window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Mirip, Ini Alasan Daihatsu Rocky Ungguli Honda Brio RS Urbanite Edition

Enda · 22 Apr, 2022 10:00

New Honda Brio RS Urbanite Edition

Di segmen city car hatchback, PT Honda Prospect Motor baru saja meluncurkan New Honda Brio RS Urbanite Edition. Sebagai lini terbarunya, Brio berpenampilan sporty yang menjangkau pasar anak muda tersebut dibandrol Rp225,9 juta untuk transmisi manual dan Rp235,9 khusus transmisi CVT.

Di kelas yang sedikit berbeda namun sama-sama memiliki konfigurasi 4-seater, Daihatsu Rocky 1.2 X CVT ditawarkan Rp236,2 juta. Punya selisih harga cuma Rp300 ribu, mending pilih New Honda Brio RS Urbanite Edition CVT atau Daihatsu Rocky 1.2 X CVT untuk berkendara sehari-hari?

Baca juga: Jadi yang Paling Mahal, Apa Saja Perbedaan Honda Brio RS Urbanite Edition 2022 dari Versi Lamanya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Penyuka Sport, Honda Brio RS Urbanite Edition Lebih Layak untuk Dipilih

New Honda Brio RS Urbanite Edition

New Honda Brio RS Urbanite Edition tampil sporty

Tidak seperti Daihatsu Rocky yang terlihat kekar dan macho, Brio RS Urbanite Edition memiliki bentuk yang sport. Hal ini dibuktikan dari tersematkannya lips bumper dengan winglet, cover spion yang ditambah lampu sein, side skirt, diffuser dan dua lubang muffler sebagai aksen sport, serta spoiler baru yang lebih besar dan sporty. Tak tertinggal, kini velg berwarna gelap yang terlihat eyes catching guna meningkatkan kesan sport.

Daihatsu Rocky Cocok Digunakan untuk yang Sering Berpergian Keluar Kota

Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky 1.2 X CVT cocok dipakai keluar kota

Masuk dalam kategori crossover perkotaan, Daihatsu Rocky masih terasa nyaman digunakan berpergian keluar kota ketimbang Honda Brio RS Urbanite Edition. Hal tersebut dikarenakan Rocky sendiri memiliki ground clearance yang mencapai 200 mm.

Beda halnya dengan Brio, untuk jarak tinggi permukaan kabin dari tanah hanya 165 mm. Memiliki ground clearance yang rendah, Brio lebih cocok digunakan diperkotaan dengan kontur jalan yang rata. Apabila sering melakukan perjalanan keluar kota terlebih membawa beban yang cukup berat dengan melewati jalan berkontur, bisa dipastikan bagian bawah kendaraan akan sering tersangkut permukaan tanah atau aspal.

Tidak hanya memiliki ground clearance tinggi, Rocky juga mempunyai dimensi yang lebih besar ketimbang Brio. Seperti yang bisa dilihat, SUV tulang punggung Daihatsu ini panjangnya mencapai 4.030 mm, lebar 1.710 mm dan tinggi 1.635 mm.

New Honda Brio RS Urbanite Edition

Dimensi New Honda Brio RS Urbanite Edition lebih kecil dari Daihatsu Rocky 1.2 X CVT

Lantas bagaimana dengan Honda Brio RS Urbanite Edition? Menurut data hatchback perkotaan ini memiliki panjang 3.815 mm, lebar 1.680 mm serta tinggi 1.485 mm.

Punya dimensi yang lebih besar, tentunya Daihatsu Rocky lebih nyaman digunakan. Terlebih mobil ini untuk kapasitas bagasinya mencapai 369 liter dalam kondisi semua kursi belakang ditegakkan.

Dalam kondisi bangku yang ditegakan, untuk kapasitas bagasi Honda Brio sendiri menyiadakan volume 342 liter. Dengan luas bagasi yang lebih kecil 27 liter dari Rocky, tentunya kalian tidak bisa membawa barang dengan jumlah yang banyak.

Adu Fitur Honda Brio RS Urbanite Edition Vs Daihatsu Rocky 1.2 X CVT

New Honda Brio RS Urbanite Edition

New Honda Brio RS Urbanite Editon dilengkapi sistem hiburan layar sentuh 6,2 inci

Sebagai varian teratas Brio saat ini, New Honda Brio RS Urbanite Editon CVT mendapat serangkaian fitur unggulan yang terbilang lengkap, seperti 6.2" Touchscreen Display Audio yang telah didukung oleh USB port, AM/FM Radio, Compatible w/ iPhone & iPod, Compatible w/ RR Cam, CD & DVD Player, AUX-IN, Bluetooth, Hands Free Telephone. Ada juga Audio Steering Switch, Tilt Steering, Power Retractable Door Mirror, seerta Digital A/C.

Bicara fitur keselamatan, sendiri sudah dilengkapi dengan dual front i-SRS airbags, struktur rangka G-CON + ACE, dan sistem pengereman ABS + EBD, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, ISOFIX & Tether dan Alat Pemadam Api Ringan. Pada fitur keamanan, mobil ini juga berhasil disematkan Alarm System, Auto Door Lock by Speed, Immobilizer dan Keyless Entry.

Baca juga: Honda Brio RS Urbanite Edition 2022 Juga Dipoles, Desainnya Lebih Berani

Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky 1.2 X CVT disematkan head unit layar sentuh 7 inci yang mendukung format smartphone connectivity

Mengetahui fitur apa saja yang ada di Daihatsu Rocky 1.2 X CVT, mobil ini telah dibekali sistem informasi berkendara dengan layar MID 7 inch TFT dengan display interaktif yang modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog. Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch dan Interior Illumination.

Pada sistem hiburannya sendiri disematkan head unit touchscreen 7 inci yang support dengan smartphone connectivity. Tak hanya itu, di mobil ini kalian juga bisa menjumpai beragam fitur seperti; audio steering switch control, AC digital, keyfree, start/stop button, alarm dan back sonar.

Dari segi keselamatan berkendaranya Rocky telah disematkan fitur berupa dual front airbag, side impact beam, front disc brake, rear drum brake, ABS, EBD, 3 Point ELR Seatbelt All Seatbelt Warning, 2 titik sensor parkir, kamera parkir, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) serta APAR.

Sama-sama Berkapasitas 1.200 Cc, Siapa yang Paling Bertenaga?

New Honda Brio RS Urbanite Edition

Mesin New Honda Brio RS Urbanite Edition mampu menghasilkan tenaga 90 PS dan torsi 110 Nm

Mengenai jantung pacunya, Honda Brio RS CVT Urbanite Editon dicempungkan mesin 1.199 cc dengan tipe mesin 1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW, PGM-FI yang dapat memeras tenaga 90 PS @6.000 rpm serta tosi maksimal 110 Nm @4.800 rpm. Karena ini merupakan varian termahal Brio, maka Honda mengkawinkannya dengan transmisi jenis CVT with Earth Dreams Technology.

Bicara Daihatsu Rocky 1.2 X CVT, crossover ini menggunakan mesin berkodekan WA-VE 3 silinder dengan 12 katup berteknologi DOHC, Dual VVT-i berkubikasi 1.198 cc yang mampu memeras tenaga 88 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 112 Nm @4.500 rpm. Untuk tingkat percepatannya, varian ini menggunakan transmisi CVT Dual Mode. Teknologi Dual Mode di transmisi CVT Rocky ini mampu menghadirkan pengalaman berkendara yang halus, responsif, sekaligus tetap hemat bahan bakar.

Kesimpulan

Jika kalian lebih sering melakukan kegiatan di kota-kota besar serta menginginkan sebuah mobil city car yang bertenaga serta memiliki tampilan sporty, New Honda Brio RS CVT Urbanite Editon adalah pilihan yang tepat. Namun apabila kalian sering berpergian keluar kota, menginginkan fitur unggulan serta keselamatan lebih lengkap, menjatuhkan hati pada Daihatsu Rocky 1.2 X CVT adalah keputusan yang bijak.

Baca juga: Tampang Mirip dan Mesin Serupa, Ini Alasan Pilih Daihatsu Rocky 1.2L Ketimbang Toyota Raize 1.2L

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil