FAQ: Ini Jawaban dari Berbagai Pertanyaan Civic Terbaru

Alex · 5 Okt 2020 07:00

Honda Civic hingga sampai saat ini masih memiliki pesona tersendiri bagi konsumen Indonesia. Nama besar Civic dengan baik diestafetkan pada generasi 10 yang kini dijual Honda Indonesia.

Desain yang keren dan sporty, mesin bertenaga yang menggunakan turbo hingga fitur keselamatannya yang mampu memberi janji keselamatan sangat baik jadi pertimbangan sisi positif untuk Anda memilih mobil ini.

Namun tentunya banyak hal yang harus Anda ketahui sebelum benar-benar memilih mobil ini. Beberapa pertanyaan yang cukup esensial mengenai Honda Civic akan kita bahas dalam kesempatan ini. Simak sampai habis, ya!

1. Berapa opsi mesinnya?

Honda hanya memberikan satu opsi mesin. Dapur pacu berkapasitas 1.500 berkonfigurasi 4 silinder segaris. Mesin kebanggaan Honda ini bukan cuma berteknologi VTEC, tapi juga sudah dipersenjatai turbocharger.

Dpaur pacu yang menyalurkan tenaganya ke roda depan ini mampu menghasilkan 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal mencapai 220 Nm.

Mesin inilah yang digunakan baik pada Civic Turbo varian sedan maupun hatchback. Walaupun menggunakan mesin yang sama, tenaganya pun sama, bukan menjadi masalah bagi Civic. Keduanya sama-sama mampu memberikan performa terbaik.

2. Mesin mirip CR-V Turbo?

Pertanyaan tersebut santer beredar saat munculnya Honda CR-V generasi terbaru di Indonesia pada tahun 2017. Saat itu CR-V generasi terbaru meluncur setahun setelah debut Civic generasi terbaru yang mengusung mesin turbo.

Pasalnya ada varian CR-V yang profil mesinnya serupa dengan Civic, sama-sama 1.500 cc dan menggunakan turbo. Apakah memang benar-benar sama atau profilnya saja serupa?

Ternyata mesin kedua mobil beda spesies tersebut memang sama. Walau secara basis sama, namun Honda meracik mesin CR-V dengan output tenaga lebih besar. 

3. Adakah pilihan transmisi manual?

Jika Anda bertanya apakah ada opsi transmisi manual pada keluarga besar Civic, jawabannya adalah; ada. Namun bukan pada varian Civic Turbo sedan atau Civic Hatchback RS.

Varian yang menggunakan transmisi manual adala Civic Type R. Mobil yang menggunakan platform hatchback ini sebenarnya masuk kategori sportcar. Karena benar-benar berorientasi pada performa, Civic Type R bahkan hanya tersedia dalam transmisi manual6 speed saja.

Kendati demikian, pada Civic Hatchback RS maupun sedan terdapat paddle shift yang bisa membuat sensasi perpindahan gigi seperti mobil bertransmisi manual.

4. Siapa saja lawan Civic?

Dalam pertimbangan sebelum membeli sebuah mobil, tentu sangat wajar untuk kita membandingkan dengan para kompetitornya. Demikian pula pada Honda CR-V.

Lantas siapa saja rival yang setara dengan Honda Civic generasi 10 ini? Dari merek Jepang sendiri, Civic Turbo sedan berkompetisi dengan Toyota Corolla Altis dan Mazda 3 sedan. 

5. Bagaimana perbandingan dimensi varian Civic?

Dibedakan dengan varian bentuk body, lantas bagaimana selisih ukuran dimensi sedan dengan hatchback? Tentu secara panjang total, Civic Turbo sedan lebih panjang dibanding Civic Hatchback RS. Selisih panjang keduanya mencapai 47 mm.

Lantas apakah lebarnya juga demikian? Ternyata tidak. Kedua mobil ini sama-sama punya lebar 2.076 mm. Untuk keleluasaan di dalam kabin pun tak ada perbedaan antara keduanya.
 

Komentar

Mobil Terbaru