Dijual Rp 150 Jutaan, Renault Kwid Climber Tidak Lagi Dipandang Sebelah Mata

Yusuf · 27 Okt 2020 18:30

PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) sebagai Agen Pemegang Merk Renault di Indonesia, akhirnya memberikan varian baru untuk konsumen Indonesia yang tertarik dengan Renault Kwid. Kehadiran Renault Kwid Climber, melengkapi rangkaian varian Kwid di mana sebelumnya hanya dibekali dengan transmisi manual.

Namun untuk memberikan kemudahan dalam berkendara, PT MRI, meluncurkan Renault Kwid Climber yang sudah mengadopsi sistem transmisi automatic. Bukan hanya menawarkan sistem transmsi matik, tetapi ada beberapa fitur yang juga bisa memanjakan konsumen saat berada di dalam mobil ini.

Renault Kwid Climber ini dibanderol dengan harga Rp 159 jutaan. Harga yang masih masuk akal bagi konsumen Indonesia, di mana ingin mobil yang tampil beda namun bisa didapatkan dengan harga terjangkau.

Untuk konsumen yang ingin tampil beda, memang mobil ini menawarkan desain yang menarik dibandingkan kompetitornya seperti Suzuki Ignis. Tampilan adventure yang lebih kental, serta ditambah beberapa aksesori di bagian eksterior, melengkapi DNA adventure pada mobil lansiran Perancis ini.

Oke, untuk dimensi Renault Kwid Climber, mobil ini hadir dengan desain yang kompak serta bentuk yang agresif. Renault membekali mobil ini dengan panjang 3.731 mm, lebar 1.579 mm dan tinggi 1.474 mm. Tidak hanya itu, untuk kapabilitas dalam berkendara, ground clearance yang dihadirkan juga mumpuni untuk sebuah hatchback bergaya SUV karena Renault Kwid Climber dibekali dengan 184 mm.

Selain bentuk yang atraktif, Renault Kwid Climber juga hadir dengan paduan warna yang eye catchy. Paduan biru dan orange yang menjadi color hero, membuat kontras pada mobil ini menjadi lebih mudah dikenali. Meski demikian, two tone colour tersebut juga menambah aura dinamis pada mobil ini.

Tidak hanya satu warna, tetapi Renault menawarkan Climber dengan empat pilihan warna lainnya seperti Moonlight Silver, Outback Bronze, Fiery Red dan Ice Cool White.

Pada bagian velg pun dibuat lebih atletis. Ini ditandai dengan penggunaan warna hitam serta motif yang sporty, bisa meningkatkan rasa percaya diri pemilik saat menggunakan Renault Kwid Climber ini berpergian kemanapun.

Pada sektor jantung pacu, Renault Kwid Climber dipersenjatai dengan mesin yang juga kompak. Secara spesifikasi, mobil ini dibekali mengusung konfigurasi mesin tiga silinder berkapasitas 1.0 L yang mampu memproduksi tenaga sebesar 68 PS pada 5.500 rpm dan torsi puncak 91 Nm pada 4.250 rpm. Hentakan tenaga pada rpm awal membuat mobil ini sangat responsif. Wajar, hal tersebut dikarenakan karakter mesin yang digunakan memang mampu memberikan letupan tenaga pada rpm bawah ke tengah.

Renault tidak hanya membangun Climber dengan sentuhan adventure. Pada bagian dalam, Renault sudah membekali mobil ini dengan beberapa fitur yang bisa diandalkan oleh pemiliknya saat berpergian. Salah satu aspek yang bisa ditonjolkan adalah lengkapnya fitur entertainment yang sering menjadi pelepas penat ketika berkendara.

Headunit yang sudah disematkan, tidak hanya sebagai pemanis. Tetapi, untuk keunggulan fiturnya bisa dikatakan memiliki segudang kemampuan. Dan yang paling asyiknya adalah, melalui headunit tersebut, mobil ini sudah kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Satu fitur lainnya yang juga premium adalah voice command, di mana fitur ini sangat terbatas peredarannya di segmen ini dan tidak dimiliki oleh para kompetitornya.

Dengan harga yang berada di angka Rp 150 jutaan, bukan berarti Renault Kwid Climber ini abai dengan fitur keselamatan. Sebagai bawaan pabrik, model ini sudah dilengkapi dengan seperangkat fitur keamanan seperti Driver Side Airbag, ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake Distribution), Seat Belt Reminder, dan Reverse Parking Sensor. Selain itu, Kwid Climber juga sudah dilengkapi dengan kamera belakang yang memudahkan pemiliknya untuk memarkirkan kendaraannya.

Selanjutnya, bicara mengenai kapasitas bagasi yang berada di belakang, Renault Kwid Climber memiliki keunggulan yang bisa dimanfaatkan oleh calon konsumen yang sering berpergian. Pasalnya, mobil ini mampu menampung barang hingga 300 liter. Di mana, kapasitas tersebut lebih unggul dari rival terdekatnya yang hanya menawarkan 260 liter.

Dengan kapastias tersebut, pemilik bisa mengangkat setidaknya beberapa koper besar yang bisa ditempatkan di belakang tanpa mengurangi kenyamanan penumpang baris kedua. Di bagian tersebut juga Renault sudah menambahkan partisi, sehingga lebih menjaga privasi barang-barang bawaan.

Kenyamanan lain juga ditunjukan lewat hadirnya arm rest yang diletakkan di baris kedua. Dengan adanya fitur tersebut, penumpang di belakang juga akan merasakan kenyamanan selama berada di dalam mobil. Tentunya, dibandingkan Renault Kwid manual, fitur yang dibenamkan pada Climber lebih mumpuni dan lebih memberikan kenyamanan.

Kesimpulan

Seperti yang sudah dijelaskan di paragraf di atas. Bahwa untuk mobil dengan brand dari Perancis, harga yang ditawarkan memang sangat menggiurkan. Tetapi beberapa konsumen Indonesia masih memandang sebelah mata mengenai kredibilitas Renault di Indonesia.

Namun, Renault terus mengupayakan bahwa stigma negatif tersebut tidak lagi berlaku pada Renault Kwid Climber. Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan beberapa fitur unggulan yang bisa memberikan kenyamanan pemiliknya saat menjadikan mobil ini sebagai mobilitas utama mereka.

Dengan bujet tersebut, dibandingkan kompetitornya memang ada kekurangan dan kelebihan. Untuk first time buyer yang ingin merasakan sensasi berkendara dengan brand Renault, model ini bisa menjadi alternatif lantaran menyuguhkan pengalaman berkendara yang berbeda dari brand lainnya.

So, pilihan di tangan Anda. Jika boleh menyarankan kepada konsumen, maka kami akan menyarankan bahwa mobil ini layak masuk dalam garasi rumah Anda!

Komentar

Mobil Terbaru