Duit Rp200 Jutaan untuk Mobil Keluarga 7-seater, Pilih Toyota Avanza Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas?

Enda · 15 Jul, 2021 09:00

Duit Rp200 Jutaan untuk Mobil Keluarga 7-seater, Pilih Toyota Avanza Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas? 01

Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 G AT 2016 vs Toyota Avanza 1.3 G MT 2021

Bicara mobil keluarga 7-seater di harga Rp200 jutaan produksi PT Toyota Astra Motor, terdapat Toyota Avanza 1.3 G MT yang menurut situs resminya kini dibandrol Rp206,7 juta. Mengetahui Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 G AT dalam kondisi bekas lansiran awal (2016) dari salah satu situs jual beli, mobil ini juga ditawarkan dengan harga yang sepadan.

Baik Avanza maupun Innova sangatlah berbeda meski keduanya merupakan kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV). Seperti yang diketahui, Avanza ini masuk dalam kategori Low MPV, sedangkan Innova berada di segmen Medium MPV. Meski begitu, keduanya sama-sama menawarkan daya tampung hingga 7 penumpang.

Memiliki harga jual yang sama untuk saat ini, Toyota Avanza baru dan Toyota Kijang Innova bekas kerap kali membuat calon pembelinya merasa bingung ketika diharuskan untuk memilih. Agar tidak terus-terusan bimbang saat ingin membeli, sebaiknya ketahui perbandingan keduanya di bawah ini.

Baca juga: Fitur Pada Wuling Victory 2021 Lebih Mengasyikan Dari Toyota New Kijang Innova 2021, Gak Percaya?

Toyota Kijang Innova Reborn Punya Dimensi yang Lebih Besar dari Toyota Avanza 

Duit Rp200 Jutaan untuk Mobil Keluarga 7-seater, Pilih Toyota Avanza Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas? 02

Tampilan samping Toyota Kijang Innova Reborn pertama

Secara dimensi, Toyota Kijang Innova Reborn memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada Toyota Avanza. Dimana secara data di atas kertas, Innova Reborn sendiri mempunyai panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.795 mm.

Mengetahui ukuran dimensi Toyota Avanza, mobil ini memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm.

Memiliki dimensi yang lebih besar dari Avanza, tentunya Kijang Innova Reborn akan terasa sangat nyaman ketika digunakan berpergian ke luar kota bersama keluarga tercinta.

Perbandingan Tampilan Luar Toyota Avanza Vs Toyota Kijang Innova

Duit Rp200 Jutaan untuk Mobil Keluarga 7-seater, Pilih Toyota Avanza Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas? 03

Tampilan depan Toyota Avanza 1.3 G MT 2021

Melihat tampilan luar Toyota Avanza 1.3 G MT, pada bagian wajahnya mobil ini berhasil disematkan lampu utama berteknologi LED yang seolah dibagi menjadi dua bilah. Tepat di bawah lampu utamanya tersebut terdapat lampu senja serta lampu sein yang masih mengandalkan bohlamp.

Avanza pun terlihat luxury dengan tampilan grill utama yang dilapisi krom pada bagian atas serta sisi sampingnya. Bukan cuma itu, di kedua sisi ujung bumpernya juga mendapatkan fog lamp yang sekaligus berfungsi untuk meningkatkan visibilitas pengemudi.

Bergeser ke bagian samping, mobil ini sudah dilengkapi side moulding sebagai tahanan pintu untuk menghindari benturan langsung terhadap suatu objek di luar. Selain itu, pada bagian lingkar rodanya menggunakan velg alloy berukuran 14 inci dengan profil ban 185/70.

Pada bagian spionnya, Avanza 1.3 G MT juga sudah mengadopsi fitur retractable function serta mendapatkan lampu sein diujungnya sebagai sinyal tambahan untuk berbelok.

Beranjak ke bagian buritan, mobil ini berhasil disematkan garnis berlapiskan krom yang membentang dan seolah menghubungkan lampu di kedua sisinya. Untuk meningkatkan keaerodinamisan, Avanza 1.3 G MT juga mendapatkan spoiler serta shark fin antenna diatasnya.

Duit Rp200 Jutaan untuk Mobil Keluarga 7-seater, Pilih Toyota Avanza Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas? 04

Tampilan depan Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 G AT 2016

Sebagai Medium MPV, Toyota Kijang Innova Reborn punya tampilan yang mampu menonjolkan kesan gagah, modern dan juga sporty. Pada bagian depan, Innova G AT ini disematkan lampu halogen dengan multi reflector dengan bentuk tajam.

Ditengahnya terdapat grill besar model trapezoid yang terbadi menjadi dua bilah dengan garis horizontal. Untuk memberikan visibilitas yang baik, di ujung bumpernya terdapat fog lamp yang berhimpitan secara langsung dengan lampu seinnya.

Menilik bagian samping, Toyota Kijang Innova Reborn terlihat sangat sederhana tidak ada tambahan aksen khusus. Pada lingkar rodanya Toyota berhasil menyematkan velg Alloy wheel 2-spoke 205/65R16.

Baca juga: Bukan Cuma Tampang, Ini Perbedaan Toyota Avanza 1.3 G dengan Toyota Avanza 1.3 E

Bergeser ke bagian belakang daripada Innova G AT lansiran 2016 ini, kalian dapat menjumpai Rear License Garnish di bagian tengahnya yang terintegrasi dengan lampu Rear Combination berdesain boomerang yang menampilkan kesan tajam dan dinamis.

Fitur Unggulan Toyota Kijang Innova Reborn Kalah Nyaman dari Toyota Avanza?

Duit Rp200 Jutaan untuk Mobil Keluarga 7-seater, Pilih Toyota Avanza Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas? 05

Dashboard Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 G AT 2016

Bila melihat bagian dalam daripada Toyota Kijang Innova Reborn, mobil ini mampu menyuguhkan aura kenyamanan dan kemewahan yang ditampilkan dari setiap lekukan tampilannya. Pada center cluster, mobil ini berhasil disematkan panel Advanced Entertainment System layar sentuh berukuran 7 inci yang mendukung format USB, AUX, Bluetooth, Voice Command serta SD Card.

Demi memberikan kemudahan pengendara, pada setirnya mobil ini sudah mendapatkan steering switch control yang berfungsi untuk menjalakan beberapa fitur pada mobil ini. Sebagai informasi, setir Toyota Kijang Innova Reborn sudah menganut fitur Tilt dan Telescopic Steering yang memiliki fungsi untuk merubah posisi setir sesuai postur tubuh pengendara.

Namun perlu kalian ketahui, pengaturan AC dari Kijang Innova G AT Reborn pertama ini masih menggunakan knob model putar. Meski begitu, sistem pendingin udaranya ini sudah menganut teknologi kekinian. Dimana setiap barisnya terdapat louver ac yang diletakan di bagian atapnya.

Duit Rp200 Jutaan untuk Mobil Keluarga 7-seater, Pilih Toyota Avanza Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas? 06

Dashboard Toyota Avanza 1.3 G MT 2021

Sebagai tipe paling atas dengan transmisi manual, Toyota Avanza 1.3 G sudah memperoleh NEW Premium Touch Screen Head Unit yang mendukung format DVD, iPod/iPhone Connectivity, USB, Bluetooth dan AUX. Oh iya, pengaturan AC Avanza kini menganut model digital yang mana dilengkapi dengan double blower di baris keduanya.

Sama seperti Innova Reborn, pada lingkar kemudi Avanza 1.3 G berhasil disematkan steering switch control yang berfungsi untuk menjalakan beberapa fitur pada mobil ini. Berbeda dengan Innova Reborn, setirnya ini hanya mengandalkan fitur tilt saja.

Toyota Kijang Innova Reborn Punya Fitur Keselamatan yang Lebih Lengkap Dari Toyota Avanza?

Duit Rp200 Jutaan untuk Mobil Keluarga 7-seater, Pilih Toyota Avanza Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas? 07

Meskipun usia Toyota Kijang Innova Reborn lebih mapan, nyatanya mobil ini memiliki fitur yang lebih lengkap bila dibandingkan Toyota Avanza saat ini. Seperti yang bisa dilihat, Kijang Innova Reborn berhasil diaplikasikan fitur keselamatan berupa Dual SRS Airbags, ISOFIX, Anti-lock Braking System (ABS) Electronic Brakeforce Distribution (EBD) 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam dan Front Passenger Seat belt Warning. Bicara soal fitur keamanannya, mobil ini dilengkapi immobilizer dan alarm.

Mengenai fitur keselamatan, Toyota Avanza 1.3 G MT ini behasil ditanami Dual Airbags, ABS (Anti-Lock Braking System), ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam dan Front Passenger Seat belt Warning.

Sebagai bentuk perlindungan lebih kepada penggunannya, Toyota Avanza mendapat tambahan 2 titik sensor parkir serta kamera parkir. Sedangkan fitur keamanan mobil ini juga sudah memperoleh immobilizer dan alarm.

Jantung Pacu Toyota Kijang Innova Reborn Jauh Lebih Bertenaga Dari Toyota Avanza

Duit Rp200 Jutaan untuk Mobil Keluarga 7-seater, Pilih Toyota Avanza Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas? 08

Mesin Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 G AT

Bicara jantung pacu pada Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 G AT, mobil ini memperoleh mesin bensin yanag mana secara data dipersenjatai dengan mesin berkodekan 1TR-FE 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i 1.998 cc. Mesin ini diketahui mampu merilis tenaga 139 PS @5.600 rpm di angka torsi 183 Nm @4.000 rpm. Untuk transmisi otomatisnya, Kijang Innova Reborn ini menggunakan 6 Speed A/T with Sport Sequential Switchmatic.

Toyota Avanza 1.3 G MT diketahui ditanami jantung pacu yang lebih kecil, yaitu 1.329 cc. Melihat spesifikasinya, mobil ini menggendong mesin berkodekan 1 NR-VE 4-silinder segaris, 16 Valve DOHC Dual VVT-i yang mampu merilis tenaga hingga 96.5 PS @6.000 rpm serta torsi mencapai 120 Nm @4.200 rpm.

Agar mobil bisa berjalan, pada varian ini menggunakan transmisi manual 5-percepatan yang kemudian ditranslasi ke penggerak roda belakangnya.

Kesimpulan

Toyota Kijang Innova Reborn G AT bekas lansiran 2016 kini dibandrol dengan harga yang relatif sama dengan Toyota Avanza G MT 2021. Hal ini yang membuat beberapa konsumen merasa galau ketika diharuskan untuk memilih.

Menurut kami dengan uang Rp200 jutaan Kijang Innova Reborn bekas lebih pantas dipilih dibandingkan Avanza baru. Selain memiliki kenyamanan lebih baik, tenaga lebih besar serta fitur yang lengkap, secra tampilan Innova Reborn ini terlihat lebih gagah dan mewah.

Sebelum memutuskan membeli, kalian harus memperhatikan dan mengecek secara lebih detail Toyota Kijang Innova Reborn lansiran awal ini agar mendapatkan unit yang benar-benar sehat dan siap diajak untuk berpergian.

Baca juga: Harga Bersaing, Pilih Suzuki Ertiga GL MT atau Toyota Avanza G AT?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru