window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Elon Musk Tawarkan Solusi Unik Buat Atasi Kemacetan Lalu Lintas di Indonesia, Bisa Diterapkan?

Herdi · 16 Nov, 2022 09:09

Elon Musk Tawarkan Solusi Unik Buat Atasi Kemacetan Lalu Lintas di Indonesia, Bisa Diterapkan? 01

  • Elon Musk hadir secara virtual di ajang B20 Summit 2022.
  • Ada The Boring Company yang merupakan solusi mengatasi kemacetan lalu lintas.
  • Gunakan terowongan bawah tanah.

Kemacetan lalu lintas mungkin menjadi masalah yang kerap ditemui di kota-kota besar di dunia. Termasuk pula Indonesia seperti Jakarta yang di jam-jam tertentu macet adalah hal yang selalu dikonsumsi warganya.

Berbagai cara pun dilakukan pemerintah untuk mengurai benang kusut masalah transportasi darat ini. Seperti mengadaan sistem ganjil genap, hingga meningkatka layanan transportasi umum.

kemacetan-jalan-raya

Macet seperti sudah jadi konsumsi sehari-hari masyarakat

Nah dalam acara B20 Summit yang berlangsung pada 14 November 2022, ternyata ada komentar menarik dari Elon Musk. CEO Tesla dan Twitter hadir secara virtual pada acara dengan tajuk Navigating Future Disruption of Global Technological Innovation itu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dalam kesempatan tersebut, ada momen yang cukup menarik untuk dibahas. Yakni ketika Anindya Novyan Bakrie yang ditunjuk sebagai moderator memberikan pertanyaan kepada Musk. Pengusaha Indonesia yang merupakan CEO dan President Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk itu bertanya  perihal salah satu lini bisnis Musk, berupa The Boring Company.

Baca juga: Mau Berhenti, Tesla Model Y Ini Tiba-tiba Malah Berakselerasi dan Terjadi Kecelakaan Mengerikan!

Elon Musk CEO Tesla

Ilustrasi CEO Elon Musk sedang mengisi daya baterai mobil listrik

Pasalnya, The Boring Company merupakan sebuah layanan terowongan bawah tanah buatan Musk. Nah, pria kelahiran Afrika Selatan ini meyakini, bahwa terowongan merupakan solusi untuk mengatasi kemacetan jalan raya. Sebaliknya, taksi terbang dianggap kurang tepat. 

"Karena mobil terbang akan menimbulkan kebisingan, menghasilkan banyak angin, dan ada kemungkinan akan jatuh mengenai kepala Anda," ungkap Elon menjawab pertanyaan tersebut.

Bagi Elon, terowongan bawah tanah bisa menjadi solusi kemacetan, karena minim risiko. Terlebih setiap orang bisa memasuki lapisan sedalam apapun sampai untuk menghindari kemacetan. 

Elon Musk Tawarkan Solusi Unik Buat Atasi Kemacetan Lalu Lintas di Indonesia, Bisa Diterapkan? 02

Tesla Model X memasuki terowonganThe Boring Company

"Ini terdengar sangat simpel, tapi kendaraan listrik di terowongan adalah jawaban untuk kemacetan terburuk di seluruh kota," ucapnya.

Baca juga: Biar Laku, Harga Mobil Tesla di Cina Kena Diskon Besar-besaran

Terowongan Buat Atasi Kemacetan Lalu Lintas ala Elon Musk 

Elon Musk meyakini, jika The Boring Company yang didirikan pada tahun 2016 untuk membangun terowongan komersial mampu mengatasi kemacetan lalu lintas. Terlebih jaringan terowongan tersebut dapat dilintasi kendaraan listrik, seperti Tesla Model X dan Y.

Elon Musk dirikan perusahaan Boring Company

Elon Musk dirikan The Boring Company

Diketahui, Elon telah membuat terowongan yang menghabiskan dana sampai USD675 juta. Terowongan tersebut dibangun di Las Vegas, Amerika Serikat dan sudah beroperasi sejak awal 2021 dan dikenal dengan sebutan Vegas Loop. 

Adapun Stasiun ini diketahui terletak tepat di bawah Resort World Las Vegas, dengan panjang terowongan mencapai 7 kilometer dan terdapat 55 pemberhentian.

Perlu dicatat, untuk memanfaatkan fasilitas terowongan ini, masyarakat bisa menggunakan Tesla Model X dan Y, dimana meski mobil Tesla memiliki teknologi otonom, namun mobil tetap harus dikendalikan oleh manusia.

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Tesla Model X Long Range

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil