window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Dua City Car Paling Irit, Pilih Honda Brio atau Toyota Agya?

Yongki Sanjaya · 15 Agu, 2020 18:00

Dua City Car Paling Irit, Pilih Honda Brio atau Toyota Agya? 01

Segmen LCGC terus diminati masyarakat karena menyediakan pilihan mobil yang terjangkau dan juga irit. Sesuai rekomendasi pemerintah, mobil LCGC diminta supaya menghasilkan konsumsi bahan bakar minimum 20 km/liter. Ini mendorong tiap pabrikan merancang mobil yang irit dan lincah untuk segmen tersebut.

Di antara sekian banyak model, ada dua yang paling laris yaitu Toyota Agya dan Honda Brio. Kedua model ini banyak dicari karena memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang bagus serta kemudahan perawatan untuk pemakaian sehari-hari. Bila diuji, seberapa irit keduanya berdasarkan standar minimum dari pemerintah?

Bahan bakar menjadi sebuah kebutuhan paling penting untuk kendaraan. Ibaratnya bahan bakar adalah makanan utama mobil yang kita gunakan. Jika dihitung dari sisi biaya kepemilikan, maka BBM menjadi salah satu pos yang cukup menguras isi kantong selain pembiayaan service rutin.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dua City Car Paling Irit, Pilih Honda Brio atau Toyota Agya? 01

Meskipun dilabeli dengan Low Cost Green Car (LCGC), bukan berarti konsumsi bahan bakar padaToyota Agya dan Honda Brio bisa sedemikian irit. Banyak faktor lain yang membuat konsumsi bahan bakar tidak sesuai dengan rekomendasi pemerintah. Misalnya saja kondisi lalu lintas yang sering macet atau mobil yang kita kemudikan secara agresif.

Tentunya, rancangan mesin dan teknologi yang ada didalamnya begitu mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Mesin dituntut bisa memproduksi cukup tenaga dengan konsumsi bensin yang hemat.

Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Honda Brio dan Toyota Agya

Dua City Car Paling Irit, Pilih Honda Brio atau Toyota Agya? 02

Kali ini, kita akan membahas seberapa irit dua LCGC terlaris di Indonesia. Ada Honda Brio di posisi teratas yang kemudian posisi terlaris berikutnya diisi oleh Toyota Agya. Nah, kali ini kita bukan membahas seberapa besar penjualannya tapi kita bahas bagaimana tingkat efisiensi bahan bakar di dua model tersebut.

Honda sejak lama dikenal sebagai pabrikan mobil irit dan bertenaga. Poin inilah yang mungkin saja ikut menjadi faktor pendukung mengapa Honda Brio paling laris di segmen LCGC.

Brio Satya dibekali mesin 4-silinder berteknologi i-VTEC dengan kubikasi 1.200 cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 89 hp/6.000 rpm dan torsi 110 Nm/4.800 rpm. Masuk dalam segmen LCGC, Brio Satya menjadi mobil yang paling irit bahan bakar dibandingkan model lain di segmen itu.

Dua City Car Paling Irit, Pilih Honda Brio atau Toyota Agya? 03

Honda melalui melalui kompetisi bertajuk Battle of Efficiency tahun 2019 ingin membuktikan seberapa irit konsumsi BBM untuk model All New Honda Brio. Dalam adu irit ini, tercatat konsumsi BBM Honda Brio Satya mencapai 30,1 km/liter. Tentu angka tersebut jelas lebih irit dari regulasi untuk mobil LCGC dari pemerintah yakni 20 km/liter.

Untuk pemakaian secara normal, hasil pengetesan oleh media lokal mencatatkan angka antara 16 sampai 22 kilometer per liter dan masih di atas rekomendasi yang diminta pemerintah. Melihat angkanya, konsumsi bahan bakar Honda Brio bahkan mirip seperti sepeda motor bermesin 250 cc. Bedanya, ini adalah sebuah mobil sehingga bisa digunakan mengangkut empat orang.

Kunci dari efisiensi BBM di Honda Brio yaitu menjaga putaran mesin selalu di antara 1.500 sampai 2.000 rpm saat kondisi lalu lintas ramai. Untuk akselerasi awal juga menginjak gas dengan cara diurut, supaya putaran mesin ikut naik secara perlahan.

Hasil Pengujian Konsumsi BBM di Toyota Agya

Dua City Car Paling Irit, Pilih Honda Brio atau Toyota Agya? 04

Dari hasil pengetesan yang pernah dilakukan, Toyota New Agya 1.0 liter dengan mesin 3 Cylinder in-line 12 Valves, DOHC, VVT-i ini mempunyai tingkat konsumsi BBM hingga 22 kilometer per liter.

Pengujian ini dilakukan berdasarkan hasil konsumsi rata-rata dengan kecepatan konstan. Angka ini lebih baik dibandingkan mesin yang tidak menggunakan teknologi VVT-i yang hanya 20,7 kilometer per liter dengan kondisi jalan yang sama.

Sedangkan untuk Toyota New Agya 1.2 liter yang juga mengusung teknologi VVT-i juga mempunyai tingkat konsumsi bahan bakar yang tak kalah baik. Konsumsi BBM pada Toyota New Agya 1.2 liter mencapai 19 kilometer per liter berdasarkan konsumsi rata-rata dengan kecepatan konstan.

Dua City Car Paling Irit, Pilih Honda Brio atau Toyota Agya? 05

Tingkat efisiensi ini juga didukung dengan fitur ECO yang bekerja mengimbangi antara konsumsi bahan bakar dan produksi tenaga yang optimal. Kita cukup melihat logo ECO di dashboard sebagai patokan untuk berkendara yang efisien.

Lantas bagaimana konsumsi bahan bakar di Toyota Agya bila dibandingkan dengan Honda Brio? Berikut ini perbandingan angka dari kedua model tersebut:

Model Konsumsi BBM
Honda Brio (Versi Adu Irit) 30,1 Km/liter
Honda Brio (Versi Normal) 16-22 Km/liter
Toyota Agya 1.2 19 Km/liter
Toyota Agya 1.0 22 Km/liter

Kesimpulan

Dua City Car Paling Irit, Pilih Honda Brio atau Toyota Agya? 06

Sekalipun sama-sama bermesin 1,2 liter, namun ternyata Honda Brio jauh lebih perkasa dibandingkan Toyota Agya. Bahkan, Brio pun masih lebih efisien dibandingkan Agya bermesin 1.0 liter apabila menggunakan metode lomba irit.

Bila memakai metode berkendara secara normal, konsumsi BBM Honda Brio Satya hanya selisih sedikit dibandingkan Agya 1.0, yaitu 21 km/liter banding 22 km/liter. Tetap saja, Brio masih unggul karena kapasitas mesinnya lebih besar.

Dari hasil tadi sudah bisa kita simpulkan bila konsumsi BBM menjadi salah satu faktor utama mengapa Brio lebih laris dari Agya. Memang, jaringan purna jual Toyota lebih banyak dan meluas, tapi Honda kini mulai menyediakan layanan purna jual hingga ke kota-kota kecil.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil