Deretan MPV 7-Seater Baru yang Diperkirakan Meluncur Tahun 2021, Ada Wuling Victory?

Enda · 26 Jan, 2021 20:00

Deretan MPV 7-Seater Baru yang Diperkirakan Meluncur Tahun 2021, Ada Wuling Victory? 01

Wuling Victory 2021

Mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) hingga kini terus digandrungi keluarga di Indonesia. Bagaimana tidak, MPV di Indonesia pada umumnya memiliki kabin cukup luas dan mampu menampung hingga 7-penumpang bahkan lebih. Terbilang sangat fungsional.

Mobil jenis MPV di Tanah Air setidaknya dibagi menjadi dua kategori, yakni Low MPV dan Medium MPV. Jenis LMPV yang masih terus diminati hingga saat antara lain Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Wuling Confero, Nissan Livina dan terakhir Honda Mobilio.

Naik ke kelas MPV medium, hadir dengan dimensi lebih luas serta kapasitas mesin lebih besar. Mobil jenis Medium MPV yang hingga kini masih sering diburu adalah Toyota Kijang Innova, Wuling Cortez dan Isuzu Panther.

Namun sayang, kini MPV diesel pabrikan Isuzu kini sudah tidak lagi diproduksi. Mengingat, tampilan Isuzu Panther sejak 2000-an awal hingga akhir masa baktinya, tidak mengalami ubahan secara signifikan khususnya di tampilan eksterior serta jantung pacunya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Bicara soal mobil MPV, tahun ini diprediksi akan muncul beberapa nama mobil dari merek pabrikan otomotif asal Jepang, Cina, bahkan Korea.

Dari pada kalian penasaran, berikut deretan MPV 7-seater baru yang diperkirakan akan meluncur tahun ini.

1. Wuling Victory 2021

Deretan MPV 7-Seater Baru yang Diperkirakan Meluncur Tahun 2021, Ada Wuling Victory? 01

Tampilan depan Wuling Victory 2021

Masuk dalam kelas Medium MPV, sebagai pendatang baru Wuling Victory sudah cukup dinanti-nanti para pecinta otomotif Tanah Air. Awalnya, SAIC-GM-Wuling Automobile (SGMW) secara resmi memperkenalkan MPV terbarunya ini pada kuartal ketiga 2020 kemarin di negara asalnya.

Menganut gaya bahasa desain terbaru ‘Wing Dynamic Aesthetics’, Wuling Victory dinobatkan sebagai produk pertama menggunakan teknologi ini dengan menampilkan beragam kemewahan.

Deretan MPV 7-Seater Baru yang Diperkirakan Meluncur Tahun 2021, Ada Wuling Victory? 02

Tampilan samping Wuling Victory 2021

Memiliki panjang 4.875 mm, lebar, 1.880 mm, serta tinggi 1.700 mm, Wuling Victory bakal menjadi pesaing ketat Toyota Kijang Innova, jika PT SGMW Motor Indonesia berencana menghadirkannya di Tanah Air pada tahun ini.

Sedikit informasi mengenai Wuling Victory, MPV jenama Cina yang sudah lama dinanti kedatangannya di Tanah Air ini memiliki fitur unggulan yang bisa dikatakan lebih lengkap dibandingkan fitur pada Toyota kijang Innova.

Selain itu, Wuling Victory mempunyai tampilan luar yang lebih maskulin dibandingkan calon pesaingnya ini.

Deretan MPV 7-Seater Baru yang Diperkirakan Meluncur Tahun 2021, Ada Wuling Victory? 03

Mesin Wuling Victory 2021

Bicara dapur pacu, melihat data spesifikasi yang ada di negara asalnya, Wuling Victory ini ditanamkan mesin dengan kapasitas lebih kecil dari Toyota Kijang Innova. Meski begitu, tenaga yang dikeluarkan mampu menghasilkan angka lebih besar dari Toyota Kijang Innova mesin bensin.

Dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc dengan turbocharged, mobil ini menawarkan dua pilihan transmisi, Continuously Variable Transmission (CVT) 8-percepatan dan manual 6-percepatan. Dengan begitu tenaga yang dihasilkan sebesar 179 PS serta torsi maksimal yang mencapai hingga 250 Nm.

2. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2021

Deretan MPV 7-Seater Baru yang Diperkirakan Meluncur Tahun 2021, Ada Wuling Victory? 04

Spyshoot yang diperkirakan Toyota Avanza 2021 dan Daihatsu Xenia 2021

Sebagai mobil sejuta umat, Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia dikabarkan akan kembali muncul di tahun ini dengan tampilan terbaru, khususnya.

Terbilang belum lama, spyshoot Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia terpampang di berbagai jagat dunia maya. Apakah ini pertanda akan hadirnya generasi terbaru dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia semakin dekat?

Menurut kabar yang didapat dari beberapa sumber, generasi terbaru Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia ini akan meluncur pada semester kedua pada 2021 ini.

Deretan MPV 7-Seater Baru yang Diperkirakan Meluncur Tahun 2021, Ada Wuling Victory? 05

Daihatsu DN Multisix

Kehadiran generasi terbaru Avanza ini memang telah lama dinanti. Pasalnya, para pesaingnya kini terlihat lebih menarik dan eye-catching berkat mesin, fitur, serta tampilan yang disuguhkan.

Kedua LMPV ini menurut gosip yang beredar akan memenggunakan sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD). Basisnya memakai DN Multisix Concept yang pernah ditampilkan pada salah satu ajang perhelatan otomotif Tanah Air.

Untuk lebih memastikannya, kita tunggu kehadirannya pada semester kedua mendatang.

3. Hyundai Staria

Deretan MPV 7-Seater Baru yang Diperkirakan Meluncur Tahun 2021, Ada Wuling Victory? 06

Hyundai Staria 2021 concept

Nama Hyundai Staria menjadi buah bibir belum lama ini. Mobil yang masuk ke dalam segmen LMPV ini, menurut kabar yang beredar juga akan melantai di Tanah Air pada tahun ini. Berdasarkan informasi yang dipublikasikan media lokal Filipina, Autoindustriya, LMPV asal negeri gingseng tersebut akan bernamakan Hyundai Staria.

Deretan MPV 7-Seater Baru yang Diperkirakan Meluncur Tahun 2021, Ada Wuling Victory? 07

Tampilan samping Hyundai Staria 2021 concept

Nama itu tentunya semakin diperkuat dengan penemuan dokumen yang diajukan ke Kantor Kekayaan Intelektual Filipina. Di situ tertera Hyundai telah mengajukan dua merek dagang.

Pertama diajukan pada 1 Juni 2020 lalu dengan nama Hyundai Staria. Sedangkan merek dagang kedua didaftarkan pada 15 September 2020 bernama Hyundai Staria Premium.

Tidak hanya Filipina, nama Hyundai Staria turut terdaftarkan di beberapa negara kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia, Kamboja dan Laos. Bukan hanya itu saja, nama Staria juga sampai di daratan Jerman, Prancis, dan Amerika Latin.

Deretan MPV 7-Seater Baru yang Diperkirakan Meluncur Tahun 2021, Ada Wuling Victory? 08

Tampilan belakang Hyundai Staria 2021 concept

Kabarnya Hyundai Staria ini akan turut meramaikan kancah otomotif nasional pada tahun ini di kelas LMPV 7-seater. Informasi lain menyebutkan, Hyundai Staria akan diproduksi di Indonesia bersama dengan model SUV, sedan, serta hatchback lainnya setelah pabrik yang berlokasi di Cikarang telah rampung tahap pembangunannya.

4. Kia KY

Deretan MPV 7-Seater Baru yang Diperkirakan Meluncur Tahun 2021, Ada Wuling Victory? 09

Tampilan depan Kia KY 2021

Tidak hanya Hyundai, pabrikan otomotif asal Korea, Kia juga diprediksi akan memasukan LMPVnya ke Indonesia tahun ini. Kia KY ini diproduksi di pabrik Anantapur, India, dan akan diekspor ke sejumlah negara di Asia.

Mendapat tampilan atraktif yang terlihat mampu bersaing dengan LMPV di Indonesia, Kia KY ditawarkan dengan beberapa pilihan mesin.

Mesin bensin 1.500 cc dengan tenaga 115 PS dan torsi 144 Nm, mesin 1.400 cc turbo 140 PS dan torsi 242 Nm serta mesin 1.500 cc CRDi Turbodiesel bertenaga 115 PS dengan torsi 250 Nm.

Deretan MPV 7-Seater Baru yang Diperkirakan Meluncur Tahun 2021, Ada Wuling Victory? 10

Tampilan belakang Kia KY 2021

Bersamaan dengan peluncuran Hyundai Staria di Indonesia, Kia KY diprediksi akan mengaspal di kuartal keempat tahun ini.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Wuling Victory Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru