window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

FAQ: 5 Fakta Menarik yang Perlu Diketahui dari Toyota Rush

Yongki Sanjaya · 10 Okt, 2020 18:00

FAQ: 5 Fakta Menarik yang Perlu Diketahui dari Toyota Rush 01

Toyota Rush menjadi sebuah model SUV yang dibuat secara khusus dengan mempertimbangkan perkembangan pasar di Indonesia. Sebagai low SUV yang sangat diperhitungkan, Rush masih menjadi penguasa di kelasnya.

Toyota Rush di Indonesia memiliki total 4 varian. Harga Toyota Rush di Indonesia terbaru berkisar dari Rp 255 juta hingga Rp 275 jutaan. Toyota Rush ini hadir dalam dua varian, yakni G dan TRD Sportivo, masing-masing hadir dalam transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Rush yang saat ini dijual di pasaran merupakan generasi kedua. Jika dibandingkan dengan generasi pertama, Toyota Rush Indonesia model baru ini mengalami lompatan kemajuan yang cukup jauh.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Karakter sporty yang ditonjolkan pada Toyota New Rush ini lebih baik ketimbang generasi sebelumnya. Terlebih dengan hilangnya ban serep di bagian pintu bagasi membuat dimensi kabin semakin lega.

Desain Baru Ala SUV Kekinian

FAQ: 5 Fakta Menarik yang Perlu Diketahui dari Toyota Rush 01

Dalam hal postur keseluruhan, Toyota Rush memang terlihat lebih seperti MPV. Sangat mudah melihat kemiripannya dengan Toyota Avanza, tetapi syukurlah dengan ukuran besar dan elemen desainnya yang jantan, ia terlihat tangguh.

Pada bagian depan, Rush menampilkan gril depan multi-slat, lampu depan LED yang sipit dan housing lampu kabut besar. Tampilan sporty dengan roda 16 inci dan body cladding membuat SUV ini terlihat kokoh dan tangguh. Pada bagian belakangnya terdapat lampu belakang LED, serta seperti bagian depannya, ada cladding hitam dan sebuah skid plate. Kini pintu belakang tak ada lagi ban serep yang dipindah ke kolong.

Tentu saja terasa aneh melihat Toyota New Rush tanpa ban serep model konde yang sudah jadi identitas di generasi pertama. Namun, kini desain belakangnya kini jadi lebih modern dengan model stoplamp horisontal. Kesan baby Fortuner jadi semakin kuat, sekalipun dari sisi kemewahan masih kalah jauh. 

Tata Ruang Interior yang Menyenangkan, Lega Seperti MPV

FAQ: 5 Fakta Menarik yang Perlu Diketahui dari Toyota Rush 02

Toyota Rush menghadirkan tata ruang yang bersih dan fungsional. Tidak seperti mobil-mobil terbaru Toyota lainnya, tata ruang kabin Rush lebih simpel dengan sistem infotainment layar sentuh yang menarik perhatian. Untuk kenyamanan pengemudi, tersedia setir tilt steering, serta sebuah speedometer analog dan rev counter. 

Rush, dijuluki “Baby Fortuner’, memiliki interior berwarna hitam yang kontras dengan trim warna beige muda pada dasbor dan pintunya. Mirip seperti Yaris, Rush juga memberikan jahitan palsu pada trim plastik untuk membuatnya terlihat seperti pelapis kulit. Akan tetapi, Rush hanya menawarkan kain pelapis bahan fabric.

Kursi baris kedua Toyota New Rush bisa disesuaikan dengan menggesernya maju dan mundur. Akses ke baris ketiga juga semakin mudah karena senderan kursi baris kedua dapat dilipat ke depan. Baris belakang ini sayangnya cuma cocok untuk anak-anak karena ruang kaki tidak terlalu luas, bahkan masih sempit untuk orang dewasa bertubuh pendek.

Mesin Kecil yang Irit dan Responsif

FAQ: 5 Fakta Menarik yang Perlu Diketahui dari Toyota Rush 03

Seperti diketahui, kondisi lalu lintas Kota Jakarta, memiliki traffic yang cukup semrawut ketika jam-jam tertentu. Dengan begitu, konsumen membutuhkan karakter mobil SUV yang tangguh dan memiliki banyak keunggulan, bukan hanya untuk menerobos kemacetan, tetapi untuk menerobos banjir yang begitu identik dengan Kota Jakarta, tidak perlu khawatir lagi.

Dapur pacu yang dibekali Toyota pada Rush generasi kedua ini memang mirip seperti milik Avanza, berkode 2NR-VE dengan kubikasi 1.500 cc. Tidak besar tapi sudah cukup untuk mendukung mobilitas sehari-hari. 

Karakter mesin 2NR-VE memang menjadi andalan Toyota Rush terbaru, tenaga 103 ps dan torsi sebesar 136 Nm bisa begitu diandalkan untuk berkendara sehari-hari. Pasalnya, bermodalkan besaran torsi tersebut, tenaga yang dihasilkan senantiasa terisi ketika pedal gas ditekan dalam-dalam. 

Setia Memakai Penggerak Roda Belakang dan Metik Konvensional

FAQ: 5 Fakta Menarik yang Perlu Diketahui dari Toyota Rush 04

Toyota Rush terbaru masih mempertahankan penggerak belakang alias rear wheel drive (RWD). Secara teori memang mobil RWD menjanjikan pengendalian yang lebih bagus, terlebih saat dibawa dalam jalan menanjak ataupun permukaan yang tidak rata. Hal ini pun seolah menegaskan Toyota New Rush sebagai SUV sejati.

Padahal, sekarang ini kebanyakan SUV ataupun crossover memakai penggerak roda depan. Bicara soal kemampuan off road, maka penggerak roda belakang lebih mampu melewati tanjakan yang cukup terjal. Gaya dorong lebih kuat ketimbang gaya tarik sebagaimana yang ada di penggerak roda depan.

Penggunaan penyalur daya jenis continuously variable transmission (CVT) cukup jadi sorotan di kelas Low SUV. Ini karena cara kerja CVT menjanjikan kehalusan berkendara yang tidak bisa didapat dengan transmisi otomatik konvensional seperti milik Toyota New Rush.

Fitur Keselamatan Toyota Rush Lengkap 

FAQ: 5 Fakta Menarik yang Perlu Diketahui dari Toyota Rush 05

Keselamatan merupakan aspek terkuat dari Toyota Rush. Mobil ini mendapat peringkat bintang 5 dari ASEAN NCAP untuk uji coba kecelakaan. 

Bukan cuma memberi rem berteknologi ABS plus EBD dan emergency brake signal, pada kabin Toyota Rush terbaru juga sudah ada kantung udara berjumlah sampai enam titik. Ada pula vehicle stability Control (VSC) dan hill start assist (HSA) yang otomatis membuat Rush cukup lengkap dari sisi safety di kelasnya.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Rush 1.5 TRD Sportivo MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil