window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

FAQ: Informasi Penting yang Harus Diketahui Dari New Toyota Fortuner 2.8, Apanya yang Baru?

Enda · 14 Jan, 2022 15:30

Toyota Fortuner 2.8

Tipe GR Sport di New Toyota Fortuner 2.8

Mengawali tahun ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) menjawab akan permintaan pasar dengan meluncurkan New Toyota Fortuner 2.8. Sebagai line up terbaru sekaligus produk flagshipnya, Fortuner 2.8 tak hanya terlihat gagah, macho, dan sporty. Tentunya dengan mesin baru SUV 7-seater ini semakin bertenaga.

Bicara mengenai harga barunya, New Toyota Fortuner 2.8 kini dibandrol Rp580,9 juta sampai dengan Rp684,5 juta. Namun sebelum kalian tertarik untuk membelinya dalam waktu dekat, sebaiknya simak dulu beberapa jawaban mengenai mobil ini.

Baca juga: New Toyota Fortuner 2.8 2022 Paling Murah Rp590,9 Juta, Apa Saja yang Berubah?

1. New Toyota Fortuner 2.8 Buatan Mana?

Toyota Fortuner 2.8

New Toyota Fortuner 2.8 dibuat di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berlokasi di Karawang

Sama seperti beberapa produk Toyota lainnya, Fortuner 2.8 ini diproduksi di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berada di kawasan Industri Karawang, Jawa Barat. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tak hanya dipasarkan secara lokal, Fortuner 2.8 buatan Karawang ini juga didistribusikan ke beberapa negara belahan dunia.

2. Apa yang Membuat New Toyota Fortuner 2.8 Terlihat menarik?

Toyota Fortuner 2.8

New Toyota Fortuner 2.8 hadir dalam varian GR Sport 4x4

New Toyota Fortuner 2.8 hadir dalam tiga varian, yaitu 4x2 2.8 VRZ AT DSL, 4x2 2.8 GR Sport AT DSL dan 4x4 2.8 GR Sport AT DSL. Yang bikin menarik, Fortuner 2.8 hadir dalam model GR Sport dimana semakin menekankan aura ketangguhan sekaligus sporty.

Guna memberikan visibilitas baik dengan tampilan sporty, Fortuner 2.8 tetap mempertahankan lampu utama projector dengan bentuk pipih, grill yang berkarakter, under guard lebar, dan LED DRL dibawahnya. Selain itu, varian GR Sport juga mendapatkan body kit di bagian terluar bumper yang menampilkan kesan lebih agresif sekaligus sporty.

Untuk bagian sampingnya, model ini turut menerima list krom yang ditempelkan di bagian bawah kaca, foot step, serta decal GR Sport di beberapa bagian. Di sektor lingkar roda, Fortuner 2.8 GR Sport tersematkan velg alloy 18 inch dual-tone dengan model kipas yang terkesan lebih sporty.

Sebagai identitas sekaligus meningkatkan aura sporty, di sektor interior yang didominasi warna hitam tersebut juga tersematkan logo GR Sport di beberapa bagiannya.

Baca juga: Toyota Indonesia Resmi Luncurkan Land Cruiser 300, Harganya Tembus Rp2,3 M

3. Benarkah Fitur New Toyota Fortuner 2.8 Tidak Mendapatkan Update?

Toyota Fortuner 2.8

Fitur unggulan dan keselamatan New Toyota Fortuner 2.8 tidak mendapatkan update

Fortuner 2.8 ini masih mangadopsi fitur yang sama seperti varian dengan mesin bensin 2.7 dan diesel 2.4. Seperti yang diketahui, Fortuner dengan mesin besar tersebut berhasil disematkan head unit 9 inci dengan konektivitas Miracast, Smart Phone Connection dan voice command. Selain itu juga mendukung fitur NFC E-Toll Card Checking untuk memudahkan pengguna ketika mengecek ketersediaan saldo pada uang elektronik.

Supaya memudahkan penggunannya sekaligus meningkatkan gaya berkendara, maka Fortuner 2.8 juga dilengkapi New 4.2 Inch Meter Cluster Design, New TFT Opening Animation, Power Back Door Switch Status Display, Clearance Sonar Detection Status Display, Tire Turning Angle Display, dan SPORT/ECO Mode Display.

Di sisi lain terdapat tilt & telescopic, Auto AC with dual zone MID, engine start/stop button, rear seat entertainment with illumination, dan surround monitor. Tak hanya itu, kalian juga dapat menemukan Variable Fluid Control (VFC) pada power steeringnya untuk memudahkan pengguna mengendalikan kendaraan ketika melaju di kecepatan tinggi, termasuk saat bermanuver di medan berat.

4. Fitur Keselamatan New Toyota Fortuner 2.8 Masih Sama?

Toyota Fortuner 2.8

Sisi keselamatan New Toyota Fortuner 2.8 juga belum memperoleh penyegaran

Bicara fitur keselamatannya, Fortuner 2.8 telah mendapatkan ABS + EBD, dual airbags + knee airbag, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stabilty Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), BA (Brake Assist) serta Automatic Traction Control (A-TRC).

Selain itu, kalian juga bisa menemukan emergency stop signal ELR shoulder adjust with pre-tensioner and load limiter, child proof rear door locks, side door impact beams, dan engine immobilizer. Khusus tipe GR Sport 4x4, New Toyota Fortuner 2.8 mendapat tambahan fitur Limited Slip Differential, 7 airbag (dual + knee + side + curtain shield airbag), dan terakhir Downhill Assist Control (DAC).

Sama seperti fitur unggulan, fitur keselamatan di Fortuner 2.8 ini tidak mendapat penyegaran. Hanya saja Fortuner kini dibekali T Intouch yang mana dapat menghubungkan mobil dengan pemilik menggunakan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota.

5. Pakai Mesin Diesel 2.800 Cc, Berapa Tenaga dan Catatan Waktu yang Diperoleh?

Toyota Fortuner 2.8

Mesin diesel VN Turbo Intercooler 1GD-FTV pada New Toyota Fortuner 2.8

Menjawab akan demand konsumen yang saat ini membutuhkan mesin bertenaga besar, maka New Toyota Fortuner 2.8 ditawarkan dengan mesin diesel 1GD-FTV berkubikasi 2.755 cc 4-silinder segaris, 16 valve DOHC dengan VN Turbo Intercooler.

Secara data di atas kertas, jantung pacu diesel terbesar di kelasnya tersebut mampu memeras tenaga hingga 203,9 PS @3.000 – 4.000 rpm dengan torsi puncak 499 Nm @1.600 – 2.800 rpm. Sebagai catatan, semua New Toyota Fortuner 2.8 hanya disediakan pilihan transmisi otomatis otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic. Untuk tipe 4x4 2.8 GR Sport AT DSL sendiri berhasil dipadukan transfer case dengan mode pengaturan H2, H4 dan L4 model putar.

Untuk dapat menempuh kecepatan 0 – 100 km/jam, tim R&D TAM  menyebutkan bahwa Fortuner dengan mesin 1GD hanya membutuhkan waktu 11,9 detik. Sedangkan melaju pada kecepatan 60-80 km/jam cukup dengan 2,8 detik.

Dibandingkan dengan mesin 2GD yang ada di varian diesel 2.4, Fortuner 2.8 memiliki output tenaga yang lebih besar 36% serta torsi lebih tinggi sekitar 25%.

Kesimpulan

Sejumlah pertanyaan penting seputar New Toyota Fortuner 2.8 berhasil kami sampaikan di atas. Secara konklusi, Medium SUV 7-seater terbaru Toyota tersebut tetap mempertahankan tampilan dan fitur yang ada di model sebelumnya. Hanya saja TAM menyematkan mesin diesel lebih besar serta menambahkan fitur T Intouch.

Oh iya, untuk kalian yang ingin tampil beda, Toyota sendiri menyediakan aksesoris tambahan untuk tampilan luar New Fortuner 2.8 dengan total ada 9 item aksesoris oem yang ditawarkan, dengan meliputi; Engine Hood List Chrome, Outer Mirror Ornament, Side Body Moulding, Rear License Ornament, Rear Bumper Ornament, Cargo Net, Spare Tire Cover, Sporty Floor Mat dan Air Purifier. 

Untuk mendapatkannya bisa dipesan saat membeli Fortuner boleh satuan, atau paket lengkap dan bisa dipasang secara langsung.

Baca juga: Toyota Agya, Innova Venturer hingga Fortuner Bensin Masuk Skema Spot Order, Kalau Berminat Tunggu 3 Bulan

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil