window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Facelift Toyota Hilux Meluncur, Ini Dia Sistem Keselamatan yang Ditawarkan

Bent Aulia · 23 Sep, 2020 12:00

Facelift Toyota Hilux Meluncur, Ini Dia Sistem Keselamatan yang Ditawarkan 01

Penyegaran yang diberikan pada facelift Toyota Hilux 2020 memang lebih banyak pada bagian eksteriornya. Dengan harga Toyota Hilux mulai dari Rp241 jutaan untuk varian double cab dan Rp429 jutaan untuk varian double cab, ternyata ini dia kelengkapan fitur keselamatan yang digunakan.

Fitur Keselamatan Aktif

Sebagai mobil yang ditujuakan untuk pengendaraan di jalanan mulus hingga off-road, fitur Toyota Hilux cukup beragam guna memastikan pengalaman berkendara yang lebih baik di berbagai kondisi jalan. Berikut beberapa fitur yang akan menemani sepanjang perjalanan.

1. Anti-lock Braking Sistem

Fitur pengereman ini sering digunakan pada mobil modern yang baru saja diperkenalkan. Sistem Anti-lock Braking System (ABS) akan memberikan kemudahan ketika kendaraan mengerem pada kondisi jalan yang licin untuk mencegah terjadinya selip.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Facelift Toyota Hilux Meluncur, Ini Dia Sistem Keselamatan yang Ditawarkan 01

Sistem yang sudah digunakan pada sebagian besar mobil Toyota terbaru di Indonesia ini akan mencegah terkuncinya roda karena kehilangan traksi. Sensor pada roda mendeteksi ketika ban mulai terkunci, kemudian menerapkan dan melepaskan rem secara otomatis menjaga ban dari selip.

2. Electronic Brakeforce Distribution

Dikenal juga dengan nama Electronic Brakeforce Limitation (EBL), teknologi ini merupakan sistem bantuan pengendaraan yang sejalan dengan sistem pengereman ABS. Sistem EBD akan bertugas menjaga stabilitas kendaraan ketika menghadapi rintangan.

Facelift Toyota Hilux Meluncur, Ini Dia Sistem Keselamatan yang Ditawarkan 02

Teknologi ini secara otomatis memvariasikan besarnya gaya yang diterapkan pada setiap roda kendaraan, berdasarkan kondisi jalan, kecepatan, beban, dan berbagai faktor lainnya. Sistem EBD akan memaksimalkan tenaga pengereman sambil mempertahankan kontrol kendaraan.

Sayangnya ada fitur tambahan yang sering digunakan untuk melengkapi sistem pengereman ABS dan EBD, yaitu Brake Assist masih belum ditemukan pada mobil ini. Padahal sistem pelengkap ini sangat berguna untuk membantu mobil ketika terjadi pengereman mendadak.

3. Vehicle Stability Control

Pada dasarkan, teknologi Vehicle Stability Control berfungsi untuk menjaga mobil tetap stabil ketika berkendara atau bermanuver di tikungan. Namun secara garis besar, fitur ini juga berpengaruh pada pengemudian dan mampu memberikan kenyamanan ketika berkendara.

Facelift Toyota Hilux Meluncur, Ini Dia Sistem Keselamatan yang Ditawarkan 03

Fitur kontrol stabilitas akan bekerja untuk membantu meningkatkan traksi dan kontrol kendaraan dengan mengurangi tenaga yang disalurkan pada roda. Sistem secara otomatis memberikan tekanan pada tiga roda untuk menjaga kendaraan tetap mengarah pada roda dan menghindari terjadinya selip.

4. Trailer Sway Control

Tak sedikit yang membawa Toyota Hilux terbaru dengan bobot yang berat atau berkendara di jalanan yang ekstrem, contohnya ketika dibawa off-road. Karena itu, Toyota memberikan fitur Trailer Sway Control guna memberikan kenyamanan di jalanan.

Facelift Toyota Hilux Meluncur, Ini Dia Sistem Keselamatan yang Ditawarkan 04

Fitur ini berguna untuk menjaga mobil agar bisa dikendalikan ketika dihantam oleh angin pada sisi samping kendaraan. Teknologi yang sangat bermanfaat ketika mobil menarik beban di belakang untuk menjaga mobil dan trailer tergelincir atau kehilangan kontrol.

5. Hill Assist Control

Facelift Toyota Hilux Meluncur, Ini Dia Sistem Keselamatan yang Ditawarkan 05

Dengan performa tinggi dan kemungkinan berkendara di jalanan off-road yang terjal, Toyota Hilux double cab dilengkapi dengan sistem Hill Assist Control. Seperti namanya, sistem ini akan membantu mencegah kendaraan meluncur ke bawah ketika sedang berhenti di jalanan yang terjal pada saat mendaki.

Fitur Keselamatan Pasif

Senada dengan kehadiran fitur dan teknologi baru dalam hal keselamatan aktif, Toyota juga menawarkan berbagai fitur keselamatan pasif Toyota Hilux. Beberapa fitur yang bisa diberikan kali ini yaitu,

1. 6 Airbag

Kelengkapan paling krusial dari sistem keselamatan mobil pick up Toyota Hilux terlihat dari 6 airbag yang ditanamkan pada sekujur kabin mobil. Mulai dari airbag untuk pengemudi dan penumpang di depan, ditambah airbag pada lutut pengemudi di dapan.

Facelift Toyota Hilux Meluncur, Ini Dia Sistem Keselamatan yang Ditawarkan 06

Kelengkapan lainnya juga bisa dirasakan dengan kehadiran airbag pada sisi samping dan curtain shied airbag. Memberikan perlindungan bagi pengemudi dan penumpang ketika mendapatkan benturan dari sisi samping atau ketika mobil terbalik.

2. Emergency Brake Signal

Salah satu fitur keselamatan yang mungkin tak terlalu disadari kegunaannya. Padahal fitur ini sangat membantu ketika berkendara di jalanan dengan kondisi stop-and-go maupun ketika berkendara di jalan tol dengan kecepatan yang stabil maupun cepat.

Facelift Toyota Hilux Meluncur, Ini Dia Sistem Keselamatan yang Ditawarkan 07

Fitur ini akan membantu pengemudi yang berkendara di belakang mobil Toyota Hilux ketika pengemudi sedang mengerem secara tiba-tiba. EBS akan memperingatkan pengemudi di belakang untuk menjaga jarak aman untuk mengurangi resiko terjadinya tabrakan.

Mobil pick up Toyota Hilux tersedia dalam 6 varian. Secara keseluruhan, harga Toyota Hilux 2020 berkisar dari Rp 259 juta hingga Rp 486 jutaan. Adapun mobil pick up Hilux ini terdiri dari single cabin dan double cabin yang masing-masing berjumlah 3 varian. Harga Hilux double cabin berkisar Rp 427 juta hingga Rp 486 jutaan. Ya, inilah dia harga mobil hilux pick up Indonesia.

Kesimpulan

Peningkatan yang diberikan pada mobil pick up Toyota Hilux 2020 menawarkan tampilan baru. Sedangkan dalam hal teknologi maupun sistem keselamatan yang ditawarkan tak begitu banyak perubahan. Tapi sebagai mobil pikap pembawa barang dan penumpang, sistem keselamatannya masih baik dan sangat membantu pengendaraan.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Hilux 2.0 L M/T Bensin

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil