window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Dijejali Fitur Berlimpah, Ini Beberapa Poin Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz 2021

Anissa · 26 Jan, 2021 08:00

Dijejali Fitur Berlimpah, Ini Beberapa Poin Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz 2021 01

Sejak pertama kali muncul di Indonesia, Wuling Almaz telah menjadi salah satu model mobil SUV pabrikan Tiongkok yang banyak diminati oleh masyarakat Tanah Air. Bukan hanya karena harganya yang terjangkau, tetapi juga karena mobil ini dibekali dengan berbagai fitur canggih yang belum dimiliki SUV lain di kelasnya.

Tetapi tentu saja, layaknya mobil lain yang ada di pasar otomotif Tanah Air, Wuling Almaz ini memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Di tahun 2021 ini, Wuling Almaz dibanderol dengan kisaran harga Rp266 jutaan hingga Rp341 jutaan.

Mobil ini memang memiliki kenaikan harga dibanding ketika awal diluncurkan di Indonesia, karena mendapat beberapa ubahan minor tiap tahunnya. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan Wuling Almaz 2021? Berikut informasinya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tentang Wuling Almaz 2021

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan Wuling Almaz 2021, mari kita bahas sedikit tentang sejarah kiprahnya di Indonesia. Wuling Almaz pertama kali hadir di pasar otomotif Tanah Air pada tahun 2019 lalu, tepatnya pada bulan Februari. Mobil SUV pabrikan Tiongkok ini sebelumnya pernah lebih dahulu diperkenalkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar tahun 2018. Nama "Almaz" sendiri diambil dari bahasa Arab, yang berarti "Berlian".

Dijejali Fitur Berlimpah, Ini Beberapa Poin Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz 2021 01

Versi pertama Wuling Almaz yang dihadirkan di Indonesia ini dipersenjatai dengan mesin bensin berkapasitas 1,5 liter dan dilengkapi dengan turbocharger. Mesin ini dikawinkan dengan sistem transmisi CVT 8 percepatan. Mobil ini memiliki konfigurasi 5 seaters.

Beberapa bulan setelah kehadiran versi pertamanya di Indonesia, Wuling kembali meluncurkan versi baru dari Wuling Almaz, yakni dengan konfigurasi 7 seaters. Selain dibanderol dengan harga yang terjangkau untuk mobil sekelasnya, Wuling Almaz juga terkenal berkat fitur-fitur canggih yang dimilikinya. Sebut saja fitur WIND yang merupakan fitur voice command, dan panoramic sunroof. Beberapa fitur ini memang tidak mudah untuk ditemukan pada mobil-mobil yang berada dalam rentang harga yang sama dengan Wuling Almaz.

Dijejali Fitur Berlimpah, Ini Beberapa Poin Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz 2021 02

Banyak yang tidak tahu, kalau di negara asalnya, Wuling Motors ini bekerjasama dengan dua perusahaan mobil besar lainnya, yakni Baojun dan Chevrolet. Kerjasama ini dilakukan dalam rangka memenuhi permintaan pasar eksport. General Motors sendiri memang salah satu pemegang saham Wuling.

Tidak heran jika kemudian Wuling Almaz dikenal dengan nama yang berbeda-beda di beberapa negara. Di Tiongkok misalnya, mobil ini disebut dengan nama Baojun 530. Kemudian mobil ini disebut dengan nama MG Hector di India, Wuling Almaz di Indonesia, dan Chevrolet Captiva di beberapa negara lainnya.

Kelebihan Wuling Almaz 2021

1. Desain Eksterior Maskulin dan Gagah

Dijejali Fitur Berlimpah, Ini Beberapa Poin Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz 2021 03

Jika kita melihat dari sisi eksteriornya, Wuling Almaz 2021 ini memang bisa dibilang memiliki desain eksterior yang maskulin dan gagah. Desainnya yang menawan ini sesuai dengan citranya sebagai sebuah mobil SUV. Bodinya yang bongsor membuat mobil ini tampak semakin gagah. Wuling Almaz 2021 sendiri memiliki dimensi panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm dan tinggi 1.780 mm.

2. Interior Modern dan Elegan

Dijejali Fitur Berlimpah, Ini Beberapa Poin Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz 2021 04

Tidak kalah keren dengan desain eksteriornya, bagian interior Wuling Almaz 2021 juga memiliki desain yang menawan. Bahasa desain yang elegan terasa kental pada bagian kabinnya. Kursi-kursinya yang menggunakan material semi-leather menambah kenyamanan bagi para penumpang maupun pengemudi yang berada di dalamnya.

3. Fitur Canggih dan Berlimpah

Bicara soal fitur, Wuling Almaz 2021 memang jagonya. Mobil SUV pabrikan Wuling ini dibekali dengan berbagai fitur canggih yang melimpah. Misalnya saja fitur WIND yang merupakan fitur Voice Command dari Wuling. Pengguna bisa melakukan berbagai pengaturan melalui suara hanya dengan mengucapkan salam pembuka "Halo Wuling".

Dijejali Fitur Berlimpah, Ini Beberapa Poin Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz 2021 05

Selain itu, Wuling Almaz 2021 ini juga dibekali dengan head unit berukuran 10,4 inci. Head unit yang dimilikinya ini termasuk sebagai salah satu yang terbesar di kelasnya. Head unit canggih ini juga sudah dilengkapi dnegan berbagai fitur konektivitas, seperti Bluetooth, AUX, Wuling Link, dan lain sebagainya.

Sebagai fitur yang mendukung pengalaman berkendara, Wuling Almaz 2021 ini juga memiliki beberapa pilihan mode berkendara, yakni mode ECO, Sport, dan Normal. Tidak hanya itu, ada pula fitur Automatic Vehicle Holding yang berfungsi untuk menahan pedal rem secara otomatis. Ada pula Electronic parking brake yang berfungsi sebagai rem parkir elektrik.

4. Mesin Dilengkapi Turbo

Dijejali Fitur Berlimpah, Ini Beberapa Poin Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz 2021 06

Ini dia yang menjadi salah satu daya tarik utama dari Wuling Almaz 2021. Wuling Almaz memang diketahui menggendong mesin berkapasitas 1.451 cc atau sekitar 1,5 liter. Mesinnya ini dilengkapi dengan turbocharger yang membuatnya semakin bertenaga. Di atas kertas, mesin Wuling Almaz 2021 bisa menghasilkan tenaga sebesar 140 HP pada putaran mesin 5.200 rpm, dan torsi 250 Nm pada putaran mesin 1.800 rpm hingga 3.600 rpm.

Kekurangan Wuling Almaz 2021

1. Mesin Kurang Bertenaga

Meskipun sudah dilengkapi dengan turbocharger, sayangnya mesin 1,5 liter yang digendong Wuling Almaz ini tidak terlalu unggul jika kita bicara soal tenaga. Di atas kertas, mobil ini hanya bisa menghasilkan tenaga sebesar 140 HP pada putaran mesin 5.200. Sementara itu, jika kita bandingkan dengan salah satu kompetitornya, Nissan X-Trail, tenaga keluaran Wuling Almaz masih kalah. Nissan X-Trail diketahui sudah menggunakan mesin dengan kubikasi 2,5 liter dan bisa menghasilkan tenaga sebesar 169 HP.

2. Konsumsi Bahan Bakar Standar

Jika kita bicara soal mobil di Indonesia, rasanya tidak sah kalau kita tidak memasukan aspek konsumsi bahan bakar sebagai salah satu bahan penilaian. Wuling Almaz sebagai salah satu mobil SUV di Indonesia diharapkan bukan hanya memiliki harga jual yang terjangkau, tetapi juga tingkat konsumsi bahan bakar yang efisien.

Dijejali Fitur Berlimpah, Ini Beberapa Poin Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz 2021 07

Sayangnya, tingkat konsumsi bahan bakar Wuling Almaz standar saja. Memang tidak terlalu boros, tetapi tidak bisa dibilang irit juga. Untuk konsumsi bahan bakar dalam kota, Wuling Almaz bisa menempuh jarak sekitar 7-11 km dengan satu liter bensinnya. Sementara itu, untuk konsumsi bahan bakar pada penggunaan di luar kota, mobil yang satu ini bisa menempuh jarak sekitar 9-14 km dengan satu liter bensin.

3. Kabin Kurang Kedap Suara

Dijejali Fitur Berlimpah, Ini Beberapa Poin Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz 2021 08

Seperti yang kita tahu, kabin yang dimiliki Wuling Almaz ini memang terkenal dengan kenyamanannya. Kendati demikian, tetap ada kekurangan yang akan kita rasakan dari kabin Wuling Almaz ini. Kabin Wuling Almaz ini diketahui kurang kedap suara. Meskipun hanya dikendarai dalam kecepatan sedang, suara ban mobilnya masih terdengar ke dalam kabin. Meskipun tidak terlalu bising, hal ini tetap dapat mengurangi kenyamanan saat berkendara.

Kesimpulan

Wuling Almaz 2021, layaknya mobil pada umumnya, memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mobil ini memiliki desain eksterior dan interior yang sangat atraktif. Selain itu, kabinnya juga dipenuhi dengan berbagai fitur canggih yang belum tentu bisa kita temukan pada mobil-mobil lain di kelas yang sama. Bukan itu saja, mobil ini pun dibekali dengan mesin yang dilengkapi turbo.

Dijejali Fitur Berlimpah, Ini Beberapa Poin Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz 2021 09

Sayangnya, mobil ini juga masih memiliki beberapa kekurangan. Meskipun dilengkapi turbo, mesin Wuling Almaz 2021 masih kurang bertenaga. Tingkat konsumsi bahan bakarnya pun standar saja. Dan yang bisa mengurangi kenyamanan adalah kabinnya yang masih kurang kedap suara.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Wuling Almaz Hybrid 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil