Dibandrol Cuma Rp160 Jutaan, Ini Perbedaan Toyota Transmover dengan Toyota Avanza E

Enda · 18 Mei, 2021 19:00

Dibandrol Cuma Rp160 Jutaan, Ini Perbedaan Toyota Transmover dengan Toyota Avanza E 01

Toyota Transmover vs Toyota Avanza E

Toyota Transmover (Transport you to move to other place) pada awalnya diciptakan secara khusus untuk konsumen fleet sebagai kendaraan operasional perusahaan serta armada taksi. Kini Transmover sudah bisa dimiliki secara langsung oleh masyrakat umum. Mengetahui harga baru yang ditawarkan, varian paling basic dari Toyota Avanza ini dibandrol dengan harga terbilang yang cukup menggiurkan.

“Toyota Transmover yang awalnya dijual ke perusahaan, sekarang bisa dibeli secara retail atau satuan ke masyarakat umum. NIK 2020 dengan harga baru yang tadinya Rp180 jutaan, sekarang menjadi Rp160 jutaan OTR Jakarta. Informasi aja, Transmover cuma dijual di dealer Auto2000,” ujar salah satu pramuniaga Auto2000 Tebet Saharjo, Jakarta Selatan.

Mengetahui keberadannya di Tanah Air, Toyota Transmover pertama kali diperkenalkan pada 2016. Saat itu banyak yang mengira bahwa mobil ini merupakan Toyota Avanza yang dijadikan taksi, padahal tidak.

Ingin tahu apa saja perbedaan Toyota Transmover dengan Toyota Avanza E? Dari pada penasaran, simak terus ulasannya di bawah ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga: Toyota Transmover 2020 Lebih Layak Dibeli, Ada 5 Alasan

Tampilan Eksterior Toyota Transmover Masih Mempertahankan Wajah Lama Toyota Avanza E

Dibandrol Cuma Rp160 Jutaan, Ini Perbedaan Toyota Transmover dengan Toyota Avanza E 01

Toyota Transmover

Pertama-tama bicara soal tampilan luar. Toyota Transmover ini diketahui masih mempertahankan wajah lama Toyota Avanza E sebelum generasi faceliftnya yang masih dijual hingga saat ini. Pada bagian fascia, mobil ini masih mengandalkan lampu utama berhalogen, dengan grille besar tanpa aksen krom serta bumper yang belum dilengkapi dengan fog lamp.

Bagian sampingnya juga terlihat begitu sederhana tanpa side moulding sebagai tahanan pintu untuk menghindari benturan langsung terhadap suatu objek di luar. Untuk melihat objek ke belakang, Transmover pada awalnya memiliki spion yang perngaturannya hanya bisa dilakukan secara manual dari luar.

Namun begitu, Transmover yang kini dijual secara umum berhasil dilengkapi dengan cover spion milik Avanza Veloz generasi pertama yang mana dalam pengaturannya sudah bisa dilakukan secara elektrik dari dalam.

Selain itu, velg kaleng R14 berkelir silver pun kini tidak terlihat murahan. Pasalnya, Toyota Indonesia kini menambahkan cover velg dengan maksud untuk memberikan nilai prestisius.

Dibandrol Cuma Rp160 Jutaan, Ini Perbedaan Toyota Transmover dengan Toyota Avanza E 02

Tampilan belakang Toyota Transmover

Bergeser ke bagian buritan, Transmover masih mengandalkan stop lamp, garnish, serta bumper Toyota Avanza E generasi pra facelift. Oh iya, mobil ini juga belum mendapatkan spoiler di atas pintu bagasinya.

Dibandrol Cuma Rp160 Jutaan, Ini Perbedaan Toyota Transmover dengan Toyota Avanza E 03

Tampilan depan Toyota Avanza E

Bila dibandingkan dengan Toyota Avanza E, yang merupakan varian termurah Avanza saat ini, mobil ini berhasil disematkan lampu utama berteknologi LED dengan desain pipih yang seolah dibagi menjadi dua bilah untuk lampu sein dibawahnya. Bumpernya pun berbeda dengan Transmover, dimana Avanza E mempunyai bentuk lebih besar dengan desain menyudut yang lebih atraktif dan sporty.

Beranjak ke bagian samping Toyota Avanza E ini bisa dikatakan mirip seperti Transmover. Dimana varian termurah Avanza ini juga tidak dilengkapi dengan side moulding, namun sudah berhasil disematkan velg kaleng R14 berkelir hitam yang ditutup dengan cover dop berpenampilan sporty, juga penambahan mud guard sebagai pelindung body dari cipratan air.

Baca juga: Mobil Keluarga Rp 200 Jutaan, Pilih Toyota Avanza 2021 atau Toyota Kijang Innova Diesel Bekas 2015?

Bicara cover spion bawaannya, Toyota Avanza E ini terlihat lebih besar yang mana pengaturannya sudah bisa dilakukan secara elektrik.

Dibandrol Cuma Rp160 Jutaan, Ini Perbedaan Toyota Transmover dengan Toyota Avanza E 04

Tampilan belakang Toyota Avanza E

Bergeser ke bagian belakangnya, Toyota Avanza E juga mendapat bumper dengan bentuk lebih sporty dengan stop lamp model anyar serta tambah shark fin antenna di bagian atasnya.

Toyota Avanza E Berhasil Dilengkapi Head Unit Single Din

Dibandrol Cuma Rp160 Jutaan, Ini Perbedaan Toyota Transmover dengan Toyota Avanza E 05

Dashboard Toyota Avanza E

Baik Toyota Transmover maupun Toyota Avanza E, secara keseluruhan memiliki tampilan interior yang sama. Bedanya, Toyota Avanza E sudah berhasil dibenamkan fitur entertaiment berupa head unit single din yang didukung dengan beberapa format untuk memberikan hiburan selama berkendara.

Sedangkan, Toyota Transmover sendiri belum dilengkapi dengan fitur hiburan yang sepadan.

Mengenai tombol pengaturan AC, keduanya diketahui sudah menggunakan model digital. Selain lebih mudah dioperasikan, tampilan AC digital ini terlihat lebih mewah bila dibandingkan dengan generasi pra facelift.

Keduanya Mendapatkan Mesin 1.300 cc dengan Kode yang Sama

Dibandrol Cuma Rp160 Jutaan, Ini Perbedaan Toyota Transmover dengan Toyota Avanza E 06

Mesin 1 NR-VE 1.300 cc Toyota Transmover dan Avanza E

Bicara soal jantung pacu, Toyota Avanza E dengan Toyota Transmover pada dasarnya dibenamkan mesin yang sama. Dimana mesin berkodekan 1 NR-VE 4-silinder segaris, 16 Valve DOHC Dual VVT-i berkubikasi 1.329 cc ini mampu merilis tenaga hingga 96.5 PS @6.000 rpm serta torsi mencapai 120 Nm @4.200 rpm.

Mesin yang digunakan pada kedua mobil ini diketahui memiliki tingkat durabilitas serta angka konsumsi bahan bakar yang terbilang baik. Namun begitu, tarikan awalnya kerap kali dikeluhkan karena cenderung lebih lemot dari mesin sebelumnya.

Hal ini dilakukan tentunya bukan tanpa alasan. Toyota sendiri melakukan ini tentunya demi mendapatkan angka konsumsi BBM yang lebih efisien.

Toyota Avanza E Mendapat Dua Pilihan Transmisi

Dibandrol Cuma Rp160 Jutaan, Ini Perbedaan Toyota Transmover dengan Toyota Avanza E 07

Transmisi otomatis pada Toyota Avanza

Sebagai varian terendah, Toyota Avanza E ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan.

Sedangkan Toyota Transmover sendiri hanya disediakan satu pilihan transmisi saja, yaitu manual 5-percepatan. Selain mudah dalam perawatan, transmisi manual dipilih untuk mobil ini karena pada dasarnya Transmover dilahirkan untuk bekerja lebih keras.

Kesimpulan

Perbedaan antara Toyota Transmover dengan Toyota Avanza E berhasil kami sebutkan di atas. Untuk saat ini, Transmover sendiri dibandrol Rp160 jutaan, sedangkan Avanza E sebagai varian terendah ditawarkan Rp187.6 juta.

Apabila kalian mempunyai budget terbatas, tidak ada salahnya memilih Toyota Transmover sebagai mobil impian. Namun sayang, dibeberapa dealer Auto2000, ketersediaan mobil ini sudah habis.

“Sekarang stok Toyota Transmover di Auto2000 Tebet Saharjo sudah habis, tepatnya bulan lalu. Transmover ini hanya ditawarkan dengan warna putih saja. Kalau ingin ganti warna, bisa menambah sekitar Rp7 jutaan,” tambahnya.

Jika kalian belum berkesempatan memiliki Toyota Transmover dalam kondisi baru, mungkin kondisi bekasnya bisa menjadi alternatif lain. Pasalnya, ketika bicara harga bekas Toyota Transmover, menurut salah satu marketplace mobil ini ditawarkan Rp140-Rp145 jutaan.

Baca juga: FAQ: 10 Hal Penting Pada Toyota Avanza 2021 Wajib Dipahami Sebelum Meminangnya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru