window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Diberondong Kritik Soal Fitur Keselamatan, Tesla Akhirnya Terima Masukan Tentang Model 3

Wilko · 1 Jul, 2021 17:30

Tesla Model 3

Fitur keselamatan di dunia otomotif modern tak bisa ditawar. Lembaga-lembaga pengawas keselamatan kendaraan seperti Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) dan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) terus mengawasi perkembangan teknologi keselamatan mobil. Termasuk yang tengah jadi sorotan adalah fitur keselamatan pada mobil-mobil Tesla.

Dalam penilaian terbaru IIHS dan Consumer Reports (CS), Tesla Model 3 ternyata tidak dapat mempertahankan status "Top Safety Pick +" dan "Top Pick". Ini karena mobil tersebut tidak memiliki fitur keselamatan berupa sistem radar atau sensor pemantau jalan untuk menghindari kecelakaan.

Diberondong Kritik Soal Fitur Keselamatan, Tesla Akhirnya Terima Masukan Tentang Model 3 02

Fitur keselamatan pada Model 3 dianggap tak lengkap

Baca juga : Protes Soal Masalah Rem, Pengunjung Shanghai Motor Show Injak-injak Mobil Display Tesla

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tesla Upgrade Fitur Keselamatan

Hal ini sebenarnya sudah disampaikan oleh pihak NHTSA sejak Mei 2021 lalu. Karena pada Model 3 dan Model Y, Tesla tidak lagi menempatkan sistem peringatan tabrakan, pengereman darurat otomatis, peringatan perpindahan jalur, dan sistem rem darurat.

Berkaitan dengan kritik tersebut, Tesla yang sebelumnya membuang sensor radar dan menggatinya dengan kamera dalam perangkat lunak bernama Tesla Vision, akan mengembalikan sistem radar tersebut. Mereka akan melengkapi Tesla Vision dengan teknologi yang akan mempertahankan sistem keselamatan berbasis radar.

Tesla Model 3 2021

Tesla Model 3 akan kembali dengan sejumlah fitur canggih

Pulihkan Fitur Keselamatan

Melalui akun resmi Twitternya, IIHS dan CR menyampaikan evaluasinya tentang sistem keselamatan berbasis kamera yang dimiliki Tesla Model 3. Dikonfirmasi jika Elon Musk beserta timnya telah memulihkan sistem keselamatan sesuai dengan rekomendasi kedua lembaga pengawas tersebut. Kondisi ini pun akhirnya memulihkan status 'Top Pick' untuk Tesla.

Lebih lanjut Tesla Model 3 yang dilengkapi dengan Tesla Vision, harus mendapat tambahan fitur Automatic Emergency Breaking (AEB) dan Forward Collision Warning System (FCW), karena unit yang dikirim sebelumnya mungkin tak memiliki fitur tersebut.

Berkaitan dengan ini, Tesla belum memberikan komentar kalau dengan Tesla Vision sudah termasuk fitur FCW dan AEB. Sehingga mereka merasa Model 3 sudah dipersenjatai teknologi keselamatan tercanggih.

Baca juga : Tesla Harus Recall 300.000 Model 3 dan Model Y akibat Cruise Control Tiba-tiba Aktif Sendiri

Diberondong Kritik Soal Fitur Keselamatan, Tesla Akhirnya Terima Masukan Tentang Model 3 02

Berbagai teknologi terkini disuntikkan pada Tesla Vision

Sistem FSD yang Sering Bermasalah

Selama beberapa tahun belakangan, Tesla sering menjadi sorotan karena sejumlah masalah terkait keselamatan bahkan kecelakaan. Satu diantaranya yang berhubungan dengan sistem Autopilot Full Self-Driving (FSD) yang mereka aplikasikan. Namun mereka terus mengembangkannya ke arah lebih baik, untuk mobil di masa mendatang.

Namun kenyataannya, mobil FSD Tesla tidak lebih dari self-driving Level 2. Artinya peringkat sama dengan Autopilot mobil lain yang sudah ada. Sehingga Tesla sesungguhnya dibutuhkan untuk memaksimalkan sistem radarnya.

Baca juga : Pengen Tesla Model Y Tapi Kemahalan? Nih Ada Mobil Listrik Cina yang Mirip Harganya Cuma Rp200 Jutaan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Tesla Model 3 Standard Plus

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil