window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Di Segmen MPV, Ertiga Lebih Pantas Jadi Mobil Keluarga Idaman

Yongki Sanjaya · 6 Okt, 2020 22:36

Di Segmen MPV, Ertiga Lebih Pantas Jadi Mobil Keluarga Idaman 01


Suzuki Ertiga mengusung konsep sebagai kendaraan keluarga yang mengandung unsur kendaraan aman, mewah, irit, dan nyaman. Mobil berkapasitas 7 penumpang ini bisa menjadi alternatif lain bagi yang kurang suka dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Mitsubishi Xpander.

Memang, Ertiga kalah pamor bila dibandingkan Avanza atau Xpander sebagai pendatang baru. Bahkan, kini Ertiga dianggap meniru konsep Xpander. Padahal sesungguhnya, rancangan Xpander mengikuti dan menyempurnakan kelemahan Ertiga di generasi pertama.

Sekalipun kalah tenar, Ertiga tetap harus diperhitungkan karena menyediakan mobil keluarga dengan konsep mewah yang harganya murah. Suzuki Ertiga dijual dengan harga Rp 205 sampai 249 juta. Desainnya bergaya premium dengan fitur maupun kenyamanan yang layak untuk mobil keluarga. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Desain Suzuki Ertiga Berkonsep Mobil Mahal

Di Segmen MPV, Ertiga Lebih Pantas Jadi Mobil Keluarga Idaman 01

Sekalipun harganya tergolong murah, namun penampilan Ertiga makin wah. Suzuki Ertiga generasi kedua kini tampil lebih modern dan elegan dengan berbagai update pada sisi eksterior. Dimulai dari sisi depan, front grille hadir dengan pattern gerigi yang dibalut aksen krom yang menghadirkan kesan premium. 

Desain lampu depan juga terlihat lebih modern dengan reflektor serta bentuk yang tampak tajam pada ujung lampunya. Kemudian pada bagian samping Suzuki Ertiga terlihat cukup manis elegan dan futuristis dengan dua garis tegas, dan kink yang cukup tebal di kaca baris ketiga.

Untuk bagian belakang, tentu mata kita langsung tertuju pada lampu belakang dengan model yang sangat futuristis, LED Rear Combination Lamps yang hadir di varian GX tampak sangat cantik, apalagi saat malam hari. 

Khusus untuk konsumen yang mencari mobil bertema agresif, Suzuki Ertiga hadir dalam varian Suzuki Sport. Tipe ini sesuai dengan namanya memiliki gaya sporty.

Suzuki Ertiga Suzuki Sport terbaru dilengkapi dengan Upper and Lower Front Grille, Front Under Spoiler, Side Under Spoiler di bagian kanan dan kiri, Rear Upper Spoiler dan Rear Under Spoiler. Emblem Suzuki Sport di bagian depan juga semakin menambah kesan sporty yang dipancarkan mobil ini.

Interior Premium Layaknya Mobil Eropa

Di Segmen MPV, Ertiga Lebih Pantas Jadi Mobil Keluarga Idaman 02

Masuk ke dalam, kita bisa langsung merasakan aura mewah di kabin Suzuki Ertiga. Untuk varian GX, kita mendapatkan dashboard triple-tone, yakni hitam di bagian atas, finishing kayu di bagian tengah, dan beige untuk bagian bawahnya, tentu saja hal ini jadi pembeda dari LMPV lain yang memiliki kesan biasa saja.

Ertiga berusaha tampil mewah dengan aksen kayu. Ya, wood panel atau panel kayu biasanya hanya tersedia di mobil mahal saja. Panel kayu tersebar di beberapa bagian mulai dari dashboard, dan trim pintu. Setir juga dibalut dengan aksen kayu untuk model tertinggi. 

Dashboard mewah ini menjadi rumah dari head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang hadir dengan remote, di bawahnya terdapat pengontrol AC digital dengan fitur Auto-Climate dan heater untuk varian GX, dan pengontrol AC digital untuk varian GL. Di bawahnya Anda akan menemukan USB & AUX socket untuk koneksi smartphone, serta ventilated cup holder yang bisa mendinginkan minuman Anda.

Sebagai LMPV tiga baris, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak membahas soal akomodasi penumpang. Suzuki Ertiga memiliki akomodasi yang cukup baik pada ketiga barisnya, akses baris ketiga bisa dilakukan dengan pelipatan format 60:40, dan pada facelift terbaru kini memiliki arm rest pada baris kedua.

Mesin Baru yang Super Irit, Paling Hemat di Kelas MPV

Di Segmen MPV, Ertiga Lebih Pantas Jadi Mobil Keluarga Idaman 03

Ertiga dikenal sebagai kendaraan teririt di kelasnya. All New Ertiga disempurnakan dengan mesin baru berkode K15B. Mesin berkapasitas 1.462cc memberikan lebih banyak tenaga menjadi 104,7 hp di 6.000 rpm dan torsi sebanyak 138Nm di 4.400 rpm. 

Berdasarkan ujicoba tes BT2MP, hasil konsumsi bahan bakar All New Ertiga mencapai 16,73 km/liter untuk transmisi automatic dan 18,09 km/liter untuk transmisi manual. Angka realistisnya bisa lebih irit lagi daripada hasil pengujian. 

Soal konsumsi bahan bakar, mobil ini bisa mencatatkan angka hingga 25 km per liter. Angka ini merupakan angka yang sangat baik untuk sebuah mobil di Indonesia. 

Suzuki berhasil membuktikan kualitas mesin yang dapat mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dan memberikan tenaga besar.  Bahkan, konsumsi BBM di Ertiga melampaui standar di LCGC. 

Kesimpulan 

Di Segmen MPV, Ertiga Lebih Pantas Jadi Mobil Keluarga Idaman 04

Kehadiran All New Suzuki Ertiga 2020 yang merupakan penyempurnaan dari generasi sebelumnya yang telah hadir sejak 2012 lalu. Ini menjadikanya sebagai salah satu mobil keluarga yang terbaik di kelas Low MPV. 

Tidak hanya itu, harga yang cukup terjangkau didukung dengan pelayanan after sales service serta ketersediaan suku cadang memberikan kelebihan yang tidak mudah ditemui pada produk lainya.

Hal ini selaras dengan prinsip value for money yang tidak hanya mengandalkan penampilan desain namun juga kualitas setiap fitur yang dapat menunjang performa mobil secara maksimal dan efisien.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil