window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Facelift Toyota Innova Terkuak, Simak Lagi Legenda MPV Legendaris Toyota Ini

Bent Aulia · 15 Okt, 2020 10:30

Facelift Toyota Innova Terkuak, Simak Lagi Legenda MPV Legendaris Toyota Ini 01

Dengan kabar facelift Toyota Innova sedang dipersiapkan, apakah model MPV legendaris ini akan kembali merajai segmen MPV Tanah Air? Tak berlebihan, tapi mengingat harga Innova 2020 saat ini dimulai dari Rp326 jutaan, popularitasnya tergerus oleh Toyota Avanza. Namun sejarah Toyota Innova mengungkapkan bagaimana Innova menjadi MPV nyaman dan bandel dengan berbagai promo dari PT Toyota Astra Motor maupun Auto 2000.

Dari keluarga Toyota Kijang

Tak lengkap rasanya memperkenalkan Toyota Innova sebelum membawa salah satu MPV legendaris Toyota ini. Pasalnya Innova merupakan keturunan langsung dari Toyota Kijang. Nama resminya sendiri adalah Toyota Kijang Innova yang menjadi generasi keenam dari Toyota Kijang.

Toyota Kijang Buaya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dikenal dengan nama Kijang Buaya, mobil ini pertama kali diperkenalkan pada 9 Juni 1977 dalam bentuk pick up. Baru setahun kemudian masyarakat Indonesia menerima mobil ini sebagai model pengantar keluarga. Terungkap dari sejumlah karoseri yang membuat bodi minibus bagi Kijang.

Ciri khas generasi pertama yang paling diingat adalah pintu yang tak disertai oleh jendela. Kehadiran bonnet atau kap mesin menjadi daya tarik tersendiri bagi Kijang. Generasi pertama menggunakan mesin dari Toyota Corolla, yaitu 3K 1.2L yang terkenal bandel.

Generasi kedua meluncur September 1981 dengan tampilan yang lebih mulus. Menggunakan mesin dengan versi 5K 1.5L untuk memberikan performa yang lebih baik. Dikenal juga dengan nama Kijang Doyok, Kijang mendapatkan ubahan pada grille dan bumper pada tahun 1984.

Toyota Kijang Super

Kijang Super yang menjadi generasi ketiga diperkenalkan pada tahun 1986. Terobosan baru diperkenalkan melalui teknologi baru Toyota yang mampu mengurangi hingga 2 sampai 5 kilogram. Berubah menjadi kendaraan keluarga, Kijang mendapatkan versi sasis pendek (KF40) dan panjang (KF50).

Kijang Grand Extra dengan teknologi Toyota Original Body dikenal memiliki kualitas bodi seperti debut pertama pada tahun 1995. Tiga tahun kemudian, Kijang mendapatkan peningkatan mesin menjadi 7K 1.8L dengan grille yang dibuat lebih tegak.

Kemunculan Kijang Kapsul pada tahun 1997 membuat popularitas Kijang sebagai mobil keluarga semakin ramai digunakan. Baru pada generasi ini mesin diesel dan transmisi otomatis diperkenalkan. Kijang EFI lalu hadir melalui penyegaran lampu, bumper, dan dashboard pada tahun 2000 dengan mesin berteknologi fuel injection.

Toyota Kijang Kapsul

Perubahan terakhir dari Kijang Kapsul hadir pada tahun 2002. Kala itu, terdapat perubahan grille, lampu depan, serta lampu belakang dengan aksen garnish. Penjualannya semakin tinggi, namun menjadi akhir nama Toyota Kijang di Indonesia.

Awal nama Toyota Innova

Toyota memberikan penyegaran yang lebih modern bagi Kijang. Untuk itu, Toyota Astra Motor memperkenalkan nama Toyota Kijang Innova, atau dikenal juga dengan nama Toyota Innova pada tahun 2004. Masih menggunakan basis Kijang, Innova dibuat lebih mewah dibandingkan pendahulunya.

Berbagai perubahan yang diberikan membuat Innova terasa setingkat lebih premium. Sedangkan untuk MPV yang lebih terjangkau sebagai pengganti Toyota Kijang, Toyota memperkenalkan Toyota Avanza di tahun yang sama.

Toyota Innova generasi pertama

Pengembangan Innova merupakan bagian dari proyek global IMV (Innovative International Multi-Vehicle) bersama dengan Toyota Hilux dan Toyota Fortuner. Sesuai dengan nama Innova yang diambil dari bahasa Inggris ‘Innovation”

Pembaruan Innova diesel dan bensin

Pada awal tahun 2007, mesin yang digunakan pada Toyota Innova diesel dan bensin mendapatkan peningkatan untuk memenuhi persyaratan bagi standar emisi Euro 2 yang digunakan di Indonesia kala itu. Diantaranya pengantin converter catalytic dan sistem injeksi dengan sistem closed loop.

Sedangkan dari segi eksterior, peningkatan kali ini terlihat dari grille bergaya ‘jala’ pada bagian depan. Perubahan teknologi Innova E menerima sistem AC Double Blower yang memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang di belakang. Sedang trim G mendapatkan head unit 2DIN.

Toyota Innova diesel

Facelift Innova pertama kali meluncur di Indonesia pada 26 Agustus 2008. Menampilkan bumper depan dan belakang, grille depan, dan lampu belakang yang didesain ulang, Trim V mendapatkan velg baru, sedangkan velg yang digunakan pada model V pra-facelift dipasang pada Innova tipe G.

Model baru ini juga dilengkapi kontrol iklim otomatis, side door impact beams, begitu juga dengan penambahan sistem parking sensor dan in-dash CD changer. Versi facelift memasukkan Innova E yang menggunakan berbagai komponen serta kelengkapan dari G sebelum facelift.

Sedangkan facelift kedua Innova meluncur pada 22 Juli 2011 dengan nama Grand New Kijang Innova. Menampilkan lampu depan yang didesain ulang, serta pembaharuan pada grille, kap mesin, bumper, dan lampu belakang.

Perubahan juga diterima oleh interior Toyota Innova dengan desain setir baru, knop AC untuk varian selain Innova V, dan penampilan yang lebih modern dari dashboard. Trim V mendapatkan velg baru, sedangkan velg sebelumnya digunakan pada trim Innova V facelift dipasang pada trim E dan G.

facelift Toyota Innova

Dengan segudang kelengkapannya, Toyota Astra meluncurkan facelift ketiga Innova yang dikenal dengan nama New Kijang Innova pada 19 Agustus 2013. Peningkatan tampilan bisa terlihat dari grille yang lebih besar, revisi bumper, serta hiasan baru yang lebih eksklusif untuk trim E, G, dan V.

Setahun setelahnya, Innova diperbaharui lagi dengan velg yang didesain ulang, eksklusif bagi Innova G, V, dan versi Luxury. Trim model V facelift dipasang pada Innova E. Semua model yang mulai dipasarkan pada tahun 2015 ini mendapatkan opsi warna Silver Metallic baru yang lebih gelap.

Selain cover lampu kabut baru, Innova bahkan mendapatkan pembaruan dalam hal teknologi yang digunakan. Sistem keamanan menjadi lebih baik dengan keberadaan dual SRS Airbag, sabuk pengaman dengan pretensioner dan force limiter.

Generasi kedua

Diberi nama Toyota Innova Reborn, perubahan kali ini menghadirkan revisi yang lebih signifikan dibandingkan tiga facelift yang diberikan sebelumnya. Menjadikan model yang lebih modern dengan tetap mempertahankan kesan premium dan mesin yang bandel milik Toyota.

Didesain sendiri oleh Executive Chief Designer Hiroki Nakajima, pengembangan Innova terbaru menanggal beberapa fitur signifikan pada model terdahulunya. Tak lagi menawarkan tampilan membulat di depan, strukturnya dibuat lebih padat dan maskulin.

Toyota Innova dari Auto 2000

Dimensi mobil ini masih tetap bongsor untuk mengangkut lebih banyak penumpang dengan lapang. Walaupun hal ini masih menjadi masalah bagi pengemudi Innova hingga saat ini: bodyroll yang cukup terasa, meskipun tak separah yang dirasakan pada Avanza.

Innova dibuat lebih modern dan terlihat lebih ramping dengan pembaruan pada desain yang digunakan. Masih ada dua pilihan mesin, versi diesel dan bensin. Namun yang menarik adalah Innova diesel yang sudah mendapatkan peningkatan teknologi mesin, dari seri KD ke GD, sebagaimana yang digunakan oleh Hilux dan Fortuner.

Mesin Innova diesel berkode 2GD-FTV memiliki kapasitas 2.4T yang sudah mendapatkan teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) lengkap dengan intercooler. Membawa tenaga maksimal 149 PS dan torsi 342 Nm untuk transmisi 5-percepatan manual dan 360 Nm untuk transmisi 6-percepatan otomatis.

Sedangkan Innova versi bensin masih setia dengan penggunaan mesin 1TR-FE Dual VVT-i dengan kapasitas 2.0L serta keluaran tenaga 139 PS dan torsi 183 Nm. Memang tak terlalu bertenaga dibandingkan versi diesel, tapi dibanderol dengan harga yang lebih murah.

interior Innova dari Toyota Astra

Innova dipasarkan dengan tiga varian saja, yatu G, V, dan Q. Sedangkan dua tipe yang sebelumnya menjadi varian terbawah, yaitu J dan E, tak lagi dipasarkan. Dengan dua pilihan mesin dan transmisi, totalnya ada 12 versi varian yang dipasarkan.

Varian tertinggi sudah mendapatkan pilihan mesin bensin dan diesel serta interior yang dilapisi bahan kulit dengan aksen kayu pada beberapa bagian. Fitur yang ditawarkan termasuk jok model captain seat, hingga layar monitor dan meja bagi penumpang di baris kedua.

Perkenalan Toyota Innova Venturer

2 tahun setelahnya, model tertinggi Innova diperkenalkan dengan nama New Venturer. MPV versi termewah ini menawarkan berbagai peningkatan dibandingkan Innova standar. Innova Venturer dipasarkan sebagai pilihan MPV medium dengan nuansa lebih mewah.

Toyota Innova Venturer

Venturer menggantikan varian tipe Q yang menjadi entry tertinggi. Menggunakan aksesoris layaknya SUV berupa ornament chrome dan bodi kit hitam, Venturer mendapatkan velg berukuran 17 inci dengan tampilan yang sama dengan trim Q.

Fitur keselamatan aktif seperti Hill Assist Control (HAC) dan Vehicle Stability Control (VSC) menemani pengemudi di dalam kabin. Selain dual airbag dna knee airbag, sistem hiburannya termasuk Multi Information Display model TT, auto C, smart entry dan Illumination LED pada plafon.

Tak hanya sendirian, namun Innova Venturer memiliki empat pilihan varian yang ditawarkan bagi konsumen Tanah Air. Dengan mesin bensin 2.0L bertransmisi otomatis dan manual, Venturer juga ditawarkan dengan mesin diesel bertransmisi otomatis dan manual pula.

Facelift Toyota Innova terbaru

Beberapa media di Indonesia mengungkapkan hasil rendering non-official yang menampilkan desain terbaru dari Innova. Bahkan pihak Toyota seakan mengkonfirmasi adanya perubahan yang ditawarkan. Meski tak terlalu besar, namun memberikan penyegaran yang dinanti-nanti.

Ubahannya terlihat dari lampu depan yang seakan terpisah dari grille seperti pada model pre-facelift. Ada dua tipe foglamp, halogen dan LED. Yang paling berbeda adalah grille dan bumper depan dilengkapi lampu kabut yang dibuat lebih kecil.

facelift Toyota Innova 2020

Di samping, ada perbedaan dari desain velg two tone yang baru. Guratan samping masih tetap sama dengan garis bahu menghubungkan pilar C dan D. Sedangkan tampilan belakang terlihat adem ayem tanpa perubahan yang signifikan layaknya tampang depannya.

Selain facelift, kabar terbaru juga menyebutkan bahwa generasi terbaru All New Kjang Innova dengan basis Toyota New Global Architecture (TNGA) siap diperkenalkan pada akhir 2022. Namun masih belum ada kejelasan lebih lanjut tentang detail dari pihak Toyota Astra maupun Auto 2000.

Harga Innova 2020

Hingga saat ini, Toyota Innova masih menjadi andalan Toyota di Indonesia. Ada berbagai pilihan harga Innova 2020, tergantung tipe dan mesin yang dipilih. Innova tipe G dibanderol mulai dari Rp326 jutaan, Innova V dihargai Rp375 jutaan, dan Innova Q Rp407 jutaan. Varian tertinggi Innova diesel tipe 2.4 V senilai Rp428 jutaan.

perbandingan harga Innova 2020

Sedangkan Innova Venturer yang menjadi model tertinggi juga membuat konsumen menguras kocek lebih dalam. Venturer Q Basic dihargai mulai dari Rp423 jutaan. Sedangkan Innova Venturer versi diesel mulai dari Rp461 jutaan. Harga ini senada dengan yang ditawarkan oleh Auto 2000.

Kesimpulan

Dengan banyaknya pesaing baru bermunculan, kehadiran Innova masih menjadi salah satu model MPV paling dicari karena ketangguhannya. Berbagai promo Toyota Innova terbaru bisa didapatkan oleh Toyota Astra dan Auto 2000 untuk menarik konsumen Tanah Air. Harga Innova 2020 memang masih tinggi, tapi ada banyak diskon dan program menarik bagi konsumen di akhir tahun.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil