Diam-diam Mitsubishi Xpander Cross Di-recall, Ada Masalah di AVM

Adit · 22 Okt, 2021 19:00

Diam-diam Mitsubishi Xpander Cross Di-recall, Ada Masalah di AVM 01

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition.

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan recall terhadap model Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition. Pabrikan menemui masalah pada pemasangan komponen Around View Monitor (AVM) alias kamera 360. 

"MMKSI telah mensubmit laporan recall produk ke Kementerian Transportasi RI, serta telah menginformasikan dan mengundang seluruh konsumen dengan mobil terlibat untuk berpartisipasi pada aktivitas ini," ungkap Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura pada pernyataan resmi yang diterima AutoFun Indonesia, Kamis (21/10).

Diam-diam Mitsubishi Xpander Cross Di-recall, Ada Masalah di AVM 02

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition kena recall.

Baca Juga: Meski Lebih Mahal, Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition Kembali Dijual

Investigasi yang dilakukan Mitsubishi Motors Corporation, menemukan bahwa komponen tersebut berpotensi mengalami masalah pada sistem lampu sein dan lampu hazard. Kemudian bisa mengganggu jalur komunikasi dan informasi antara komponen ECU dengan kendaraan. 

Sehingga skenario terburuknya dapat menyebabkan mesin berhenti bekerja pada saat mobil dikendarai. Namun Nakamura memastikan, secara aktual tidak ada kasus yang telah dilaporkan terkait hal ini. 

Tak Ada Penggantian Komponen

Untuk menjaga kualitas kendaraan tetap layak jalan dan menghindari risiko, maka seluruh konsumen Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition yang terdampak wajib mendatangi bengkel resmi Mitsubishi untuk melakukan perbaikan.

Diam-diam Mitsubishi Xpander Cross Di-recall, Ada Masalah di AVM 01

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition edisi spesial dengan sistem audio kenamaan.

Nakamura tidak merinci jumlah kendaraan yang terlibat. Namun yang jelas, kampanye recall menyasar model dengan tahun produksi 2021. "Aktivitas ini dilakukan dengan melepas komponen AVM yang terpasang pada mobil terlibat," sambungnya. 

"Kami yakin dan berharap pelanggan kami memahami dengan baik bahwa aktivitas recall produk adalah cara yang tepat untuk memastikan mobil layak jalan, sehingga mereka terlindungi dari masalah yang tidak terduga," katanya. 

Diam-diam Mitsubishi Xpander Cross Di-recall, Ada Masalah di AVM 02

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition dapat insentif PPnBM.

Pria yang menjabat sebagai pimpinan agen pemegang merek Mitsubishi di Indonesia itu berharap seluruh konsumen dapat meluangkan waktu untuk melakukan perbaikan di bengkel resmi Mitsubishi. Sebagai upaya awal pabrikan telah mengirim undangan resmi kepada konsumen supaya ikut dalam kampanye recall. 

"Aktivitas ini telah diselenggarakan sejak 4 Oktober 2021 di seluruh diler dan bengkel resmi Mitsubishi Motors di Indonesia," pungkasnya. 

Baca Juga: Dibuat Terbatas 500 Unit Saja, Apa Sih Beda Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Editon

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition si Edisi Spesial dan Dijual Terbatas

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate merupakan salah satu produk yang diproduksi terbatas dan merupakan varian spesial. Disebut spesial lantaran dilengkapi fitur yang berbeda dan laburan warna khusus dibanding model reguler. 

Diam-diam Mitsubishi Xpander Cross Di-recall, Ada Masalah di AVM 03

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition pakai pelek hitam.

Awalnya model spesial ini meluncur pertama kali pada pada Oktober 2020 lalu. Kemudian berlanjut pada Februari dan Juni 2021 lalu. Pabrikan menjaring banyak permintaan terhadap model tersebut, sehingga ada penambahan kuota produksi. 

Karena punya embel-embel Black Edition, maka modelnya punya laburan warna eksterior dan interior yang didominasi warna hitam. Aksen hitam ini disematkan pada bagian bumper depan dan belakang, pelek, cover spion, roofrail, sampai beltline moulding. 

Diam-diam Mitsubishi Xpander Cross Di-recall, Ada Masalah di AVM 04

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition ada identitas khusus di pintu bagasinya.

Tak lupa karena ini varian spesial yang menggunakan sistem audio besutan Rockford Fosgate, ada tambahan emblem khas Rockford Fosgate sebagai identitas mobil. Adapun dari mesinnya masih sama, mengandalkan mesin 1.500 cc MIVEC bertenaga 106 PS dan torsi 141 Nm. 

Harga Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Rp 308,650 juta. Harga tersebut belum termasuk insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) sebesar Rp 18,030 juta.

Baca Juga: 4 Tahun Beredar, Segini Populasi Mitsubishi Xpander di Indonesia

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Xpander Cross MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru