window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Desain Keren dan Dipasarkan di Banyak Negara, Hasil Uji Tabrak Mobil Ini Sangat Miris

Prasetyo · 10 Jan, 2023 18:04

Desain Keren dan Dipasarkan di Banyak Negara, Hasil Uji Tabrak Mobil Ini Sangat Miris 01

Uji tabrak mobil baru menjadi penilaian bagaimana kualitas sebuah kendaraan yang dipasarkan secara massal. Ketika mobil ada yang dipasarkan global di banyak negara, bisa jadi hasil uji tabraknya juga cukup baik. 

Pasalnya beberapa negara menetapkan standar kualitas yang cukup tinggi akan produk-produk yang dipasarkan di negaranya. Tapi ternyata tidak dengan Skyworth EV6, sebuah SUV dari Negeri Cina. Karena meski sudah dipasarkan untuk ekspor ribuan unit, namun hasil uji tabrak mobil baru ini mencatat hasil buruk.

Desain Keren dan Dipasarkan di Banyak Negara, Hasil Uji Tabrak Mobil Ini Sangat Miris 02

Cuma dapat skor 39,9%

Setidaknya itulah laporan dari C-NCAP untuk uji tabrak (crash test) terhadap Skyword EV6. Mobil listrik berjenis SUV ini hanya mendapat skor satu bintang dari beberapa pengujian yang dilakukan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Hasil Uji Tabrak Genesis G80 Electrified Raih Predikat Terbaik

Uji Tabrak Mobil Baru dengan Hasil Tidak Memuaskan

Dikutip dari Autohome, unit yang diuji adalah Skyworth EV6 Smart Version. China Automotive Evaluation Management Center China Automotive Center melaporkan kalau skor keseluruhan dari EV6 saat dilakukan uji tabrak hanya 39,9%. Sehingga mobil ini cuma mendapat nilai satu bintang.

Desain Keren dan Dipasarkan di Banyak Negara, Hasil Uji Tabrak Mobil Ini Sangat Miris 01

Skyworth EV6 Smart Edition

Pihak C-NCAP melakukan pengujian yang ketat dan komprehensif. Termasuk menilai perlindungan penumpang, pejalan kaki, serta menguju sistem keselamatan aktifnya. Hasil yang didapat, untuk perlindungan penumpang hanya mendapat skor 33,070 poin. Sementara untuk perlindungan pejalan kaki nilainya cuma 9,219 poin. Dan untuk keselamatan aktif hanya 19,129 poin.

Baca juga: Ratusan Unit Eks Mobil KTT G20 Bali Bakal Dijual Umum, Siap Tampung?

Efek dari Hasil Pengujian yang Timbul

Dalam catatan pengujian terlihat kalau ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pabrikan. Seperti sistem pengunci pintu tidak bisa dilepaskan setelah tabrakan. Kemudian penumpang belakang juga mendapat tekanan dibagian dada yang melebihi batas minimal.

Desain Keren dan Dipasarkan di Banyak Negara, Hasil Uji Tabrak Mobil Ini Sangat Miris 02

Pengujian juga untuk fitur keselamatan aktif

Sementara itu untuk pengujian terhadap keselamatan jalan kaki, mobil ini diklaim punya bagian depan yang terlalu kaki. Sehingga efek tubrukan frontal akan menimbulkan dampak negatif yang cukup besar. Adapun untuk pengujian keselamatan aktif termasuk dari kendaraan-ke-kendaraan, kendaraan-ke-orang, kendaraan-ke-kendaraan roda dua, serta sistem pembacana jalur, mobil ini cuma mendapat skor 30,26%.

Angka ini cukup mengecewakan. Padahal Skyworth Automobile baru saja mengumumkan data pengiriman unit selama Desember 2022. Total ada 3.116 unit mobil yang terdistribusi, 1.098 unit diantaranya diekspor ke luar negeri.

Baca juga: Chery Omoda 5 Dapat Lima Bintang Diuji Tabrak Euro NCAP, Bukti Mobil Cina Gak Kalengan Lagi

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil