window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Duel MPV Bekas Rp 300 Jutaan, Sang Legenda Toyota Kijang Innova Ditantang Voxy!

Dito · 24 Mar, 2023 20:00

Duel MPV Bekas Rp 300 Jutaan, Sang Legenda Toyota Kijang Innova Ditantang Voxy! 01

Pilihan MPV bekas dengan harga Rp 300 jutaan saat ini pilihan terbanyak adalah Toyota Kijang Innova tahun 2018. Tetapi dengan harga yang mirip, Toyota Voxy dengan segala keunggulannya bisa menjadi penantang serius di bursa mobil bekas.

Sebagai informasi, saat ini Toyota Kijang Innova lansiran tahun 2021 tipe V dengan mesin bensin 2.000 cc harganya berkisar Rp 380 jutaan. Sedangkan Toyota Voxy meski usianya lebih tua, yakni tahun 2017, harganya mirip dengan Kijang Innova. Lantas mana pilihan terbaik diantara dua MPV bekas Rp 300 jutaan ini?

Pilih Sporty Atau Mewah?

Duel MPV Bekas Rp 300 Jutaan, Sang Legenda Toyota Kijang Innova Ditantang Voxy! 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Secara desain, Toyota Kijang Innova generasi keenam ini punya tampilan yang sporty. Terlihat dari garis-garis siluet yang lebih mengotak namun terlihat lebih modern dibandingkan generasi sebelumnya.

Grill lebar dengan bumper yang besar juga menyiratkan aura SUV saat melihat dari depan. Meskipun saat menengok ke samping jelas terlihat panjang dan karakternya masih khas sebuah MPV. Interiornya pun terasa cukup sporty untuk sebuah MPV legenda.

Baca juga : Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid vs Toyota Kijang Innova Venturer Diesel, Pilih Yang Mana?

Duel MPV Bekas Rp 300 Jutaan, Sang Legenda Toyota Kijang Innova Ditantang Voxy! 01

Sementara Toyota Voxy mengedepankan kemewahan sebuah MPV. Pintu geser memberi keleluasaan penumpang belakang untuk keluar-masuk kabin. Desain bodinya yang mengotak memang bukan selera banyak orang namun ini memberi kelebihan di kabinnya.

Bila baris ketiga Toyota Kijang Innova terasa kurang lapang, maka berbeda dengan Voxy. Sebagai MPV boxy ini menjadi keuntungan karena ruang kaki dan kepala hingga baris ketiga masih nyaman meski ditempati oleh orang dewasa. Belum lagi ada sunroof dan panoramic roof kecil di depan yang menguatkan kesan elegan.

Sama 2.000 cc Tapi Beda Performa

Duel MPV Bekas Rp 300 Jutaan, Sang Legenda Toyota Kijang Innova Ditantang Voxy! 02

Beralih ke dapur pacu, kedua MPV Toyota ini sama-sama menggendong mesin berkapasitas 2.000 cc. Tetapi keduanya memakai jenis mesin yang berbeda. Mesin Toyota Kijang Innova memakai mesin berkode 1TR-FE, sedangkan Voxy 3ZR-FAE.

Alhasil performa keduanya juga berbeda. Toyota Kijang Innova mempunyai tenaga maksimum 139 PS dan torsi puncak 183 Nm. Sementara Voxy dengan dimensi lebih besar, juga berdampak pada performanya. Tenaganya mencapai 152 PS dan torsi maksimum 194 Nm. 

Duel MPV Bekas Rp 300 Jutaan, Sang Legenda Toyota Kijang Innova Ditantang Voxy! 03

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis yang juga berbeda. Pada Toyota Kijang Innova masih menggunakan otomatis konvensional 6-percepatan. Sedangkan Toyota Voxy yang fokus pada kemewahan sudah memakai CVT untuk meningkatkan kenyamanan di jalan.

Baca juga : 5 Kekurangan Toyota Kijang Innova Venturer, Varian Mewah Sering Banyak Masalah?

Fitur Tidak Jauh Berbeda

Duel MPV Bekas Rp 300 Jutaan, Sang Legenda Toyota Kijang Innova Ditantang Voxy! 04

Sebagai mobil modern tentu fitur berlimpah jadi kewajiban. Seperti Toyota Kijang Innova yang memiliki head unit layar sentuh berukuran 8 inci. Di dalamnya terdapat fitur mirroring untuk smartphone yang berguna sebagai pemutar musik seperti Spotify atau peta via Google Maps. Sedangkan Toyota Voxy punya ukuran sedikit lebih kecil dengan fitur standar hiburan.

Perihal fitur keselamatan, keduanya sudah mupuni. Toyota Voxy memang lebih unggul dalam hal jumlah airbags sebanyak 7 titik, sedangkan Innova Reborn hanya 3 titik. Selebihnya kedua MPV ini sama-sama punya Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC) hingga Hill Start Assist.

Duel MPV Bekas Rp 300 Jutaan, Sang Legenda Toyota Kijang Innova Ditantang Voxy! 05

Namun untuk fitur kemewahan, masing-masing punya keunggulan. Toyota Voxy punya dua “jendela” atap yakni sunroof dan panoramic roof. Sedangkan Toyota Kijang Innova Reborn memiliki ambient light di bagian atap yang tidak kalah mewah. Tergantung selera dan kebutuhan Anda.

Baca juga : Membandingkan Seluas Apa Kabin Toyota Voxy dan Nissan Serena

Kesimpulan

Keduanya sama-sama mobil keluarga, tapi punya desain yang berbeda. Toyota Kijang Innova Reborn punya nama legenda yang setiap orang bahkan yang awam sama otomotif, kenal dengan produknya. Berbeda dengan Toyota Voxy, desain boxy membuatnya kalah laris mengingat konsumen Indonesia lebih senang mobil berdesain modern dan tidak mengotak.

Duel MPV Bekas Rp 300 Jutaan, Sang Legenda Toyota Kijang Innova Ditantang Voxy! 06

Bila Anda sering membawa jumlah keluarga yang banyak dan rata-rata sudah besar, maka Toyota Voxy jadi pilihan yang tepat. Baris ketiga yang lebih lega untuk penumpang dewasa memberi kenyamanan sepanjang perjalanan. Namun bila di keluarga Anda masih banyak anak kecil, Toyota Kijang Innova bisa jadi pilihan ideal.

Baca juga : Harga Toyota Voxy Bekas 2017 Setara Toyota Veloz CVT TSS 2022, Mending Pilih Mana?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil