FAQ: Fakta Menarik Mengenai Toyota Avanza 2022, Berikut Informasi Pentingnya

Enda · 24 Nov, 2021 14:00

All New Avanza

Toyota Avanza 2022

Selain Veloz, PT Toyota Astra Motor (TAM) turut memperkenalkan Toyota Avanza 2022 yang diketahui merupakan generasi ketiganya. Sebagai Low MPV keluarga 7-seater, All New Avanza mengalami perubahan 180 derajat dalam hal desain, teknologi, serta platformnya.

Masih dianggap value for money, Avanza 2022 kini ditawarkan mulai dari Rp206,2 juta hingga Rp264,4 juta. Namun sebelum kalian tertarik untuk membelinya, ketahui lebih dulu hal menarik seputar All New Avanza yang diluncurkan sehari sebelum pagelaran GIIAS 2021.

Baca juga: 7 Fitur Andalan di Toyota Avanza 2022 yang Bikin Lebih Memikat Ketimbang Toyota Rush

1. Toyota Avanza 2022 Apakah Masih Buatan Daihatsu?

All New Avanza

Sama seperti Daihatsu Xenia 2022, Toyota Avanza 2022 juga diproduksi di Daihatsu Sunter Plant

Tak seperti varian teratasnya (Veloz) yang dibuat di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), bersamaan dengan All New Xenia, All New Avanza juga diproduksi di pabrik Daihatsu Sunter Plant.

2. Apa yang Membuat Toyota Avanza 2022 Terlihat Begitu Menarik?

All New Avanza

Toyota Avanza 2022 disematkan lampu LED dengan penampilan modern

Toyota Avanza 2022 terlihat lebih atraktif sekaligus eyes catching berkat disematkan lampu LED dengan penampilan modern. Selain itu, velgnya terkesan semakin atraktif berkat desain baru serta dimensinya kini yang diperlebar. Di bagian belakangnya, mobil ini tersematkan New Fascinating LED Rear Combination with Backdoor Lamp yang membuat mobil ini tampil lebih modern dan lebar.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, pada tampilan instrumen panel nya Avanza terbaru didesain untuk memberikan keleluasaan jarak pandang dalam berkendara. Di sisi lain, mobil ini juga memiliki kabin dan bagasi yang luas, dimana tiga baris kursi fleksibel bisa disesuaikan menjadi "sofa mode" untuk memaksimalkan posisi istirahat penumpang ketika dalam perjalanan jauh.

3. Toyota Avanza 2022 Pakai Platform Baru Apakah Jadi Lebih Nyaman?

All New Avanza

Toyota Avanza 2022 memakai platform DNGA

Sama seperti Xenia dan Veloz, Toyota Avanza 2022 dibangun menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Teknologi DNGA ini dikembangkan dengan konsep: kualitas tinggi dengan harga terjangkau, teknologi terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.

Disisi lain, teknologi DNGA juga mampu menghasilkan sebuah kendaraan yang nyaman dan aman ketika dikendarai. Menggunakan struktur Front Engine – Front Wheel Drive (FF) dengan New Developed Suspension mengoptimalkan geometri suspensi depan maupun belakang serta karakteristik kecepatan spring rate dan damper yang memiliki tingkat kenyamanan lebih tinggi.

4. Ada Berapa Pilihan Mesin di Toyota Avanza 2022?

All New Avanza

Toyota Avanza 2022 ditawarkan dengan dua pilihan mesin 1.3L dan 1.5L

Toyota menawarkan All New Avanza dengan dua pilihan mesin, yaitu 1.3L dan 1.5L. Khusus mesin 1.3L hadir pada varian terendahnya (E) dengan kode 1NR-VE 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.329 cc yang mampu memeras tenaga hingga 97.9 PS @6.000 rpm serta torsi 121 Nm @4.200 rpm.

Sedangkan varian 1.5L dengan mesin 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i diketahui dapat melecutkan tenaga sebesar 106 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 137 Nm @4.200 rpm.

Sebagai informasi, mesin yang digunakan All New Avanza ini masih sama seperti generasi sebelumnya. Hanya saja peletakan strukturnya kini menjadi melintang (tranverse).

Baca juga: Video: Komparasi LMPV Jepang Terbaru, Avanza vs Veloz vs Xenia vs Xpander vs Ertiga. Siapa Paling Lega dan Banyak Fitur?

5. Selain Manual, Toyota Avanza 2022 Mendapat Transmisi CVT?

All New Avanza

Transmisi CVT Toyota Avanza 2022

Toyota Avanza 2022 terbukti memiliki performa lebih baik, responsif, akselerasi yang halus, dan penggunaan BBM lebih efisien dibanding generasi sebelumnya. Hal ini dikarenakan Avanza baru hadir dengan pilihan transmisi CVT yang dilengkapi dengan split gear baru. Dengan begitu rasio gigi lebih lebar sehingga menciptakan akselerasi yang bertenaga dan mulus dalam setiap perpindahan gigi secara otomatis.

Selain transmisi CVT, All New Avanza juga hadir dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan. Perlu kalian catat, tipe E Avanza 2022 tidak tersedia pilihan transmisi CVT.

6. Fitur Seperti Apa yang Ada di Dalam Toyota Avanza 2022?

All New Avanza

Tampilan dashboard tipe G Toyota Avanza 2022

Tipe G Toyota Avanza 2022 hadir dengan New Striking Full Dashboard Design yang disertai panel instrumen untuk memberikan berbagai informasi melalui New Advanced 4.2 Inch Digital TFT MID. Selain itu, terdapat pula New Illuminating Start/Stop Button yang dengan mudah pengguna menghidupkan dan mematikan mobil dalam kondisi gelap.

Dari segi hiburan, trim G disematkan head unit 9 inci terbaru yang mendukung konektifitas USB dan Bluetooth. Sebagai informasi, varian ini hadir dengan fitur New Tilt & Telescopic Steering with Audio & MID Switch yang terbukti memudahkan penggunannya ketika melakukan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan sederhana melalui tombol pada setir.

Di varian ini kalian juga bisa menemukan fitur seperti new auto A/C yang secara efektif dapat mendinginkan suhu kabin dengan lebih cepat, window jam protection, alarm+immobilizer, rear parking camera dan spion retractable.

Bicara varian terendah, sistem hiburannya mengandalakan head unit layar sentuh 7 inci yang mendukung format USB dan Bluetooth. Meski begitu, tampilan head unitnya juga tak kalah keren dengan tipe diatasnya. Mengingat tipe E juga sudah menggunakan model floating.

7. Toyota Avanza 2022 Apakah Mendapat Fitur Keselamatan Toyota Safety Sense (TSS)?

All New Avanza

Toyota Safety Sense (TSS) hadir di varian teratas All New Avanza

Bicara fitur keselamatan, tipe E dan G All New Avanza berhasi tersematkan dual airbag, Vehicle Stability Control (VSA) dan Hill Start Assist (HSA) yang merupakan fitur keselamatan standar baru di semua model modelnya. Tidak hanya itu, faktor keselamatan keduanya juga diperkuat dengan adanya Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) Emergency Stop Signal (ESS), ISOFIX dan Brake Assist (BA).

Namun untuk varian teratasnya, 1.5 G CVT TSS berhasil mendapat tambahan fitur keselamatan berupa 6 airbag (Pengemudi/ Penumpang/ Samping/ Tirai), serta Toyota Safety Sense (TSS) yang mencakup Rear Crossing Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention dan terakhir Front Departure Alert.

8. Apakah All New Avanza G CVT TSS Mendapat Fitur T Intouch Seperti di Veloz?

All New Avanza

Fitur T Intouch juga hadir di All New Avanza G CVT TSS

Sebagai informasi, All New Avanza G CVT TSS yang merupakan tipe teratasnya memperoleh fitur canggih berupa T Intouch sama seperti yang ditawarkan Veloz Q CVT dan Q CVT TSS.

Fitur T Intouch ini menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota. T Intouch sendiri bertujuan untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan kemudahan dan rasa terhubung dengan mobil.

T Intouch pada All New Veloz menawarkan pengalaman konektivitas digital kehidupan sehari- hari serta solusi dan manfaat terintegrasi. Pertama, ada fitur Find My Car yang dapat mengetahui secara akurat dimana kendaraan diparkir untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan. Kemudian, terdapat fitur Geofencing yang memberikan peringatan saat kendaraan berada di luar zona resmi untuk memastikan keamanan pelanggan setiap saat.

Disisi lain, T Intouch juga hadir dengan fitur yang dapat memberikan peace of mind bagi pelanggan. Misalnya, adanya fitur E-Care (Maintenance) yang akan membantu mengatur pengingat untuk perawatan kendaraan secara berkala agar kendaraan pelanggan selalu dalam performa terbaiknya.

Kemudian, terdapat fitur Inquiry & Support Center yang menawarkan bantuan langsung dari call center Toyota untuk membantu menyelesaikan masalah pelanggan. Selain itu, terdapat pula fitur Road Assistance yang menyediakan tombol SOS ketika pelanggan kami mengalami kecelakaan, yang menghubungkan pelanggan kami dengan call center Toyota untuk diarahkan ke penyedia Emergency Road Assistance (ERA) untuk mendapatkan bantuan yang lebih cepat.

Kesimpulan

Toyota Avanza 2022 hadir dengan bentuk yang jauh lebih atraktif, sporty sekaligus mewah. Selain itu, mobil ini turut menawarkan kenyamanan dan keamanan berkendara yang lebih baik berkat fitur keselamatan, keamanan, hiburan serta performa yang dimiliki.

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, varian E yang merupakan tipe terendah All New Avanza hanya menawarkan pilihan transmisi manual 5-percepatan yang dikawinkan dengan mesin 1.3L.

Baca juga: First Drive: Plus Minus Toyota Avanza dan Toyota Veloz 2022, Sudah Tak Seperti Dulu Lagi

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru