window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Dikritik Penikmat Traveling Akibat Pakai Double Glass, Trend Bus Kaca Tunggal Akhirnya Kembali Hadir di Indonesia

Ilham · 26 Agu, 2022 20:00

Dikritik Penikmat Traveling Akibat Pakai Double Glass, Trend Bus Kaca Tunggal Akhirnya Kembali Hadir di Indonesia 01

  • Penggunaan bodi double glass marak sejak 2016 silam.
  • Akan tetap dipakai oleh bus tingkat.
  • Tidak mempengaruhi harga bodi bus.

Sejak beberapa tahun lalu, trend bodi di karoseri bus Tanah Air didominasi dengan tipe double glass. Di mana terdapat dua buah kaca tumpuk di bagian depan dengan sekat atau 'topi' sebagai pemisahnya.

Namun di tahun 2022 ini, trend double glass sedikit demi sedikit mulai terkikis kembali dengan model kaca tunggal seperti sebelumnya. Hal ini bisa dilihat dari model-model baru yang dikenalkan lewat ajang GIIAS 2022 pekan lalu.

Karoseri ternama seperti Adi Putro dan Laksana turut memajang bus besar mereka yang kini kembali memakai kaca tunggal. Sementara karoseri Tentrem masih setia dengan bodi double glass, meskipun mereka juga punya andalan di segmen single glass.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca Juga: Harga Subaru BRZ Lebih Murah Rp90 Jutaan dari Toyota GR86 2022, Apa Sih Perbedaan Keduanya?

Permintaan Bus Single Glass Kembali Marak

Bukan tanpa sebab jika bodi big bus jenis single glass kembali diproduksi. Seperti disebutkan Lang Widya dari karoseri Laksana, Ungaran jika saat ini perusahaan otobus (PO) banyak yang memesan bodi jenis tersebut.

Dikritik Penikmat Traveling Akibat Pakai Double Glass, Trend Bus Kaca Tunggal Akhirnya Kembali Hadir di Indonesia 01

Bodi Legacy SR3

Hal ini juga yang memicu pihaknya untuk merilis produk baru yakni Legacy SR3. "Saat ini bus single glass kembali ramai. Daripada dikira bus lama, jadi kami sekalian merilis generasi baru yakni SR3," paparnya pada Autofun beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, di model sebelumnya yaitu bodi Legacy SR2 versi awal dirilis dalam tipe single glass. Baru kemudian mengikuti trend double glass di tahun 2017.

Hal senada disampaikan oleh pihak karoseri Adi Putro yang menyebut jika saat ini pihaknya kembali ke jenis bodi big bus single glass. "Sekarang yang diajukan ke Dishub jenis single glass," buka Andrew Limanto Angka, Sales Associate Adi Putro.

Meski demikian menurutnya permintaan bodi Jetbus 3 double glass yang jadi andalan karoseri asal Malang, Jawa Timur ini sebenarnya masih banyak. "Tapi konsumen kami arahkan ke single glass," jelasnya.

Baca Juga: McLaren Buka Bengkel Resmi di Jakarta, Gak Repot Lagi Kalau Mau Servis

Double Glass Hanya Jadi Pemanis Eksterior

Andrew menyatakan jika trend double glass bakal berkurang karena dari segi kenyamanan penumpang masih kalah dari single glass. Hal ini karena pandangan penumpang yang terbatas akibat penggunaan partisi kaca.

Dikritik Penikmat Traveling Akibat Pakai Double Glass, Trend Bus Kaca Tunggal Akhirnya Kembali Hadir di Indonesia 02

Pandangan penumpang terhalang sekat kaca

"Bus jenis double glass sebenarnya kurang nyaman bagi penumpang. Karena partisi di kaca tidak berguna dan penumpang pandangannya terhalang. Hanya menambah model tapi kurangi kenyamanan," jelas Andrew.

Biaya Pembuatan Sama

Ditilik dari biaya pembuatannya, Andrew mengatakan jika harganya sama dengan versi double glass. Semisal estimasi biaya untuk bus jenis sleeper class atau Jetbus 3 Dream Coach bisa mencapai Rp 1,3 miliar. 

Dikritik Penikmat Traveling Akibat Pakai Double Glass, Trend Bus Kaca Tunggal Akhirnya Kembali Hadir di Indonesia 03

Sedangkan big bus sekelas Jetbus 3 High Deck harganya mulai Rp 800 jutaan untuk bodinya saja. Harga tersebut diluar sasis dan kelengkapan lain seperti AC dan bangku-bangku.

Tetap Ada Varian Double Glass

Meski nantinya trend bodi single glass akan kembali hadir, tapi jenis double glass tetap ada untuk bodi-bodi dengan jenis tertentu. Diantaranya varian yang memiliki bodi tinggi atau jenis sasis premium.

Baca Juga: Mengenal Klasifikasi Light Duty, Medium Duty, dan Heavy Duty Truck, Bagaimana Membedakan Jenis Truknya?

Misalnya bodi bus tingkat atau double decker atau tipe Ultra High Deck yang punya dek penumpang di bagian atas. "Untuk bus-bus tingkat akan tetap memakai kaca tumpuk karena ketinggiannya berbeda dari bus reguler," pungkas Andrew.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil