Diproduksi di Indonesia Buat Tujuan Ekspor, Honda BR-V 2022 Juga Disiapkan Versi Hybrid

Adit · 23 Sep, 2021 08:02

Diproduksi di Indonesia Buat Tujuan Ekspor, Honda BR-V 2022 Juga Disiapkan Versi Hybrid 01

Prinsipal Honda pada Maret 2021 lalu mengumumkan jika akan menambah investasi baru Rp5,2 triliun hingga 2021. Suntingan dana ini untuk proses pengembangan mobil baru seperti Honda BR-V 2022, Brio, hingga Mobilio. 

Selain itu penanaman modal baru tersebut juga demi meningkatkan kapasitas produksi pabrik Honda di dalam negeri. Sebab proyeksinya ke depan, Honda Indonesia tak cuma fokus pasar domestik, juga bakal merambah pasar ekspor. 

Diproduksi di Indonesia Buat Tujuan Ekspor, Honda BR-V 2022 Juga Disiapkan Versi Hybrid 02

Pabrik mobil Honda di Indonesia

Baca Juga: Honda BR-V 2022 Buatan Indonesia Bakal Diekspor Sampai ke Amerika dan Afrika

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tak tanggung-tanggung, sebelumnya Honda menyasar 12 negara tujuan ekspor. Dengan investasi baru, Honda akan mengirimkan pasokan komponen maupun mobil baru hingga 31 negara yang terhitung hingga 2024 nanti. Salah satu model yang dipastikan diekspor dalam jumlah besar adalah Honda BR-V 2022. 

"Kami berencana ekspor all new Honda BR-V ke lebih dari 30 negara, rencananya sekitar 11 ribu unit di tahun pertama dan terus bertahap sesusai kondisi dan permintaan negara tujuan," terang Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM). 

Diproduksi di Indonesia Buat Tujuan Ekspor, Honda BR-V 2022 Juga Disiapkan Versi Hybrid 01

All new Honda BR-V meluncur 21 September 2021.

Investasi besar yang dikucurkan prinsipal Honda juga sebagai modal untuk mengembangkan model baru berbasis elektrifikasi di Indonesia. Tak sepenuhnya listrik murni, melainkan hybrid seperti yang pernah diungkap Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita usai kunjungan kerja ke Jepang.

"Honda komitmen untuk membangun model baru berbasis listrik. Honda berikan komitmen bahwa akan menambah investasi sampai 2024 sekitar Rp5,2 triliun termasuk dalam pengembangan model baru yang dikembangkan di Indonesia," kata Menperin dalam konferensi pers virtual Maret 2021 lalu. 

Diproduksi di Indonesia Buat Tujuan Ekspor, Honda BR-V 2022 Juga Disiapkan Versi Hybrid 02

Honda BR-V 2022 dibangun dari Honda N7X Concept.

Baca Juga: Honda BR-V 2022 Resmi Debut Global di Indonesia, Harga Mulai Rp260 Jutaan

Mobil Hybrid Baru Honda Berbasis BR-V? 

Sayangnya belum disebut model hybrid yang dimaksud. Besar peluangnya adalah Honda BR-V terbaru. Namun Billy mengatakan mobil anyar tersebut saat ini belum diproyeksikan dalam versi hybrid. Ya boleh dibilang, mobil hybrid Honda nantinya bukan dalam bentuk BR-V.

"Jadi untuk kondisi BR-V sekarang tidak ada rencananya diaplikasikan hybrid, jadi ya kami saat ini belum ada rencana sampai ke situ," tambahnya.

Diproduksi di Indonesia Buat Tujuan Ekspor, Honda BR-V 2022 Juga Disiapkan Versi Hybrid 03

Honda BR-V 2022 akan diekspor ke lebih dari 30 negara.

Dari ragam varian Honda BR-V 2022 yang ditawarkan, tak ada opsi hybrid. Paling tinggi adalah tipe Prestige Honda Sensing, dengan kelengkapan fitur keselamatan terbaru. Semua varian BR-V terbaru pakai mesin 1.500 cc DOHC yang juga diaplikasikan pada Honda City Hatchback

HPM tampaknya masih fokus pada strategi mobil konvensional sesuai kebutuhan pasar dalam negeri. Sembari meningkatkan lokalisasi industri otomotif pabrik Honda. 

Diproduksi di Indonesia Buat Tujuan Ekspor, Honda BR-V 2022 Juga Disiapkan Versi Hybrid 04

Saat ini baru Honda Brio yang diekspor dalam bentuk utuh (CBU)

Saat ini ragam model Honda telah memiliki local purchase atau pembelian lokal, termasuk pemenuhan jumlah penggunaan komponen yang berasal dari hasil produksi untuk kegiatan produksi dalam jumlah tinggi.

Berikut ini beberapa mobil Honda yang diproduksi di Indonesia dan punya local purchase di atas 60 persen, berdasarkan Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 839 Tahun 2021: 

  • Honda City Hatchback 70,5 persen
  • Honda CR-V 2.0 62 persen
  • Honda HR-V 1.8 84 persen
  • Honda HR-V 1.5 70 persen
  • Honda CR-V 1.5 62 persen
  • Honda Mobilio 75 persen
  • Honda Brio 78 persen
  • Honda BR-V 76 persen.

Baca Juga: 5 Fakta Toyota Avanza 2022 yang Siap Meluncur Akhir Tahun 2021

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru