Dilematis Beli Toyota Alphard, Pilih Prestise Naik atau Resale Value Turun?

Samuel Tito · 4 Sep, 2020 19:00

Dilematis Beli Toyota Alphard, Pilih Prestise Naik atau Resale Value Turun? 01

Mau beli Toyota Alphard? Sebelum membeli, Anda tinggal memilih untuk meningkatkan gengsi atau pertimbangan lainnya. Sebenarnya Toyota Alphard sudah menjadi MPV yang mewah dan memiliki nilai prestise yang tinggi. Persaingan MPV Mewah di Indonesia memang didominasi oleh Toyota Alphard, namun muncul opsi lain dari kubu Nissan Elgrand.

Toyota Alphard memiliki total 3 varian. Harga Toyota Alphard berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard tahun 2020. Saudara Toyota Alphard yang juga merupakan mobil terkenal, yakni Toyota Vellfire.

Mobil Toyota Vellfire ini hanya memiliki 1 varian saja. Harga Toyota Vellfire ini hanya dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,19 Milyar. Harga Vellfire ini sama dengan harga Alphard 2.5 G AT yang berada dipertengahan dari varian mobil Toyota Alpard.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Berbicara tentang sejarah Toyota Alphard, sejak tahun 2002, kehadiran MPV generasi pertama berukuran besar ini hanya dibawa oleh importir umum (IU). Sedangkan generasi kedua, baru PT Toyota Astra Motor (TAM) yang ikut merilis MPV Gambot ini secara resmi sejak 2008.

Saat itu, Alphard bermesin 2GR-FE berkapasitas 3.500 cc, resmi dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp1,1 miliar. Baru setahun kemudian di tahun 2009 varian yang lebih murah yaitu 2.4X dijual dengan harga Rp. 800 juta dan 2.4 G seharga Rp. 900 juta.

Kemudian muncullah Toyota Vellfire, si kembar berpenampilan sporty bertebaran di tahun 2010. Berbeda dengan Alphard, Vellfire hanya ditawarkan dengan mesin 2AZ-FE, 2.400 cc saja. Selanjutnya, versi facelift generasi kedua resmi diluncurkan oleh TAM pada tahun 2012, dengan perbedaan utama pada gril depan, lampu kabut, pelek 17 inci, dan 7 kantung udara.

Barulah pada 2015, generasi ketiga muncul. Namun, tidak berhenti sampai disitu, bahkan GIIAS 2015 digunakan sebagai sarana untuk menghadirkan secara resmi Toyota Alphard Hybird yang mengusung sistem e-Four alias dua motor listrik yang sistem kerjanya ditujukan untuk mencapai efisiensi maksimal dalam penggunaan bahan bakar pada tubuhnya yang besar.

Harga mobil Toyota Alphard yang dibandrol cukup mahal sudah hampir menyentuh angka Rp1 Miliar, rupanya tidak membuat orang yang punya uang berpikir ulang untuk membawa mobil ini ke rumah. Ya, memang harga mobil Toyota Alphard yang mahal diimbangi dengan spesifikasi yang dibawanya.

Jadi menggelontorkan uang dalam jumlah besar bukanlah masalah yang berarti karena Toyota Alphard ini memiliki berbagai kelebihan yang siap menunjang kenyamanan berkendara.

Faktor Penarik Beli Toyota Alphard

Dilematis Beli Toyota Alphard, Pilih Prestise Naik atau Resale Value Turun? 01

1. Interior yang Mewah dan Nyaman

Keunggulan lain dari mobil Toyota Alphard yang mampu memikat hati banyak orang adalah interior mobilnya yang begitu mewah dan nyaman. Saat kita membuka pintu mobil dan melihat ke dalam, kenyamanan akan semakin terasa dengan desain interior yang mewah dengan tampilan kabin berbalut kayu sehingga mobil terlihat keren dan nyaman. Belum lagi ruang interior yang lapang akan semakin membuat Anda betah berlama-lama di dalam mobil ini.

2. Mesin Bertenaga

Selain memiliki desain eksterior dan interior yang mewah, keunggulan lain dari Toyota Alphard adalah mesinnya yang andal dan juga bertenaga. Toyota melahirkan mobil Alpard ini dengan 2 varian mesin 2.363 cc dan 3.5 liter, dengan mengusung mesin tersebut mobil MPV premium ini mampu melaju pada kecepatan maksimal 170 PS6000 rpm dengan torsi puncak 22,4 kgm 4.000 rpm. Dengan performa tersebut, menurut kami mobil mewah Toyota ini dapat dikendarai di berbagai medan jalan tanpa perlu khawatir akan kehilangan tenaga.

3. Sarat dengan Fitur Keamanan

Dilematis Beli Toyota Alphard, Pilih Prestise Naik atau Resale Value Turun? 02

Kemudian untuk mengimbangi performa mesin yang garang, Toyota Alphard juga dilengkapi dengan sistem keamanan dan keselamatan yang lengkap. Fitur keselamatan yang telah disematkan pada mobil ini antara lain 7 airbag, sistem pengereman ABS EBD DA serta fitur VSC dan TRC. Yang mana semua fitur tersebut berfungsi untuk mengurangi cedera pada penumpang dan pengemudi saat mobil Toyota Alphard ini bertabrakan atau mengalami tabrakan besar.

4. Sistem Hiburan Di Dalam Kabin Komplit

Dilematis Beli Toyota Alphard, Pilih Prestise Naik atau Resale Value Turun? 03

Keunggulan lain dari Toyota Alphard adalah hiburan yang berkualitas, terlahir sebagai mobil mewah, tentunya pabrikan Toyota menginginkan segala aktivitas pada mobil ini dengan nuansa yang mewah. Dan untuk mewujudkannya, Toyota Alpard ini dilengkapi dengan fitur entertainment berkualitas dan modern seperti bluetooth, AUX-n, IPOD, Div-X, USB, IPOD, MP3, WMA. Dengan fitur tersebut diharapkan mampu memberikan hiburan yang berkualitas.

5. Sistem Kemudi Mumpuni

Dan kelebihan Toyota Alphard yang tidak kalah pentingnya adalah sistem kendali kemudi yang baik. Seperti yang sudah disebutkan di atas, mobil Alphard ini memiliki performa yang sangat garang, oleh karena itu untuk memudahkan pengemudi dalam mengontrol kecepatan mobil, Toyota telah membenamkan teknologi VV-TI dan ETCS-i serta ACIS yang dapat mengontrol kecepatan kendaraan.

5 faktor untuk Tidak Beli Toyota Alphard

1. Dimensi Besar

Dilematis Beli Toyota Alphard, Pilih Prestise Naik atau Resale Value Turun? 04

Dimensi atau ukuran Toyota Alphard memang sangat besar. Mobil ini memiliki panjang 4.945 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1.895 mm. Ukuran ini juga ditambah dengan jarak sumbu roda 3.000 mm dengan jarak pusat 1.575 mm.

Jika melihat data di atas, sepertinya mobil Toyota Alphard ini akan sedikit kesulitan untuk bermanuver di tengah kemacetan lalu lintas. Apalagi untuk akses jalan sempit di Jakarta. Akan sedikit kesulitan dengan dimensi yang cukup besar ini. Kekurangan inilah yang menjadi andalan mobil besar di Indonesia. Oleh karena itu, pemilik mobil Toyota Alphard biasanya memiliki rumah yang sangat besar dengan garasi yang besar pula.

2. Harga Jual Kembali Toyota Alphard Turun

Selain itu, kekurangan yang cukup menonjol dari Toyota Alphard adalah harga bekas yang cukup turun dibanding harga baru. Sebagai gambaran, Toyota Alphard bekas 2018 hingga 2019 memiliki harga bekas Rp 840 juta hingga Rp1.025 miliar. Sebagai perbandingan, Toyota Alphard versi terbaru paling murah dibandrol dengan harga Rp1,1 miliar. Sedangkan varian tertingginya mencapai Rp1,9 miliar.

3. Harga Sparepart Mahal

Dilematis Beli Toyota Alphard, Pilih Prestise Naik atau Resale Value Turun? 05

Karena harganya yang cukup mahal, maka tidak heran jika harga sparepartnya juga mahal. Harga komponen Alphard bisa dibilang cukup mahal. Salah satu kekurangannya adalah bagian kaki depan yang biasanya menjadi penyakit paling umum di Alphard.

4. Perawatan Mahal

Selain harganya yang mahal, biaya perawatan mobil Alphard ini juga sangat mahal. Sehingga apabila anda mempunyai mobil Toyota Alphard harus menyediakan biaya yang cukup untuk perawatan mobil tersebut. Hal ini dikarenakan untuk merawat mobil Alphard harus membawa mobil tersebut ke bengkel resmi yang memiliki teknisi yang cukup paham dengan kondisi mobil Toyota ini. Selain itu, perawatannya juga tergolong rumit dan sulit.

5.  Pajak Mahal

Dilematis Beli Toyota Alphard, Pilih Prestise Naik atau Resale Value Turun? 06

Dari informasi yang diberikan oleh pemilik Toyota Alphard tipe G tahun 2017, ternyata pajaknya sendiri bisa menelan biaya motor baru sekitar Rp16 juta. Untuk ukuran orang biasa tentu itu hal yang luar biasa dengan pajak yang begitu besar. Namun bagi mereka yang mementingkan kenyamanan dan prestise uang bukanlah masalah.

Kesimpulan

Dilematis Beli Toyota Alphard, Pilih Prestise Naik atau Resale Value Turun? 07

Nah itulah kelebihan dan kekurangan sebelum beli Toyota Alphard di diler. Walaupun harga mobil Alphard tergolong mahal, namun kenyamanan dan fitur dari mobil ini terbilang lengkap dan canggih sehingga sangat nyaman digunakan walaupun untuk perjalanan jarak jauh.

Hal tersebut terlihat dari spesifikasi yang dibawa oleh mobil Toyota Alphard ini baik dari segi dapur pacu, fitur lengkap, interior dan eksterior yang mewah. Kemudian untuk harga Toyota Alphard, mobil mewah Toyota ini dibandrol dengan harga yang sangat luar biasa mahal. Bahkan jika dibandingkan rival Nissan Elgrand dan Hyundai H-1, harga beli Toyota Alphard ini lebih mahal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Samuel Tito

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru