FAQ: Fakta Menarik Suzuki XL7 2021, Mobil Penumpang Terlaris Suzuki

Yongki Sanjaya · 6 Mar, 2021 07:00

FAQ: Fakta Menarik Suzuki XL7 2021, Mobil Penumpang Terlaris Suzuki 01

Tren SUV dari basis MPV semakin digemari kalangan masyarakat Indonesia. Tren ini juga diikuti Suzuki yang meluncurkan XL7 pada 2020. Tak disangka, Suzuki XL7 langsung melesat dan jadi mobil penumpang terlaris di tahun lalu mengalahkan Ertiga. 

Tidak bisa dipungkiri, segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV) di Indonesia terus berkembang. Hampir setiap pabrikan terus menghadirkan model terbaru di segmen ini. Suzuki pun merilis XL7 sebagai model yang dibangun dari basis Ertiga. 

Hadirnya segmen baru ini bisa memberikan diferensiasi bagi kalian yang sedang berburu MPV tapi punya kemampuan SUV. Suzuki XL7 2021 hadir dengan desain bold dan gagah dengan konfigurasi tujuh tempat duduk yang luas untuk kenyamanan penumpang.

FAQ: Fakta Menarik Suzuki XL7 2021, Mobil Penumpang Terlaris Suzuki 02

Suzuki XL7 pun dibuat layaknya SUV dengan eksterior yang gagah melalui tambahan over fender, roof rail dan under guard. Low SUV ini tersedia dalam tiga varian antara lain, Zeta, Beta, dan Alpha. Ketiga tipe tadi masing-masing tersedia dalam dua jenis transmisi yakni manual dan metik.

Memang, tren global sudah bergeser dimana masyarakat kini mencari mobil dengan postur gagah dan ground clearance tinggi. Dengan demikian mobil lebih leluasa saat digunakan berkendara di jalan pedesaan yang belum mulus. Tidak heran, segmen yang awalnya dipelopori oleh duet Toyota Rush dan Daihatsu Terios ini semakin banyak peminatnya. 

Perbedaan Gaya Eksterior Suzuki XL7 2021 dengan Ertiga, Lebih Gagah? 

FAQ: Fakta Menarik Suzuki XL7 2021, Mobil Penumpang Terlaris Suzuki 03

Untuk menegaskan kesan tangguh, Suzuki XL7 khususnya di bagian depan punya desain eksterior yang lebih berani dan berotot. Kap depan memiliki sudut tegak yang bila dilihat sepintas gayanya mirip Wuling Almaz. Mulai dari bemper, grill, sampai dengan kap mesin desainnya cukup berbeda dari Ertiga standar atau versi Suzuki Sport sekalipun. 

Pada bagian pencahayaan, Suzuki XL7 2021 memakai Bold LED Headlamp dengan DRL. Kemudian grill dengan aksen hitam untuk memberi gaya tegas. 

Grillnya dipercantik dengan dua bilah panel horizontal dengan aksen krom alias Muscular Sweeping Cross Bar Front Chrome. Pada bagian bawah bemper depan telah terpasang lapisan skid plate yang berfungsi melindungi kolong mesin dari hempasan kerikil dan benturan batu. 

Kemudian di bagian samping, terdapat panel overfender dengan kelir hitam yang menyatu dengan side skirt. Penampilan XL7 ini pun semakin menarik karena overfender tersebut membuatnya seperti dual tone color. 

Beralih ke belakang, kita melihat identitas Ertiga yang begitu nyata dari desain lampu belakang dan pintu bagasi. Perbedaan antara Ertiga dan XL7 yaitu pada bemper, dimana XL7 terdapat skid plate untuk melindungi dari benturan batu saat melewati jalan tanah. 

Kesan mewah ditampilkan pada XL7 melalui panel krom di beberapa bagian seperti crossbar front grille, door handle, dan number plate garnish. Untuk bumper dengan garnish krom hanya tersedia pada varian Alpha saja. 

Apa Kehebatan Fitur di Suzuki XL7 2021? 

FAQ: Fakta Menarik Suzuki XL7 2021, Mobil Penumpang Terlaris Suzuki 04

Tidak hanya eksterior yang tampil gagah, interior Ertiga versi crossover ini juga kian menarik. Fiturnya terbilang lengkap dan unik. Di bagian dashboard kita disuguhi panel instrumen dengan jarum speedometer dan takometer kekinian yang menjepit layar MID. 

Khusus untuk tipe tertinggi Suzuki XL7 2021, yaitu Alpha, memiliki fitur Smart E-Mirror dan jadi yang pertama di kelasnya. Smart E-Mirror berfungsi sebagai kaca spion digital sekaligus dashcam karena dibekali dua kamera yang terletak di spion tengah dan di belakang mobil. 

Untuk mode dashcam, kameranya dapat merekam aktivitas mobil, sehingga bermanfaat menangkap momen tak terduga. Saat menjadi parking camera, akan memudahkan pengemudi saat mobil berjalan mundur dan memarkir kendaraan.

Suzuki XL7 2021juga dilengkapi Keyless Push Start-Stop Button, Ventilated Cup Holders, AC Digital Auto Climate with Heater serta Power Outlet hingga baris ketiga. Selain itu fitur keselamatan menjadi salah satu fokus Suzuki seperti adanya Pedestrian Protection dan Child Proof Door Lock. 

Sementara fitur hiburan didukung oleh head unit touchscreen 8 inch dengan model floating berikut 2 Front Tweeters. Pengemudi cukup dimanjakan dengan adanya panel MID berbentuk color LCD. 

Tata Ruang Interior Suzuki XL7 2021 Seperti Apa Kemewahannya? 

FAQ: Fakta Menarik Suzuki XL7 2021, Mobil Penumpang Terlaris Suzuki 05

Untuk kabin Suzuki XL7 ini memiliki aksen single tone dengan warna hitam. Dengan konsep elegan dan tough, XL7 ini memiliki aksen panel serat karbon yang biasa terdapat pada mobil performa tinggi. 

Jelas,, ini tidak seperti Ertiga yang interiornya dihiasi dengan ornamen wood panel pada bagian dashboard layaknya mobil mewah. 

Selebihnya, layout kursi pada Suzuki XL7 tak ada bedanya dengan Ertiga. Kursi bagian belakang bisa dilipat flat dengan kombinasi 50:50. 

Sementara itu, kursi tengahnya bisa dilipat dengan kombinasi 60:40, dimana kursi sebelah kiri biasanya digunakan untuk akses penumpang baris ketiga.

Spesifikasi Suzuki XL7 dan Ertiga, Cuma Beda di Dimensi?

FAQ: Fakta Menarik Suzuki XL7 2021, Mobil Penumpang Terlaris Suzuki 06

Suzuki XL7 dibekali mesin K15B berkapasitas 1.462 cc yang juga digunakan pada Ertiga. Mesinnya dapat menghasilkan daya sebesar 104,7 PS pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. Tidak ada perbedaan tenaga, yang artinya XL7 ini adalah Ertiga yang diperbesar. 

Hal ini bisa kita ketahui dari perbedaan ukuran dari keduanya. SUV terbaru Suzuki ini memiliki dimensi 4.450 mm x 1.775 mm x 1.710 mm serta jarak sumbu roda sepanjang 2.740 mm dan didukung dengan ground clearance setinggi 200 mm. 

Ukurannya sedikit lebih besar daripada Ertiga yang jadi basisnya. 
Ertiga memiliki panjang 4.395, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.690 mm. Ground clearance Ertiga pun hanya mencapai 180 mm, 30 mm lebih pendek dibanding dengan XL7.

Kesimpulan 

Banyak orang yang menganggap kalau Suzuki XL7 ini cuma Ertiga yang digedein. Namun demikian, cibiran tersebut dibuktikan dari penjualan XL7 yang ternyata melebihi Ertiga.

Walaupun dari basis karakter mesin dan banyak aspeknya mirip, namun XL7 punya perbedaan dari sistem elektrikal pada ECU supaya mendukung fitur pencahayaan di XL7 yang sudah LED Auto On.

Suzuki XL7 2021 juga termasuk SUV yang value for money karena lebih murah dari Mitsubishi Xpander Cross. XL7 dijual dengan rentang harga antara Rp 236,5 juta sampai dengan Rp 273,5 juta. Sementara untuk Mitsubishi Xpander Cross 2021 dijual Rp 275,7 juta sampai dengan 298,7 juta.

Namun demikian, masih agak sulit bagi Suzuki XL7 sebagai pendatang baru untuk langsung jadi penguasa di segmen Low SUV. Nama besar dan reputasi Toyota Rush sulit ditandingi. Salah satu alasannya karena Rush setia memakai penggerak belakang yang lebih tangguh dengan kondisi medan jalan pedesaan di Indonesia.  

Komentar

Up to 20% higher than average trade-in price

Suzuki XL7 1.5L AT

Upgrade

Add your car

Service powered by

Mobil Terbaru