FAQ: Menunggu Honda WR-V? Kami Jawab 5 Pertanyaan ini

Alex · 4 Sep 2020 05:00

Honda WR-V masih mengundang rasa penasaran bagi sebagian masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? Sejak awal debutnya di beberapa negara, mobil ini diisukan akan masuk juga ke Indonesia.

Namun nyatanya hingga saat ini PT Honda Prospect Motor masih belum meluncurkan crossover tersebut. Namun mobil keren ini sendiri memang sangat layak ditunggu. Mulai dari basisnya yang dari Honda Jazz, tampilan desainnya yang keren dan berbagai fitur menarik yang dimilikinya tentu jadi alasan untuk menanti-nati Honda WR-V di tanah air.

Berikut ini kami rangkum sejumlah pertanyaan yang kerap terlontar mengenai Honda WR-V.

1. Berbasis Honda Jazz?

Betul, WR-V yang merupakan sebuah crossover ini memanfaatkan Jazz sebagai basisnya. Namanya yang berakhiran "V" otomatis membuatnya masuk golongan nomenklatur SUV Honda, seperti CR-V, HR-V dan BR-V.

Walau berbasis Honda Jazz, nyatanya WR-V berdimendi lebih besar. Mobil ini lebih panjang 44 mm, lebih lebar 40 mm dan lebih tinggi 57 mm dibanding Jazz.

2. Punya varian mesin diesel?

Betul sekali, Honda memberikan varian mesin diesel pada WR-V. Negara yang menjuak WR-V bermesin peminum solar adalah India. Brazil sebagai salah satu negara yang jadi tempat debut WR-V malah hanya menjual dengan tipe mesin bensin i-VTEC 1.500 cc saja.

Pada mesin dieselnya, berkapasitas 1.498 cc i-DTEC dengan konfigurasi 4 silinder. Menariknya, mesin Honda WR-V diesel ini sudah dilengkapi turbo 4. Tenaga yang mampu dihasilkan adalah 100 PS dan torsi maksimal sebesar 200 Nm. Namun mesin ini mungkin tidak akan hadir di Indonesia karena minat konsumen.

3. Harganya murah?

Jika dibanding dengan Jazz yang dijual di Indonesia, harga Honda WR-V di India termasuk murah. Dengan kurs Rp 1.000 senilai 5,07 Rupee, harga termurah WR-V di India adalah 839.400 Rupee atau sekitar Rp 164.591.887. Sedangkan pada WR-V tipe termahal, harganya hanya 1.087.400 Rupee atau sekitar Rp 213.220.418.

Tentunya harga tersebut bisa sangat berbeda jika WR-V benar-benar dijual di tanah air. Berbagai hal seperti pajak, ongkos produksi, homologasi produk dan strategi yang dilakukan Honda pada WR-V versi Indonesia pastinya membuat perbedaan harga dengan di India.

4. Punya sunroof?

Sekali lagi Anda harus iri dengan pasar India, karena varian teratas WR-V di negara tersebut sudah memiliki fitur sunroof! Tepatnya pada Honda WR-V varian VX bermesin diesel sudah punya sunroof.

Bahkan sunroof tersebut bisa dioperasikan secara elektris. Electric Sunroof with One-Touch Open/Close Function and Auto Reverse, demikian Honda India menyebut dalam situs resminya.

5. Adakah Peluang Masuk Indonesia?

Jika bicara peluang tentu harusnya ada. Sebab SUV atau lebih tepatnya, segmen Low SUV atau compact crossover merupakan segmen yang sangat ramai peminatnya di Indonesia. Semoga saja Honda Indonesia benar-benar menyiapkan WR-V untuk masuk di segmen tersebut.

Kesimpulan

Honda WR-V sangat layak ditunggu. Jika melihat spesifikasi dan harganya di mancanegara, mobil ini berada di bawah Honda HR-V dari segi segementasi. Namun, sejauh ini kita semua hanya bisa memprediksi dan menduga, karena PT Honda Prospect Motor masih bungkam seribu bahasa mengenai produk satu ini.
 

Komentar

Mobil Terbaru