window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Dikabarkan Rilis di IIMS 2022, Ini Beda Toyota Voxy Terbaru dengan yang Lama

Prasetyo · 7 Feb, 2022 13:03

Dikabarkan Rilis di IIMS 2022, Ini Beda Toyota Voxy Terbaru dengan yang Lama 01

  • Toyota Voxy 2022 diketahui sudah mendarat di Indonesia.
  • Diperkirakan jadwal peluncurannya di ajang IIMS 2022.
  • Inilah generasi terbaru Toyota Voxy yang hampir semuanya alami perubahan.

Toyota Voxy 2022 dikabarkan bakal rilis di Indonesia dalam waktu dekat. Diprediksi MPV boxy ini bakal dipamerkan PT Toyota Astra Motor (TAM) di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

Sebelumnya Toyota Voxy sudah tertangkap kamera telah mendarat di Tanah Air. Beberapa unit mobil yang mendebut di Jepang pada 14 Januari 2022 itu terlihat sudah terparkir di sebuah lokasi yang diduga kuat adalah Pelabuhan Patimban, di Jawa Barat. Selain itu, beberapa unit juga tampak telah dikirim menggunakan truk car carrier dan melintas di Tol Cikampek.

Penampakan ini makin memastikan, kalau Indonesia hanya akan mendatangkan Toyota Voxy 2022. Sementara untuk model Noah 2022 kemungkinan besar cuma untuk pasa Jepang. Tapi apa sih bedanya Voxy yang baru dengan yang lama? Apa cuma penampilannya saja? Yuk kita kupas lebih dalam.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tampilan Depannya Makin Agresif

Dikabarkan Rilis di IIMS 2022, Ini Beda Toyota Voxy Terbaru dengan yang Lama 01

Bentuk bemper depannya berubah total

Tidak dapat dipungkiri, perubahan paling radikal dari Voxy terbaru adalah dibagian mukanya. Mobil ini pakai front grille yang begitu agresif. Bahkan nyaris 90 persen elemen bemper depan diisi sebagai gril.

Lama lampu utamanya tetap dibuat terpecah dua, namun digenerasi baru ini headlamp ditempatkan di bemper dengan posisi lebih ke bawah. Mirip-mirip Mitsubishi Xpander tapi desainnya lebih memanjang horizontal.

Baca juga : Toyota Noah dan Voxy 2022 Rilis di Jepang, Pakai TSS dan Ada Fitur Remote Parking via Ponsel

Dikabarkan Rilis di IIMS 2022, Ini Beda Toyota Voxy Terbaru dengan yang Lama 02

Toyota Voxy lama

Untuk lampu yang ada di bawah kap mesin bertugas sebagai DRL yang tetapi desainnya seakan tersambung dengan aksen krom di atas logo tiga oval khas Toyota.

Siluet Bodi Mirip Tapi Lebih Tegas

Dikabarkan Rilis di IIMS 2022, Ini Beda Toyota Voxy Terbaru dengan yang Lama 03

Spyshoot Toyota Voxy 2022

Lanjut ke bagian samping, All New Toyota Voxy masih berbentuk MPV Boxy. Desainnya tetap mengkotak dengan kaca jendela lebar. Walau begitu, jika membandingkan dengan Voxy sebelumnya tetap terlihat sejumlah perubahan.

Antara lain pada Voxy 2022 garis bodinya terlihat lebih tegas. Kemudian ukuran velg juga lebih besar meskipun desainnya sedikit punya kesamaan dengan model terdahulu.

Dikabarkan Rilis di IIMS 2022, Ini Beda Toyota Voxy Terbaru dengan yang Lama 04

Tampak belakang Toyota Voxy generasi ketiga

Selanjutnya hal berbeda lain bisa dilihat dari bentuk kaca penumpang belakang yang dibentuk mengecil pada bagian akhir. Sementara di Voxy lama tetap mengkotak sepeti kaca jendela tengah.

Lampu Belakang Tak Lagi Vertikal

Dikabarkan Rilis di IIMS 2022, Ini Beda Toyota Voxy Terbaru dengan yang Lama 05

Desain belakang Toyota Voxy terbaru

Perbedaan antara Toyota Voxy 2022 vs Voxy lama juga sangat terlihat dari bagian belakang. Kalau di model lama Voxy menggunakan lampu yang tertempel di pilar belakang berbentuk vertikal, maka di model baru ini lampu remnya lebih kecil namun tetap pakai mika bening dan lampu LED.

Kemudian diantara lampu belakang juga ada garnish namun kini warnanya hitam dengan aksen garis chrome. Beda dengan rear garnish Voxy generasi sebelumnya yang full chrome.

Dikabarkan Rilis di IIMS 2022, Ini Beda Toyota Voxy Terbaru dengan yang Lama 06

Lampu belakang Voxy yang lama

Selanjutnya yang beda juga terlihat dari bagian rear bumper terutama di sisi reflektor. Terakhir perbedaan juga terlihat dari spoiler atap belakang yang kini desainnya lebih ramping.

Baca juga : Toyota Voxy 2022 Sudah Mendarat di Indonesia, Bisa Order Mulai Sekarang

Interior Toyota Voxy 2022 Lebih Futuristik

Dikabarkan Rilis di IIMS 2022, Ini Beda Toyota Voxy Terbaru dengan yang Lama 07

Desain dasboard Toyota Voxy 2022

Sekarang kita lihat desain interiornya. Kalau berkaca dari unit All New Voxy di Jepang, maka terlihat jelas kalau Voxy alami perombakan total khususnya di bagian kokpit. Layout dasbornya cukup unik karena ada cekungan di bagian tengah.

Di bagian pengemudi bentuk setir sedikit mirip dengan kepunyaan Toyota Corolla Cross. Dibalik setir sudah terpasang pula meter cluster full digital yang lagi-lagi tampilannya mirip Corolla Cross.

Dikabarkan Rilis di IIMS 2022, Ini Beda Toyota Voxy Terbaru dengan yang Lama 08

Interior Toyota Voxy lama

Namun begitu, dibagian tengah sudah terpasang headunit ukuran besar yang berdiri tegak, Di bawahnya ada pengaturan AC juga sudah model digital, serta tuas transmisi yang desainnya lebih futuristik dibanding sebelumnya.

Kenyamanan Penumpang Belakang Tetap Diunggulkan

Dikabarkan Rilis di IIMS 2022, Ini Beda Toyota Voxy Terbaru dengan yang Lama 09

Desain pelapis jok tak lagi polos

Toyota menyediakan Voxy 2022 dengan varian 7 dan 8 seater. Perbedaannya varian ini terletak pada jok baris kedua ada yang model captain seat dan tidak. Dibanding Voxy generasi sebelumnya bisa dilihat kalau unit terbaru menggunakan plapis jok dengan motif yang lebih terlihat mewah.

Tetapi kenyamanan lain untuk penumpang belakang tetap dipertahankan. Mislanya keberadaan sunroof, tirai di kaca penumpang baris kedua, pintu geser elektrik kiri dan kanan, serta jok yang dapat dimajumundurkan dengan jarak cukup lebar.

Pakai Platform dan Mesin Baru

Perbandingan Mesin
  Toyota Voxy 2022 Toyota Voxy lama
Tipe mesin M20A-FKS 3ZR-FAE
Isi silinder 2.000 cc 1.987 cc
Daya maksimum 170 PS 152 PS
Torsi maksimum 202 Nm 193 Nm

Karana Voxy 2022 adalah generasi baru, maka Toyota pun menerapkan hal baru dari segi spesifikasi teknis. Model ini menggunakan platform TNGA-C yang sebelumnya juga sudah digunakan pada Corolla Cross.

Dikabarkan Rilis di IIMS 2022, Ini Beda Toyota Voxy Terbaru dengan yang Lama 10

Pakai platform dan mesin mirip Corolla Cross

Mesinnya sendiri ada mesin bensin 2.0L Dynamic Force berkode M20A-FKS dengan tenaga 170 PS dan torsi 202 Nm. Selain itu ada opsi mesin hybrid 1.8L 2ZR-FXE yang bertenaga 98 PS dengan torsi puncak 142 Nm dikombinasikan motor elektrik 95 PS dengan torsi 185 Nm. Mesin hybrid ini juga kembali diambil dari Corolla Cross hybrid.

Kalau melihat mesin Toyota Voxy lama, maka generasi terbarunya ini punya tenaga dan torsi lebih besar. Namun apakah nantinya TAM juga akan memasukkan Voxy hybrid masih belum ada bocoran informasi.

Toyota Voxy Terbaru Pakai TSS dan Fitur Kekinian

Dikabarkan Rilis di IIMS 2022, Ini Beda Toyota Voxy Terbaru dengan yang Lama 11

Apakah fitur remote ini juga akan diaplikasikan pada unit Voxy 2022 di Indonesia?

Toyota Voxy 2022 sama-sama sudah menggunakan fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS). Adapun paket yang tersedia antara lain Pre-collision Safety System, Proactive Driving Assist, Lane Tracing Assist, dan Front Cross-Traffic Alert.

Selain itu ada juga fitur Safe Exit Assist dan Toyota Teammate (advanced drive & advanced park) yang gunanya demi kemudahan saat parkir yang bisa dioperasikan melalui ponsel. Jadi pemilik mobil cukup mengoneksikan sistem kendaraan dengan aplikasi mobile di ponselnya. Makin canggih kan...!

Kesimpulan

Sebagai generasi keempat dari Noah dan Voxy, Toyota banyak memberikan hal baru di Voxy 2022. Bukan hanya soal desain eksterior dan interior, namun juga penggunaan platform, mesin, sampai teknologi keamanan dan keselamatan.

Kini tinggal menunggu pengumuman harga Toyota Voxy 2022. Mengingat TAM mematok banderol Voxy saat ini di harga Rp510.850.000 on the road Jabodetabek. Dengan sederet perubahannya, bisa saja Voxy 2022 harganya tembus Rp600 juta.

Tertarik?

Baca juga : Toyota Bawa Dua Produk Baru di IIMS Hybird 2022, Apakah Itu Voxy?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Voxy CVT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil