FAQ: Modal Utama Honda CR-V 2021, Bisakah Lebih Dilirik Dari Para Pesaingnya?

Enda · 24 Feb 2021 08:00

Honda CR-V 2021

Setelah sekian lama ditunggu-tunggu, akhirnya Honda Prospect Motor berhasil memboyong Honda CR-V 2021 ke Tanah Air. Mengsung konsep “Advancing Greatness”, varian teranyar CR-V ini terlihat semakin atraktif dan sporty berkat adanya penyegaran di sektor tampilan serta fiturnya.

Sebagai SUV premium, selain mendapat tampilan baru serta memperoleh fitur unggulan, model terbaru Honda CR-V ini juga disematkan berbagai teknologi canggih guna memberikan keamanan dan kenyamanan terhadap setiap penggunanya.

Penasaran ingin melihat CR-V baru lebih dekat? Di dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa informasi seputar pertanyaan mengenai Honda CR-V 2021 yang belum lama ini diluncurkan.

1. Honda CR-V 2021 Mendapat Mesin Baru?

Mesin Honda CR-V 2021

CR-V facelift yang baru saja diluncurkan dihadirkan dalam dua pilihan mesin 1.5L turbo dan 2.0L Naturally Aspirated (NA). Perlu diketahui, CR-V 2021 ini ditanamkan jenis mesin yang sama dengan generasi pra facelift.

Pada varian 1.5L nya mengusung mesin 1.5L Turbo with Earth Dreams Technology 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW Direct Injection berkubikasi 1498 cc yang dapat merilis tenaga 190PS @5.600 Rpm serta torsi 240Nm @2.000 - 5.000 Rpm.

Bicara mengenai varian 2.0L, pihaknya masih mempercayakan mesin SOHC i-VTEC 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW PGM-FI berkapasitas 1997 cc dengan tenaga 154PS @6.500 Rpm di angka torsi 189Nm @4.300 Rpm.

2. Hadir dengan Satu Pilihan Transmisi?

Transmisi CVT Honda CR-V 2021

Demi memberikan kenyamanan berkendara, Honda CR-V 2021 hanya tersedia satu pilihan transmisi saja, yakni otomatis CVT dengan Earth Dreams Technology. Tidak hanya halus dalam setiap perpindahannya, jenis transmisi yang dianutnya juga terbilang responsif.

3. Mendapatkan Fitur Keselamatan dan Keamanan Lebih Lengkap dan Canggih?

Honda SENSING

Bicara fitur keselamatan, Honda berhasil menyematkan standar fitur yang terbilang lengkap pada SUV ini. Termasuk G-CON + ACE with side impact beam, Dual Front SRS Airbags, New Side Curtain Airbag, New Side Airbag, Emergency Stop Signal, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, Driver & Front Passenger Seatbelt Reminder, ABS + EBD + BA, ISOFIX + Tether, Brake Overide System, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, Hill Start Assist dan Vehicle Stability Assist. Dilengkapi pula dengan fitur keamanan seperti Keyless Entry, Auto Door Lock by Speed, Immobilizer dan Alarm System.

Tidak sampai disitu, khusus varian teratas Honda CR-V 2021 yakni New Honda CR-V 1.5 Liter Turbo Prestige, Honda Prospect Motor menambahkan fitur yang diberinama Honda SENSING. Teknologi keselamatan terbaru ini meliputi CMBS, LKAS, RDM, ACC dan AHB. Penasaran? Berikut penjelasannya.

  • Collision Mitigation Brake System (CMBS) : merupakan sistem yang membantu ketika terdapat kemungkinan kendaraan berbenturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki yang terdeteksi di depan. CMBS didesain untuk memberi tanda ketika potensi berbenturan dapat terjadi, dan membantu mengurangi kecepatan kendaraan untuk mengurangi dampak benturan yang tidak terhindarkan.
  • Lane Keeping Assist System (LKAS), membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi dan memberikan getaran dan visual jika kendaraan terdeteksi keluar dari jalur.
  • Road Departure Mitigation (RDM), berfungsi untuk memberikan peringatan  dan jika diperlukan melakukan koreksi secara otomatis pada roda kemudi apabila pengendara keluar dari jalur agar kembali ke jalur yang benar.
  • Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow, Membantu menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan, dan membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan Anda, tanpa harus menginjak rem atau gas apabila kendaraan yang terdeteksi berhenti.
  • Auto-High Beam (AHB), sistem ini secara intuitif akan berganti antara lampu besar dan lampu normal tergantung pada situasi jalan.

4. Ada Tambahan Fitur Baru di Honda CR-V Terbaru?

Hand-Free Access Power Tailgate Honda CR-V 2021

Sebagai SUV premium dengan tampilan terbaru, varian teratas pada Honda CR-V 2021 juga mendapatkan beberapa tambahan fitur unggulan. Dengan adanya Hand-Free Access Power Tailgate, pengguna bisa dengan mudah membuka pintu bagasi hanya dengan menggoyangkan kaki pada sensor akses di bawah bumper belakang dan menutupnya hanya dengan menekan tombol di bagian bawah pintu.

Selain itu, Honda CR-V facelift juga mendapat fitur Rain Sensing Windshield Wiper, yang dapat menyeka kaca secara otomatis ketika turun hujan tanpa perlu kita colek tuasnya. Tidak hanya itu, SUV terbaru Honda ini juga dilengkapi dengan New Remote Engine Start yang dapat memudahkan pengguna untuk menyalakan mesin dan AC, hanya dengan menekan tombol pintar pada remote kunci sebelum masuk ke dalam mobil.

5. Bisa Menampung Hingga 7 Penumpang Dewasa?

Konfigurasi seat Honda CR-V 2021

Sama seperti varian sebelumnya, CR-V terbaru juga dapat menampung hingga 7 penumpang dewasa khusus untuk varian 1.5L turbo.

Varian 2.0L nya mempunyai kapasitas 5 penumpang dengan kabin lapang yang dapat memberikan keleluasaan untuk meletakkan barang bawaan dan disertai dengan One Action Seat Arrangement yang dapat memudahkan untuk merebahkan kursi baris kedua dari ruang bagasi hanya dengan satu sentuhan.

Pada varian 1.5 Turbo memakai konfigurasi jok dengan kapasitas 7 penumpang. Interiornya mendapat sentuhan yang terasa semakin eksklusif berkat adanya New Walk Away Auto Lock dan TFT Meter, Smart Entry System, Audio, A/C, Rear A/C System, dan One Push Ignition System.

Interiornya semakin mewah dengan dipercantik panel Wood Panel interior, Leather Wrapped pada Shift Knob dan Steering Wheel serta Trimmed Seat. 

6. Mendapatkan Sistem Infotaiment terbaru?

Sistem infotaiment terbaru Honda CR-V 2021

Honda CR-V 2021 berhasil disematkan New 7” Touchscreen Display Audio yang telah dilengkapi berbagai fungsi seperti AM/FM radio, MP3/WMA, Bluetooth, HDMI port, Smartphone connectivity, AUX input dan USB port termasuk Smartphone Connection. Selain itu, sistem audionya telah didukung fitur Hans Free Telephone, sehingga dapat melakukan panggilan telepon melalui layar audio.

7. Hadir dengan 4 Pilihan Warna?

4 pilihan warna Honda CR-V 2021

Seperti yang diketahui, seluruh varian Honda CR-V 2021 tersedia dalam 4 pilihan warna, yaitu White Orchid Pearl, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metalic & Crystal Black Pearl. Semua warna yang disuguhkan menambah kesan premium pada SUV jenama Honda ini.

8. Lebih Mahal Dari Generasi Sebelumnya?

Seperti yang diketahui Honda CR-V 2021 ini ditawarkan lebih mahal sekitar Rp20 juta dari generasi pra facelift.

Harga New Honda CR-V 2021 OTR Jakarta
Tipe Harga
New Honda CR-V 2.0L Rp489,000,000
New Honda CR-V 1.5L Turbo Rp522,500,000
New Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige Rp577,000,000

9. Beli Honda CR-V 2021 Gratis Biaya Perawatan Berkala?

Setiap pembelian New Honda CR-V, konsumen akan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala, jasa + parts s/d 50.000 km atau 4 tahun (syarat dan ketentuan berlaku). Selain itu, Honda juga menawarkan Paket Perawatan yang menjamin biaya perawatan berkala (parts dan jasa) yang lebih terjangkau dan bebas dari kenaikan harga dengan tambahan pilihan Paket Hemat 2 ( 8 tahun / 100.000 km) yang lebih sesuai dengan kebutuhan.

Kesimpulan

Beberapa pertanyaan seputar Honda CR-V 2021 behasil kami jawabnya. Medium SUV pesaing Toyota Corolla Cross, Mazda CX-5, dan Wuling Almaz ini hadir dengan tampilan terbaru yang lebih memukau. Tidak hanya itu, Kehadiran teknologi Honda SENSING pada SUV ini juga dapat memberikan tambahan kenyaman berkendara sekaligus menjatuhkan beberapa lawannya.

Komentar