window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Dibanderol Rp250 Jutaan, Apa Saja Fitur Keselamatan Honda Jazz 2020?

Bent Aulia · 19 Jul, 2020 11:00

Dibanderol Rp250 Jutaan, Apa Saja Fitur Keselamatan Honda Jazz 2020? 01

Honda Jazz dikenal sebagai hatchback perkotaan dengan harga yang kompetitif. Harga mobil Honda Jazz yang dibanderol mulai dari Rp250 jutaan, lebih murah dari pesaingnya semisal Toyota Yaris atau Mazda2 2020. Tapi dalam hal fitur keselamatan yang diberikan, All New Jazz masih bisa diandalkan.

Konfigurasi keselamatan aktif

Berdasarkan spesifikasi Honda Jazz New yang dipasarkan saat ini, New Honda Jazz 2020 sudah mendapatkan berbagai pilihan fitur keselamatan aktif. Sebagai mobil perkotaan, andalan sistem keselamatan aktifnya termasuk,

1. Sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS)

Tak banyak mobil baru yang belum dilengapi dengan fitur bantuan ini. Pasalnya, sistem pengereman ABS sudah menjadi fitur keselamatan standar bagi sebagian besar mobil baru di Indonesia mengingat kegunaannya yang sangat siginifikan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dibanderol Rp250 Jutaan, Apa Saja Fitur Keselamatan Honda Jazz 2020? 01

Fitur ABS akan memberikan pengereman yang lebih baik dan meminimalisir kemungkinan terjadinya ban slip, terlebih ketika mobil sedang melaju di jalanan basah. Fitur All New Jazz 2020 ini sangat cocok digunakan di Indonesia karena menjadi negara dengan curah hujan yang tinggi.

2. Electronic Brake-force Assist (EBD)

Teknologi lanjutan dari ABS, EBD akan membagi tenaga pengereman secara merata pada semua roda. Fitur ini juga akan menambah atau mengurangi pendistribusian tenaga pada roda mobil Honda Jazz 2020, ketika sistem mendeteksi terjadinya slip atau loss pada salah satu roda.

3. Brake Override System

Pernah merasakan kesalahan menekan pedal gas dan rem? Tenang saja. Masalah yang sering dialami oleh pengemudi pemula ini bisa diatasi dengan fitur Brake Override System yang diberikan pada New Honda Jazz baru.

Dibanderol Rp250 Jutaan, Apa Saja Fitur Keselamatan Honda Jazz 2020? 02

Brake Override disebut juga dengan smart pedal. Pada sistem ini, sensor akan mengenali kapan pedal gas dan rem tertekan secara bersamaa. Komputer akan mengatur sistem pengemudian untuk memperlambat mobil dengan aman.

Satu hal yang membedakan All New Jazz 2020 dengan pesaingnya saat ini, seperti mobil Mazda2 dan Toyota Yaris baru adalah kehadiran sistem bantuan berkendara yang lebih canggih. Padahal mobil Yaris Toyota sudah mendapatkan fitur Vehicle Stability Control (VSC) untuk kestabilitas pada saat berakselerasi atau menikung.

Dibanderol Rp250 Jutaan, Apa Saja Fitur Keselamatan Honda Jazz 2020? 03

Apalagi jika dibandingkan dengan New Mazda2 2020 yang kaya akan fitur berkendara. Selain ABS dan EBD, mobil Mazda2 juga sudah dilengkapi dengan Brake Assist guna mengukur kecepatan kekuatan pengaplikasian rem untuk membantu pengemudi ketika mengerem dalam keadaan darurat.

Dibanderol Rp250 Jutaan, Apa Saja Fitur Keselamatan Honda Jazz 2020? 04

Mobil Mazda2 2020 tak ketinggalan mendapatkan Traction Control System (TCS) serta Hill Launch Assist (HLA). HLA akan sangat membantu ketika berkendara di jalanan menanjak dan menghindari mobil mundur pada saat berhenti di tanjakan.

Konfigurasi keselamatan pasif

Bukan hanya menghadirkan kenyamanan dalam mencegah terjadinya benturan, New Honda Jazz& 2020 sudah dilengkapi berbagai fitur keselamatan aktif guna meminimalisir efek dan cedera yang dialami penghuni kabin.

1. Dual Front SRS Airbag

Untuk mengurangi cedera ketika terjadi benturan atau kecelakaan, All New Jazz sudah mendapatkan Dual Front SRS Airbag. Sayangnya, fitur ini baru disematkan bagi penghuni baris depan mobil New Honda Jazz 2020. Sama seperti pesaingnya, penghuni belakang masih belum mendapatkan fitur ini.

Dibanderol Rp250 Jutaan, Apa Saja Fitur Keselamatan Honda Jazz 2020? 05

2. Pretensioner with Load Limiter Seatbelt

Ketika mobil terbentur cukup keras, maka penghuni kabin akan mengikuti arah benturan dan terlempar. Itulah gunanya seatbelt dengan pretensioner dan load limiter. Fitur ini bisa meredam efek lemparan pada penghuni kabin dan meminimalisir cedera parah.

Dibanderol Rp250 Jutaan, Apa Saja Fitur Keselamatan Honda Jazz 2020? 06

Ketika terjadi tabrakan, pretensioner akan mengencang sehingga tubuh pengemudi dan penumpang tetap berada pada posisinya. Sedangkan Load Limiter berfungsi mengurangi tekanan dan mencegah cedera pada bagian dada dan memastikan tubuh jauh tepat ke arah airbag mobil New Honda Jazz.

3. Pedestrian Protection

Jangan salah kira dengan fitur milik new Honda Jazz 2020 ini. Honda menyebutkan bahwa Pedestrian Protection merupakan struktur bodi yang dibuat untuk merem energi dan meminimalkan cedera pada pejalan kaki.

Dibanderol Rp250 Jutaan, Apa Saja Fitur Keselamatan Honda Jazz 2020? 07

Sistem ini merupakan fitur yang terdapat pada rangka bodi. Berbeda dengan sistem Pedestrian Collision yang terdapat pada Honda Sensing. Pedestrian Collision merupakan fitur yang bergerak ketika mendeteksi pejalan kaki dan membantu untuk menghindari tabrakan.

Kesimpulan

Bagi hatchback menengah, New Honda Jazz 2020 menjadi salah satu pilihan terbaik karena harga yang ditawarkan. Walaupun kelengkapan fiturnya tak begitu baik, apalagi jika dibandingkan dengan pesaingnya seperti Toyota Yaris maupun Mazda2.

Mengingat kedua pesaingnya sudah dilengkapi dengan berbagai sistem terbaru dan terlengkap untuk mencegah dan menghindari tabrakan. Namun bagi mobil untuk jalanan perkotaan, fitur keselamatan New Honda Jazz 2020 masih berterima dan tak terlalu ketinggalan.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil