window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Dipakai Harian atau Buat Kerja Keras, Seberapa Irit Konsumsi BBM Isuzu MU-X

Nussa · 5 Jul, 2022 08:08

Dipakai Harian atau Buat Kerja Keras, Seberapa Irit Konsumsi BBM Isuzu MU-X 01

  • Seberapa irit konsumsi BBM Isuzu MU-X 2022 jika dipakai harian?
  • SUV ini cukup bisa diandalkan di medan pertambangan atau perkebunan.
  • Tapi bisa juga digunakan untuk aktifitas harian di perkotaan.

Mobil bermesin diesel banyak diminati oleh konsumen di Indonesia. Alasannya bermacam-macam, tapi yang paling utama adalah mesinnya bertenaga dan konsumsi bahan bakarnya juga cukup irit. Pilihan mobil dengan mesin diesel di Indonesia juga sangat beragam. Salah satunya yang menarik adalah Isuzu mu-X.

Isuzu MU-X 2022 diluncurkan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Mobil ini diimpor secara utuh alias Completely Built Up (CBU) dari Thailand oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI). Namun, hanya satu tipe yang didatangkan ke Tanah Air, yakni 4x4.

PT IAMI punya alasan tersendiri mengapa hanya memasarkan satu varian saja di Indonesia. Menurut mereka, mobil ini memang ditujukan untuk segmen fleet atau perusahaan, bukan perorangan. Meskipun, Isuzu juga tak menutup jika ada konsumen perorangan yang ingin membeli mu-X terbaru ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dipakai Harian atau Buat Kerja Keras, Seberapa Irit Konsumsi BBM Isuzu MU-X 01

Hanya satu varian yang masuk Indonesia

Menurut data yang dimiliki PT IAMI, MU-X banyak diminati oleh perusahaan yang bergerak di bidang tambang, perkebunan, rental, serta minyak dan gas, sebagai kendaraan operasional. Sebab, medan yang dilalui cukup berat, sehingga membutuhkan kendaraan dengan penggerak roda 4x4.

Harga MU-X di Indonesia

All New Isuzu mu-X memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Salah satu yang paling menarik adalah banderolnya. Mobil ini dipasarkan dengan harga yang cukup murah dibandingkan dengan mobil lainnya di kelas SUV 4x4. MU-X saat pertama kali meluncur dipasarkan dengan harga Rp559,9 juta (on the road Jakarta).

Baca juga : Hanya Tawarkan Varian 4x4, Isuzu Akhirnya Rilis New D-Max dan Isuzu MU-X 2021 di Indonesia, Pakai Mesin 1.9 Liter

Eksterior Isuzu MU-X

Desain eksterior Isuzu MU-X berubah cukup signifikan dibandingkan dengan model sebelumnya. Model yang sekarang punya desain yang lebih berani dan tampang lebih agresif. Terlihat dari bentuk lampu utama yang tajam dengan Daytime Running Light (DRL) LED.

Dipakai Harian atau Buat Kerja Keras, Seberapa Irit Konsumsi BBM Isuzu MU-X 02

SUV diesel 7 penumpang

Lampu depannya juga bisa diatur tinggi rendahnya. Grille depan juga memiliki desain yang baru dan diberi warna hitam, sehingga memperkuat kesan sporty. Sayangnya, bumper depannya belum dilengkapi dengan fog lamp atau lampu kabut.

Secara dimensi, MU-X memiliki panjang 4.850 mm, lebar 1.870 mm, dan tingginya 1.815 mm. Jarak sumbu rodanya 2.855 mm. Jarak terendah ke tanah juga cukup tinggi, yakni 230 mm. Agar bagian kaki-kaki terlihat semakin padat, mobil ini dibekali velg berukuran 17 inci.

Spionnya juga belum dilengkapi dengan lampu sein. Mungkin memang sengaja, mengingat medan yang akan dilalui bisa saja melewati hutan atau semak belukar. Potensi spion terpentok dahan atau ranting-ranting bisa saja terjadi.

Pada bagian belakang, Isuzu menyematkan spoiler kecil yang terintegrasi dengan high mounted stop lamp. Lampu belakangnya memiliki desain yang senada dengan lampu depan, dibuat menyipit juga.

Dipakai Harian atau Buat Kerja Keras, Seberapa Irit Konsumsi BBM Isuzu MU-X 03

Dasbor mu-X

Interior Isuzu MU-X

Kabin mu-X cukup minimalis, tidak menampilkan kesan sporty seperti eksteriornya. Dengan target pasar perusahaan pertambangan atau perkebunan, interior mobil ini juga menyesuaikan. Beberapa bagian sudah dilapisi dengan kulit, tapi untuk joknya masih mengandalkan material fabric.

Kabinnya cukup lapang, baik ruang pada baris pertama, baris kedua, maupun baris ketiga. Kemudian, bagasinya juga sangat fleksibel. Jika butuh kapasitas yang lebih besar, bangku di baris ketiga dan baris kedua bisa dilipat hingga rata dengan lantai.

Baca juga : Kelebihan dan Kelemahan All New Isuzu MU-X 2022 4X4, Cuma Ada 1 Pilihan Doang Apakah Makin Terlupakan?

Dipakai Harian atau Buat Kerja Keras, Seberapa Irit Konsumsi BBM Isuzu MU-X 04

Kabin mu-X cukup lapang

Fitur Unggulan di MU-X

Soal fitur keamanan, All New Isuzu mu-X sudah dibekali sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA) dan Hill Descent Control (HDC), dan lainnya.

Untuk menembus medan off road, Isuzu juga sudah melengkapi mu-X terbaru dengan fitur Rough Terrain Mode. Mode berkendara ini sangat berguna ketika mobil melewati permukaan jalan yang licin. Dengan fitur ini, traksi yang dihasilkan akan lebih baik dibandingkan fitur Limited-Slip Differential (LSD). Ada juga fitur tambahan lainnya, seperti emergency stop lamp dan follow me home.

Dipakai Harian atau Buat Kerja Keras, Seberapa Irit Konsumsi BBM Isuzu MU-X 05

Isuzu mu-X menyediakan bagasi yang cukup luas dan fleksibel

Mesin Isuzu MU-X

Pada bagian dapur pacu, Isuzu membekali mu-X dengan mesin berkode RZ4E-TC yang memiliki kapasitas 1.900 cc. Isuzu percaya diri dengan performa mesin tersebut yang sudah dilengkapi dengan turbo. Turbonya diatur secara elektrik atau electric control VGS common rail turbo charger.

Dari mesin tersebut, tenaga maksimum yang dihasilkan dapat mencapai 150 PS pada putaran mesin 3.600 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya, bisa mencapai 350 Nm pada rentang putaran mesin 1.800 rpm hingga 2.600 rpm. Mesinnya dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis 6 percepatan tiptronic.

Dipakai Harian atau Buat Kerja Keras, Seberapa Irit Konsumsi BBM Isuzu MU-X 06

mu-X tak kalah irit dibandingkan dengan kompetitor sekelasnya

Konsumsi BBM Isuzu MU-X 2022

Beberapa media nasional sudah melakukan tes konsumsi BBM pada mu-X. Namun, unit yang disediakan oleh PT IAMI sama seperti yang dipamerkan pada GIIAS 2021. Unit tersebut sudah dibekali dengan ban Mud Terrain (MT) dan bull bar pada bagian depan.

Untuk penggunaan harian di dalam perkotaan, konsumsi BBM yang dihasilkan tercatat 10,2 km/liter dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam. Sementara untuk penggunaan ke luar kota atau di jalan tol, konsumsi BBM mobil ini mencapai 12,4 km/liter, dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam.

Tentunya, hasil konsumsi BBM ini akan sangat berbeda dengan mu-X standar yang pastinya bisa lebih efisien dengan ban standar dan tanpa bull bar. Selain itu, konsumsi BBM setiap kendaraan juga berbeda-beda, tergantung dari gaya berkendara, kondisi mesin, tekanan udara pada setiap ban, kondisi lalu lintas, kondisi cuaca, bobot yang dibawa, dan lainnya.

Baca juga : First Drive Isuzu MU-X 4x4 2022: Performa Tak Sesuai dengan Tampilannya yang Bengis?

 

Jika Anda tertarik untuk membeli Isuzu MU-X ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.   

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Isuzu MU-X 4X4 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil