FAQ: Menjawab Pertanyaan New Toyota Corolla Altis, Apa yang Baru dari Sedan Terlaris Toyota Ini?

Enda · 9 Feb, 2022 13:00

New Corolla Altis

FAQ New Toyota Corolla Altis

New Toyota Corolla Altis, yang diketahui sebagai produk terbaru PT Toyota Astra Motor di segmen Medium Sedan, berhasil dikenalkan pada Selasa (8/2). Sebelum kedatangan Altis terbaru, pada medio Januari kemarin TAM juga berkesempatan meluncurkan dua model teranyarnya, yaitu All New Land Cruiser dan New Fortuner.

Bicara mengenai Corolla Altis 2022, Toyota sendiri memberikan beberapa penyegaran khususnya pada fitur yang lebih advance untuk mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara. Disisi lain, mobil ini juga didukung dengan layanan mobilitas yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan untuk semakin memberikan pengalaman mobilitas yang lebih fun to drive.

Jika kalian tertarik membeli New Toyota Corolla Altis, ada baiknya simak dulu beberapa jawaban seputar mobil ini melalui ulasan berikut.

Baca juga: Toyota Rilis Corolla Altis GR Sport 2022 di Thailand, Lebih Sporty Sudah Ada TSS

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

1. Tampilan New Toyota Corolla Altis Berubah?

New Corolla Altis

Secara bentuk New Toyota Corolla Altis masih terlihat sama

Merupakan market leader di segmen Sedan, secara tampilan eksterior New Toyota Corolla terlihat sama seperti Altis yang diluncurkan pada 2019 lalu. Itu artinya Corolla Altis 2022 yang merupakan generasi ke-12 nya tersebut secara tampilan masih mengadopsi konsep Keen Look sebagai pakem desain global Toyota dengan ciri khas visual yang terlihat agresif dan mewah.

Di bagian depannya sendiri masih terdapat adanya pahatan desain 3 dimensi yang kokoh. Begitupun pada sisi interiornya, bentuknya juga masih terlihat sama dengan memadukan kualitas panel interior yang tampak berkelas. Desain jok secara keseluruhan dibuat mampu menyangga tubuh dengan baik untuk mencegah kelelahan.

2. Ada Berapa Varian New Toyota Corolla Altis?

New Corolla Altis

New Toyota Corolla Altis hanya ditawarkan dua varian

Mengenai variannya, Corolla Altis 2022 kini lebih dipersempit. Jika sebelumnya Altis generasi ke-12 yang dipasarkan secara lokal ditawarkan dalam tiga varian, G, V dan HV, kini hanya V dan HV.

Untuk  bandrolnya, menurut situs resminya per Februari 2022 diniagakan Rp468, 2 juta (1.8 V) dan Rp517 juta (1.8 HV).

3. Jantung Pacu New Toyota Corolla Altis Masih Sama?

New Corolla Altis

Mesin 2ZR-FE New Toyota Corolla Altis

New Toyota Corolla Altis masih mengandalkan mesin yang serupa seperti model sebelumhnya. Seperti informasi yang tersiar, salah satu produk flagship Toyota tersebut untuk varian 1.8 V disematkan jantung pacu 2ZR-FE 4-silinder segaris DOHC dual VVT-i berkapasitas 1.798 cc. Untuk tenaganya mobil dengan mesin bensin konvensional tersebut sanggup menghasilkan tenaga 140 PS pada 6.400 rpm dan torsi 171 Nm pada 4.000 rpm yang kemudian dikawinkan transmisi CVT.

Beda halnya dengan tipe diatasnya, 1.8 HV (Hybrid Vehicle) memperoleh enjin 2ZR-FXE 1.798 cc 4-silinder DOHC Dual VVT-i dengan menghasilkan daya sebesar 95 PS pada 5.200 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. Sedangkan untuk motor listriknya mampu menghasilkan daya 72 PS dan torsi puncak 162 Nm.

Oh iya, sama seperti mesin bensin konvensional, varian hybridnya juga ditawarkan dengan transmisi CVT. Selain itu, juga tersedia 4 mode berkendara yang bisa dipilih untuk menyesuaikan gaya berkendara, yaitu NORMAL, ECO, SPORT, dan EV mode. Khusus tipe V tanpa mode EV.

Baca juga: Bentuk Utuh Toyota GR Corolla Lebih Kalem Ketimbang GR Yaris, Siap Tantang Honda Civic Type-R

4. Benarkah Fitur Unggulan New Toyota Corolla Altis Semakin Lengkap?

New Corolla Altis

Head unit New Toyota Corolla Altis semakin canggih

Menjawab akan kebutuhan mobilitas para pelanggan yang lebih prestigious guna meningkatkan kenyamanan berkendara, Corolla Altis 2022 dibekali sistem infotaiment yang dilengkapi dengan smartphone connection. Bukan cuma itu, head unitnya juga mengoperasikan FM/AM Radio, USB charging, Bluetooth, miracast, Car apple play, vehicle customization function seperti untuk mengatur kunci pintu dan AC, Mirrorlink, dan navigasi.

Khusus untuk varian Hybrid-nya, sendiri sudah dilengkapi dengan advance feature sebagai exclusive feature, yaitu Wireless Charger di konsol tengah yang berguna untuk mengisi daya baterai telepon selular tanpa perlu kabel penghubung, sehingga memastikan pengendara tidak kehilangan jangkauan dengan dunia luar. Guna meningkatkan gaya berkendara lebih fun to drive, mobil ini menggunakan jok kulit dengan pengatur elektrik AC serta climate control dual zone.

5. Fitur Keselamatan New Toyota Corolla Altis Kian Komplit dengan Adanya Fitur TSS 2?

New Corolla Altis

Fitur keselamatan New Toyota Corolla Altis semakin lengkap dengan adanya TSS 2

Sebagai bentuk perlindungan sekaligus kenyamanan berkendara, New Toyota Corolla Altis sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang dapat menurunkan center of gravity nya serendah 10 mm yang membuat mobil tidak mudah limbung, dan sanggup melakukan pergerakan dengan baik di berbagai kondisi jalan. Mengenai fitur keselamatan standarnya berhasil disematkan ABS + EBD, BA, VSC, HSA, 7 airbag, Drive Start Control (DSC), Rear Cross Traffic Allert (RCTA) dan Blind Spot Monitor (BSM).

Untuk fitur keselamatan pintarnya berupa Toyota Safety Sense (TSS) sudah mencakup Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Automatic High Beam (AHB), dan fitur Dynamic Radar Cruise Control (DRCC).

Tak sampai disitu, New Toyota Corolla Altis mengalami peningkatan lebih canggih dengan dihadirkannya TSS 2, yakni pada fitur Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) dirancang untuk berfungsi pada kecepatan penuh 0 km/jam – 180 km/jam. Sensor radarnya dapat mendeteksi kendaraan hingga 120 m di depan dan mampu menjaga jarak dengan kendaraan di depan secara otomatis.

Disisi lain, Lane Tracing Assist (LTA) yang dapat membantu pengemudi menjaga agar mobil tetap berada di jalur yang ditandai jelas, dan terlebih dahulu menghindari masuk jalur yang tidak diinginkan. Sistem ini juga membantu mengurangi kelelahan pengemudi dan mendukung berkendara dengan aman, terutama ketika dalam kemacetan lalu lintas, atau perjalanan jauh di jalan raya.

6. Fitur T Intouch Kini Hadir di New Toyota Corolla Altis?

New Corolla Altis

New Toyota Corolla Altis kini mendapat layanan T Intouch

Setelah hadir di Avanza dan Fortuner, layanan telematika T Intouch kini juga hadir di New Toyota Corolla Altis. T Intouch bertujuan untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan kemudahan dan rasa terhubung dengan mobil. T Intouch adalah teknologi telematika yang dapat menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota. T Intouch di Corolla Altis 2022 menawarkan pengalaman konektivitas digital kehidupan sehari-hari serta solusi dan manfaat terintegrasi kepada pelanggan.

Kesimpulan

Setelah mengetahui beberapa hal penting seputar New Toyota Corolla Altis melalui ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Sedan yang juga populer di sejumlah negara tersebut memperoleh update pada fitur unggulan serta keselamatannya. Oh iya, untuk variannya, tipe G kini sudah tidak lagi dijajakan dan hanya disediakan V serta HV.

Baca juga: Toyota Corolla 2022 X TREK Bikes Dirilis di Eropa, Makin Canggih Goda Penggemar Sepeda

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Mobil Terbaru