinya yang bongsor sehingga dapat menampung 12 penumpang.

Deretan Mobil-mobil Buatan Korea Selatan di Indonesia, Kalah Pamor Menang Teknologi 08

Hyundai H-1

Hyundai H-1 dengan harga mulai dari Rp505 juta hingga Rp578 juta memiliki performa mesin yang bertenaga, ditambah dengan kelengkapan fitur untuk kenyamanan penumpang sepanjang perjalanan.

Hyundai Santa Fe 2021

Hyundai Santa Fe 2021 baru saja diluncurkan (08 April) dengan sentuhan ubahan demi meningkatkan unsur kemewahan, kenyamanan dan keamanan sebagai SUV paling populer dari Hyundai.

Deretan Mobil-mobil Buatan Korea Selatan di Indonesia, Kalah Pamor Menang Teknologi 09

Hyundai Santa Fe 2021

Dibanderol dari harga Rp529 juta hingga Rp729 juta, Hyundai Santa Fe kini hadir dengan mesin diesel 2.2 CRDi dapat menghasilkan tenaga sebesar 202 PS pada putaran 3.800 rpm dengan torsi 441 Nm di putaran 1.750–2.750 rpm.

Hyundai Ioniq Electric dan Kona Electric

Hyundai Ioniq Electri 202 merupakan model mobil listrik yang diperkenalkan Hyundai, selain Kona Electric 2021 yang juga sebagai mobil listrik di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) berbodi kompak. 

Deretan Mobil-mobil Buatan Korea Selatan di Indonesia, Kalah Pamor Menang Teknologi 10

Hyundai Ioniq Electric dan Kona Electric

Hyundai Ioniq Electric 2021 dibanderol Rp 624,8 juta untuk tipe Prime dan Rp 664,8 juta tipe Signature. Sedangkan Hyundai Kona Electric 2021 dibanderol Rp674 juta dengan empat pilihan warna, yakni Chalk White, Galactric Grey, Dark Knight dan Pulse Red.

Hyundai Starex Mover

Hyundai Starex Mover menjadi mobil komuter berukuran sangat besar yang digunakan untuk model khusus seperti Ambulance hingga alat transportasi layaknya travel. Namun Hyundai Starex Mover juga kerap dibeli secara pribadi dengan banderol Rp396 juta hingga Rp410 juta. Untuk mesin, Hyundai Starex Mover menggunakan mesin berkapasitas 2.5 L.

Deretan Mobil-mobil Buatan Korea Selatan di Indonesia, Kalah Pamor Menang Teknologi 11

Selain, enam mobil yang telah dihadirkan di Indonesia, KIA juga dipastikan akan kembali menghadirkan KIA Staria sebagai MPV premium nya.

Kesimpulan

Dengan hadirnya berbagai mobil buatan Korea Selatan, tentunya produsen Jepang harus mewaspadai penjualan mereka karena dengan harga yang ditawarkan sangat kompetitif sehingga dapat merebut pasar otomotif di Indonesia.

Mungkin saja mobil buatan Jepang dapat tergantikan seperti halnya mobil-mobil Amerika yang kehilangan pamor ketika mobil buatan Jepang mulai masuk ke Indonesia.

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil