FAQ: Menjawab Semua Pertanyaan Tentang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Sangat Menarik Untuk Dimiliki?

Enda · 29 Apr, 2021 15:00

FAQ: Menjawab Semua Pertanyaan Tentang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Sangat Menarik Untuk Dimiliki? 01

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Toyota dan Daihatsu Indonesia kembali melakukan kolaborasi untuk produk terbarunya yang diluncurkan tahun ini. Diketahui Toyota Raize dan Daihatsu Rocky ini merupakan bentuk kerjasama kelima dari kedua pabrikan Jepang yang berada di bawah naungan Astra Group.

“Toyota dan Daihatsu telah berkolaborasi di Indonesia sejak belasan tahun lalu. Ini tentunya memperkuat komitmen Toyota group di pasar otomotif Indonesia,” ujar Yoichi Miyazaki, selaku Chief Executive Officer Toyota Motor Corporation Asia Region, dalam acara perkenalan Raize dan Rocky, Rabu (28/4).

Sama seperti Raize dan Rocky yang sudah lebih dulu melantai di negara asalnya, mobil ini membawa karakter SUV perkotaan yang terkesan dinamis dan futuristik. Karena SUV kompak ini terbilang sangat baru, kami ingin menjawab beberapa pertanyaan yang kerap kali dilontarkan mengenai mobil ini.

Baca juga: Mengagumkan, Konsumsi Bahan Bakar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Dekati LCGC

1. Berapa Varian yang Dimiliki Toyota Raize dan Daihatsu Rocky?

FAQ: Menjawab Semua Pertanyaan Tentang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Sangat Menarik Untuk Dimiliki? 02

Tampilan belakang Daihatsu Rocky

Di Indonesia, Daihatsu Rocky akan dihadrikan dalam tujuh varian, diantaranya: 1.2 M MT, 1.2M CVT, 1.2 X MT, 1.2 X CVT, 1.0 R Turbocharged MT, 1.0 R Turbocharged CVT dan 1.0 R Turbocharged CVT ASA (Advance Sistem Assist).

FAQ: Menjawab Semua Pertanyaan Tentang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Sangat Menarik Untuk Dimiliki? 03

Tampilan belakang Toyota Raize

Sedangkan Toyota Raize sendiri ditawarkan dengan pilihan yang lebih sedikit. Varian tersebut meliputi; 1.2 G MT, 1.2 G CVT, 1.0 turbo G MT, 1.0 turbo G CVT, 1.0 turbo GR Sport CVT dan 1.0 turbo GR Sport CVT (TSS) Toyota Safety Sense.

Diketahui bahwa Raize dinobatkan sebagai mobil pertama Toyota Astra Motor yang melantai di Indonesia dengan varian turunan Gazoo Racing yang terkesan lebih sporty dan atraktif.

2. Toyota Raize Sebagai Mobil Pertama Toyota Indonesia dengan Turunan Gazoo Racing?

FAQ: Menjawab Semua Pertanyaan Tentang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Sangat Menarik Untuk Dimiliki? 04

Toyota Raize GR Sport

Toyota Gazoo Racing (TGR) merupakan brand global untuk tim balap yang berada di bawah naungan pabrikan Toyota. Seluruh kegiatan balap global yang membawa nama Toyota memboyong tim yang bernama Toyota Gazoo Racing.

Tak heran apabila penampilan produk Toyota yang membawa turunan Gazoo Racing ini terlihat lebih sporty. Mengingat ini merupakan identitas dan komitmen pabrikan asal Jepang tersebut di dunia balap.

Melihat varian dari Toyota Raize GR Sport, mobil ini mendapatkan beberapa detail aksesoris GR Sport yang didesain khusus oleh tim Toyota Indonesia seperti bumper, spoiler, side skirt, stiker GR Sport, serta tambahan emblem GR Sport sebagai identitasnya. Tidak hanya itu, emblem TURBO juga ditempelkan pada bagian mobil untuk menandakan bahwa mobil ini sudah bermesin turbo.

Di sisi lain, untuk lebih memperlihatkan kesan sportynya, Raize GR Sport juga mendapatkan velg alloy berukuran 17 inci berkelir hitam glossy yang menampilkan kesan gahar. Untuk merasakan kejantanan dari mobil ini, varian ini mendapatkan fitur paddle shift yang terletak di balik lingkar kemudinya.

Sebagai catatan dalam sejarah Toyota Astra Motor, Raize ini merupakan mobil pertama di Indonesia yang mendapatkan turunan Gazoo Racing.

3. Seperti Apa Mesin Baru yang Digunakan Rocky-Raize?

FAQ: Menjawab Semua Pertanyaan Tentang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Sangat Menarik Untuk Dimiliki? 05

Mesin Toyota Raize dan Daihatsu Rocky 1.0L turbo

Raize dan Rocky diketahui mendapatkan mesin terbaru yang dapat menghasilkan tenaga besar namun tetap efisien dalam hal konsumsi bahan  bakar. Seperti informasi yang kami dapat, kedua pabrikan ini menawarkan dua pilihan mesin, yakni 1.0L turbo dan 1.2L NA. Secara spesifikasi data, varian 1.0L turbo berkode mesin 1KR-VET 3-silinder, Turbocharger, VVT-i berkubikasi 996 cc ini dapat meletupkan tenaga 98 PS @6.000 rpm serta angka torsi mencapai 140 Nm @2.400 - 4.000 rpm.

Sedangkan varian 1.2L nya disematkan mesin terbaru dengan kode WA-VE 3-silinder segaris 12 Valve DOHC Dual VVT-i yang dapat melecutkan tenaga mencapai 88 PS @6.000 rpm dan torsi 112 Nm @4.500 rpm.

Mengenai konsumsi bahan bakar, mobil ini mampu menempuh jarak terjauh hingga 20,2 km/liter.

Baca juga: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Resmi Diumumkan, Diproduksi di Indonesia dan Diekspor ke 50 Negara

4. Siapa Pesaing Terdekat Toyota Raize dan Daihatsu Rocky?

FAQ: Menjawab Semua Pertanyaan Tentang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Sangat Menarik Untuk Dimiliki? 06

Nissan Magnite

Sebelum memutuskan pilihan terhadap suatu produk, pastinya akan ada pertimbangan. Hal utama yang dilakukan adalah membandingkan dengan para pesaing terdekatknya meliputi beberapa faktor, baik bentuk, mesin, fitur kenyamanan, keselamatan, kepraktisan, serta layanan after sales maupun purna jual.

FAQ: Menjawab Semua Pertanyaan Tentang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Sangat Menarik Untuk Dimiliki? 07

Kia Sonet

Bicara mengenai pesaing terdekat Toyota Raize dan Daihatsu Rocky saat ini, Nissan Magnite dan Kia Sonet merupakan SUV kompak yang sangat cocok sebagai kompetitor utamanya.

5. Dimana Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Diproduksi?

FAQ: Menjawab Semua Pertanyaan Tentang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Sangat Menarik Untuk Dimiliki? 08

Kawasan pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM)

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky diketahui diproduksi di fasilitas pabrik milik Astra Daihatsu Motor (ADM).

“Daihatsu Rocky adalah compact SUV yang dikembangkan di pusat penelitian dan pengembangan PT Astra Daihatsu Motor yang terbesar di Indonesia. Hal ini untuk bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di dalam negeri,” ucap Soichiro Okudaira, President Daihatsu Motor Co, Ltd.  

6. Apa Fitur Keselamatan Canggih yang Ada di Rocky-Raize?

FAQ: Menjawab Semua Pertanyaan Tentang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Sangat Menarik Untuk Dimiliki? 09

Toyota Safety Sense (TSS) Toyota Raize

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dinobatkan sebagai SUV terjangkau di Indonesia yang pertama kali disematkan fitur pintar berupa ADAS (Advance Driver Assistant System) tingkat tinggi.

Mengenai fitur ADAS, pada Daihatsu Rocky memiliki sebutan A.S.A. (Advanced Safety Assist). Sedangkan fitur serupa pada Toyota Raize dinamai Toyota Safety Sense (TSS).

Bicara fitur keselamatan A.S.A pada Rocky sudah mencakup Autonomous Emergency Braking, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, Pedal Misoperation Control, dan Front Departure Alert.

Sedangkan Toyota menghadirkan fitur keselamatan TSS lebih lengkap dari A.S.A dengan tambahan berupa Adaptive Cruise Control, Lane Keep Control, Blind Spot Monitoring dan Rear Cross Traffic Alert.

Kesimpulan

Beberapa pertanyaan mengenai Toyota Raize dan Daihatsu Rocky berhasil kami sebutkan di atas. Diketahui mobil ini membawa karakter SUV perkotaan yang terkesan dinamis dan futuristik.

Tak heran apabila nantinya kedua mobil ini banyak ditemui di kota-kota besar di penjuru nusantara. Untuk memberikan opsi dalam gaya berkendara, baik Raize dan Rocky ditawarkan dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan serta CVT. Bicara mengenai harganya, keduanya diprediksi akan dibandrol di bawah Rp300 juta dengan rentan harga Rp200-Rp250 juta.

Melihat beberapa parameter di atas apakah Anda tertarik membeli Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky tahun ini?

Baca juga: Perbandingan Power To Weight Mesin 1.2 L Toyota Raize-Daihatsu Rocky dengan Calya-Sigra, Pendatang Baru Lebih Unggul?

Komentar