window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Diskon PPnBM Hangus Karena Inden 9 Bulan, Kia Sonet Alternatif Keren Selain Toyota Raize TSS

Yongki Sanjaya · 25 Mei, 2021 16:00

Diskon PPnBM Hangus Karena Inden 9 Bulan, Kia Sonet Alternatif Keren Selain Toyota Raize TSS 01

Sebagai produk pendatang baru, kehadiran Toyota Raize mengundang animo yang sangat besar di kalangan masyarakat. Sebagai buktinya, inden untuk Toyota Raize TSS lamanya hingga sembilan bulan. Artinya, pembeli tidak dapat lagi potongan relaksasi PPnBM bila dapat unitnya tahun depan.

Untuk relaksasi PPnBM dari pemerintah dipersiapkan untuk tahun 2021 ini saja, kebijakannya belum diperluas hingga tahun depan. Dengan begini, serah terima unit Toyota Raize TSS kepada konsumen di tahun depan dibayarkan dengan harga normal.

Diskon PPnBM Hangus Karena Inden 9 Bulan, Kia Sonet Alternatif Keren Selain Toyota Raize TSS 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS sekarang dijual Rp263.700.000 (harga PPnBM 0%). Bila serah terima unitnya tahun depan maka harganya jadi Rp283.800.000 (harga normal). Harganya bakal lebih mahal bila memilih two tone colour, dimana konsumen perlu menambah Rp2.000.000.

Baca juga:

Lupakan Inden Toyota Raize GR Sport TSS Selama 9 Bulan, Masih Banyak Varian Lainnya yang Layak Kalian Pilih!

Sekarang Lebih Baik Beli Daihatsu Rocky Daripada Toyota Raize! Ini Alasannya

Toyota Raize vs Toyota Kijang Innova Bekas 2016 di Harga Rp 200 Jutaan, Pilih yang Mana?

Lantas, adakah alternatif menarik Toyota Raize TSS yang bisa dipilih? Jawabannya banyak, baik itu Raize non TSS ataupun dari merek lain.

Fitur TSS di Toyota Raize, Cuma Gimmick Bagi Pengemudi Expert? 

Diskon PPnBM Hangus Karena Inden 9 Bulan, Kia Sonet Alternatif Keren Selain Toyota Raize TSS 01

Toyota Raize menjadi mobil baru yang fenomenal karena telah dibekali fitur keselamatan aktif TSS. Bila dibandingkan dengan ASA Daihatsu maka TSS punya ragam fitur yang lebih lengkap. 

Raize GR Sport yang didukung Toyota Safety Sense (TSS), antara lain Lane Departure Assist with Steering Control, Pedal Misoperation Control, Pre-collision System, Front Departure Alert, Rear Cross Traffic Alert plus Blind Spot Monitoring dan Adaptive Cruise Control.

Bahkan, jumlah airbag di Raize berjumlah 6 titik. Artinya Raize ini jadi paket komplit yang bahkan lebih lengkap dari Toyota Yaris.

Diskon PPnBM Hangus Karena Inden 9 Bulan, Kia Sonet Alternatif Keren Selain Toyota Raize TSS 02

Bila melihat fitur TSS yang dimiliki oleh Raize maka sangat bermanfaat bagi pengemudi pemula. Fitur seperti lane departure assist dan pedal missoperation control mencegah pengemudi pemula keluar jalur atau salah injak pedal.

Bila kamu adalah seorang driver expert, atau kemampuan mengemudikan mobil sudah terampil dan responsif maka fitur TSS seperti gimmick. Mungkin kamu hanya perlu Adaptive Cruise Control saja supaya kaki kanan bisa rileks ketika cruising di jalan tol.

Diskon PPnBM Hangus Karena Inden 9 Bulan, Kia Sonet Alternatif Keren Selain Toyota Raize TSS 03

Selebihnya, fitur yang tersedia akan jarang terpakai karena kemampuan mengemudi yang bisa lebih awas. Lantas apa alternatifnya?

Toyota Raize GR Sport Non TSS, Harga Murah Penampilan Gagah

Diskon PPnBM Hangus Karena Inden 9 Bulan, Kia Sonet Alternatif Keren Selain Toyota Raize TSS 04

Bila tidak begitu membutuhkan fitur TSS, kamu bisa pilih Toyota Raize tipe GR Sport CVT. Perbedaannya hanyalah ketiadaan Fitur TSS sehingga harga lebih terjangkau. Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT sekarang dijual Rp244.700.000 (harga PPnBM 0%). Bila memperhitungkan harga non PPnBM maka nantinya Toyota Raize GR Sport dijual seharga Rp 263.200.000 (harga normal).

Mahal? Nggak juga, karena kisaran harga Kia Sonet tipe menengahnya juga di angka segitu. Bahkan, Sonet ada pilihan Sonet 7 dengan konfigurasi kursi 7-seater yang tidak dipunyai oleh Raize.

Kia Sonet, Alternatif Toyota Raize Paling Komplit

Diskon PPnBM Hangus Karena Inden 9 Bulan, Kia Sonet Alternatif Keren Selain Toyota Raize TSS 05

Bila melihat harga non PPnBM, ternyata Toyota Raize GR Sport TSS masih lebih murah daripada Kia Sonet Premiere iVT yang dijual Rp289 juta. Jagoan asal negeri ginseng lebih mahal karena secara penampilan maupun fiturnya lebih gaul dan stylish. 

Sonet ditunjang berbagai fitur kenyamanan unggulan, seperti sunroof, ventilated seats, wireless charging, remote engine start, dan audio Bose. Poin menarik ini tentu saja membuat Kia Sonet ini menarik untuk dilirik.

Diskon PPnBM Hangus Karena Inden 9 Bulan, Kia Sonet Alternatif Keren Selain Toyota Raize TSS 06

Kalian yang mencari kesenangan saat berkendara tentu akan lebih terpikat dengan lantunan suara jernih dan dentuman bass khas Bose sambil membuka sunroof menikmati udara segar di pegunungan. Toyota Raize bisa begini?

Lantas cuma itu saja keunggulan Sonet tipe tertinggi? Oh tentu tidak, karena tipikal produk Korea Selatan biasanya sedikit lebih mahal namun punya keunggulan fitur maupun performa yang lebih baik dari merek Jepang. 

Mesin Lebih Besar, Kia Sonet Lebih Fun To Drive?

Diskon PPnBM Hangus Karena Inden 9 Bulan, Kia Sonet Alternatif Keren Selain Toyota Raize TSS 07

Di segmen SUV compact seperti ini, aspek performa menjadi salah satu gimmick menarik yang bisa menggoda calon konsumen. Itulah mengapa Toyota Raize telah dibekali dengan turbo supaya tenaganya lebih baik. 

Tak kehilangan cara, Kia melalui PT Kreta Indo Artha selaku agen pemegang merek menyiapkan Sonet dengan mesin naturally aspirated berkapasitas cukup besar. Mesin 1.0L turbo milik Raize hanya menghasilkan daya 96 hp @6.000 rpm dengan torsi 140 Nm @2.400-4.000 rpm. Bandingkan dengan output Sonet sebesar 113 hp @6.300 rpm dan torsi 144 Nm @4.500 rpm. 

Kalau melihat tenaga dan torsinya maka Sonet lebih menjanjikan bila diajak naik-naik ke Kawasan Puncak. Lebih bertenaga dan torsi besar, tidak khawatir mobil kesulitan dalam menanjak. 

Kia Sonet tipe Premiere juga sudah dilengkapi fitur cruise control. Berbeda dengan Toyota Raize, fitur Cruise Control pada Kia Sonet ini belum menggunakan model adaptive sehingga belum bisa mengikuti laju kecepatan seperti mobil didepannya.

Jadi, masih mau nunggu sampai 9 bulan? 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil