Dirakit Secara Lokal, Harga Mercedes-Benz A-Class Sedan Turun 10 Persen dan GLA 200 Nambah Fitur

Yongki Sanjaya · 3 Jun, 2021 15:20

Dirakit Secara Lokal, Harga Mercedes-Benz A-Class Sedan Turun 10 Persen dan GLA 200 Nambah Fitur 01

Sebagai merek premium terkemuka, produk Mercedes-Benz kini tak lagi semahal dulu. Pada peluncuran Mercedes-Benz A-Class Sedan dan GLA 200 yang dilakukan pada Kamis (3/6), pihak Mercedes-Benz Distribution Indonesia mengumumkan harga baru untuk versi rakitan lokal. Baik A-Class Sedan dan GLA 200 AMG Line ini dirakit di Pabrik Wanaherang, Jawa Barat. 

"Hari ini kami di Star Drive 2021 kami memperkenalkan dua kendaraan kompak rakitan lokal dari Mercedes-Benz. Dengan New A-Class Sedan dan New GLA, kami terus melanjutkan komitmen untuk melayani pelanggan kami di Indonesia dengan produk berkualitas tinggi yang dibuat rekan-rekan kami di Indonesia," ucap Choi Duk Jun, President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia saat peluncuran. 

Kedua model ini sebenarnya bukanlah barang baru karena sebelumnya sudah meluncur secara CBU. Untuk A-Class Sedan meluncur pada Oktober 2019 dan GLA 200 di September 2020. Dengan dirakit lokal, harga A-Class Sedan ini turun sekira 10% dari harga awal, menjadi Rp751 juta off the road. 

Di sisi lain, GLA 200 dengan varian AMG Line tidak mengalami penurunan harga yaitu Rp761 juta off the road. Namun demikian, pihak MBDI turut melakukan upgrade pada sisi fitur keselamatan GLA 200 AMG Line dengan pre safe dan beberapa fitur kelengkapan lain. 

Dirakit Secara Lokal, Harga Mercedes-Benz A-Class Sedan Turun 10 Persen dan GLA 200 Nambah Fitur 02

Dengan peluncuran new A-Class Sedan and the new GLA, Mercedes-Benz telah menawarkan portfolio terbesar kendaraan premium rakitan lokal di Indonesia. Beberapa unitnya adalah New A-Class, C-Class, E-Class, dan S-Class di segmen sedan dan juga New GLA, GLC, GLE dan GLS di segmen SUV yang dirakit secara lokal. 

"Kami meluncurkan dua model baru di compact cars yg kami rakit secara lokal di Wanaherang. Total ada delapan model kendaraan yg kami rakit secara lokal, dan kami rasa kami jadi brand premium yg paling banyak yang merakit lokal," tambah Kariyanto Hardjosumarto, Deputy Director Sales Operation & Product Management PT MBDI. 

Spesifikasi Mercedes-Benz A-Class Sedan, Koefisien Aerodinamisnya Cukup Baik

Dirakit Secara Lokal, Harga Mercedes-Benz A-Class Sedan Turun 10 Persen dan GLA 200 Nambah Fitur 03

New A-Class dalam varian A 200 Progressive Line didukung mesin 4-silinder, turbocharged, 120 kW/ 163 hp, 250 Nm dengan transmisi kopling ganda 7G-DCT. 

New A-Class Sedan mengambil keuntungan dari 'buntut' bagasi bagian belakang kendaraan untuk kembali menurunkan hambatan aerodinamis. Bila dibandingkan dengan A-Class Hatchback yang memiliki koefisien Cd = 0,25 maka versi sedan cuma Cd = 0,22. 

Koefisien aerodinamika New A-Class Sedan bahkan menyamai rekor dunia dari CLA Coupé. Area depan seluas 2,19 m² ini lebih kecil dari CLA, sehingga membuat New A-Class Sedan memiliki hambatan aerodinamis terendah, bahkan dari semua kendaraan yang diproduksi di seluruh dunia saat ini. 

Keunggulan aerodinamis merupakan faktor penting dalam konsumsi bahan bakar rendah dalam kondisi berkendara yang sesungguhnya. Menurut klaim Mercedes-Benz, konsumsi bahan bakar kombinasinya berkisar 5,5-5,2 liter/100 km. 

Desain Sporty Ala A-Class Sedan 

Dirakit Secara Lokal, Harga Mercedes-Benz A-Class Sedan Turun 10 Persen dan GLA 200 Nambah Fitur 04

Sedan empat pintu ini memiliki jarak sumbu roda 2.729 milimeter sebagai sedan kompak yang memiliki overhang pendek di bagian depan dan belakang. Bahu kendaraan begitu tegas demi menunjukkan kesan kekar dan sensual. Garis body-nya memanjang tepat di bawah jendela supaya sisi samping lebih macho, dengan kedua kaca spion berada tepat pada beltline.

Kehadiran velg 17 inci dengan 5-twin-spoke dan lengkungan roda yang menonjol membuat penampilan A-Class menjadi lebih sporty di jalan. 

"A Class Sedan di sini ada beda harga beda 8 sampai 10%. Kendaraan ini kami harap bisa lebih baik lagi karena secara spesifikasi kami pertahankan," jelas Radite Erlangga, Departement Manager Product, Pricing & Ordering Management PT MBDI.

Harga Tetap, Fitur Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line Kian Lengkap

Dirakit Secara Lokal, Harga Mercedes-Benz A-Class Sedan Turun 10 Persen dan GLA 200 Nambah Fitur 05

Produk lainnya yang kini telah dirakit lokal ialah GLA 200 AMG Line. Lawan berat BMW X1 ini dikatakan tidak mengalami penurunan harga namun mengalami penambahan fitur.  Selain itu, ada beberapa perbedaan dibandingkan versi CBU yang meluncur sebelumnya. 

Sebut saja ruang kaki di bagian belakang juga jauh lebih luas, meski GLA sekarang lebih pendek satu setengah sentimeter. Kemudian, fitur keselamatannya jauh lebih lengkap dibandingkan versi impor. 

New GLA versi CBU telah memiliki fitur seperti Driving Assistance Systems termasuk Active Brake Assist, Active Parking Assist, Attention Assist. Fitur perdana di New GLA yaitu: Blind Spot Assist dengan fungsi peringatan keluar (exit warning function). Fitur kenyamanan di interior crossover seharga Rp761 juta ini juga turut ditingkatkan, sehingga kian memanjakan penggunanya. 

Tempat duduk dapat disesuaikan secara elektrik dan memiliki fungsi memori. Lalu sistem informasi infotainment telah didukung MBUX (Mercedes-Benz User Experience), dengan layar 10,25 inci yang bisa mengakses Apple CarPlay dan Android Auto. Tak kalah menarik ialah adanya empat opsi mode mengemudi. 

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mercedes-Benz A-Class Sedan A 200

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru