window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Elon Musk Panik, Pabrikan Otomotif Ramai-Ramai Cabut Iklan dari Twitter

Prasetyo · 14 Nov, 2022 16:03

Elon Musk Panik, Pabrikan Otomotif Ramai-Ramai Cabut Iklan dari Twitter 01

  • Pasca Elon Musk beli Twitter, sejumlah produsen otomotif hentikan iklan di platform tersebut.
  • Pertama dilakukan GM, lantas Stellantis, kemudian VW.
  • Akibatnya pendapatan Twitter langsung jeblok.

Elon Musk diketahui telah mengambil alih kepemilikan Twitter sejak 27 Oktober 2022. Dan pasca peralihan kepemilikan itu, sejumlah produsen mobil ternyata langsung mundur dari media sosial tersebut.

Langkah ini diambil antara lain oleh sebagian besar pabrikan kendaraan asal Amerika Serikat (AS). Termasuk diantaranya General Motors (GM) dan grup Stellantis dan Volkswagen (VW).

Elon Musk

Musk ambil alih Twitter sejak 27 Oktober 2022

Mereka memutuskan tak menggunakan platform Twitter pasca Elon jadi orang nomor satu di perusahaan tersebut. Disebut-sebut Musk cenderung bersikap tidak adil dengan produsen tersebut meskipun mereka sudah membayar untuk pasang iklan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Dikritik Komunitas Tesla Akibat Banyak Masalah di Mobilnya, Elon Musk Malah Nyinyir di Twitter

GM, Stellantis dan VW Stop Iklan di Twitter

Dikutip dari Carscoop, Senin (14/11/2022), adalah GM yang pertama kali menghentikan iklan berbayar mereka di Twitter. Langkah tersebut bahkan tak berlangsung lama setelah akuisisi Musk.

Elon Musk Panik, Pabrikan Otomotif Ramai-Ramai Cabut Iklan dari Twitter 01

General Motors

"Kami melihat Twitter dan memahami arah platform di bawah kepemilikan baru mereka. Seperti bisnis normal dengan perubahan signifikan di platform media, kami telah menghentikan sementara iklan berbayar kami. Interaksi layanan pelanggan kami di Twitter akan berlanjut menggunakan sarana lain," tulis keterangan resmi GM.

Pasca GM stop menggunakan Twitter, Stellantis Group pun mengikutinya. Mereka menangguhkan iklan berbayar untuk mobil-mobil Dodge, Ram, Jeep, Fiat, Peugeot, dan Alfa Romeo.

Elon Musk Panik, Pabrikan Otomotif Ramai-Ramai Cabut Iklan dari Twitter 02

Stellantis

Dan sama seperti GM, Stellantis pun menggunakan metode lain untuk berinteraksi dengan pelanggannya. Lantas disusul Volkswagen (VW) yang juga menangguhkan iklan mereka.

Baca juga: Ditunggu di Indonesia, Tesla Malah Lebih Dulu Merapat ke Thailand

Pendapatan Twitter Langsung Jeblok

Efek dari dicabutnya sejumlah iklan para produsen otomotif termasuk jaringan dealer, pendapatan Twitter pun alami penurunan sangat besar. Dan hal ini juga diakui oleh Musk terhitung ia mengakuisisi media sosial tersebut.

Elon Musk Panik, Pabrikan Otomotif Ramai-Ramai Cabut Iklan dari Twitter 03

Musk akiu pendapatan Twitter menurun drastis

Bahkan menurut pimpinan Tesla itu, USD44 miliar yang ia bayar untuk membeli perusahaan, jauh lebih besar ketimbang pendapatan perusahaan. Karenanya Musk kini merayu para produsen mobil untuk kembali beriklan.

Baca juga: Setelah Ban Serep, Beli Mobil Tesla Tidak Akan Mendapatkan Charger

Elon Musk Rayu Pabrikan Ootmotif untuk Kembali Gunakan Twitter

Ketika memberikan komentar di Twitter Spaces, Musk mengajak para produsen mobil untuk melanjutkan iklan di Twitter. Bahkan ia berjanji untuk memberikan keuntungan yang adil bukan hanya mengedepankan Tesla.

Elon Musk

Berbagai kebijakan baru kini muncul di Twitter

Dirinya pun berharap para petinggi pabrikan otomotif bisa lebih aktif di platform tersebut. "Kami akan berusaha seadil mungkin" kata Musk.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Chevrolet Colorado 2.5 LT Double Cabin 4x4 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil