FAQ: Pertanyaan Menarik Soal Nissan Leaf, 0-100 Km/Jam di Bawah 8 Detik?

Enda · 8 Sep, 2021 20:00

FAQ: Pertanyaan Menarik Soal Nissan Leaf, 0-100 Km/Jam di Bawah 8 Detik? 01

Nissan Leaf, sedan kompak bertenaga listrik pertama milik Nissan Indonesia

Pada 18 Agustus 2021, Nissan Leaf secara resmi diperkenalkan di Tanah Air oleh PT Nissan Motor Distributor Indonesia. Mobil dengan sumber daya energi listrik ini diketahui memiliki tampilan yang atraktif dan sporty layaknya hatchback masa depan.

Sebagai kendaraan listrik murni atau BEV (Battery Electric Vehicle), Leaf ini diketahui sudah memiliki pesaing terdekatnya yang lebih dulu datang.

Ingin tahu lebih dekat mengenai Nissan Leaf yang dijual di Tanah Air? Berikut adalah beberapa pertanyaan seputar Nissan Leaf yang seringkali orang tanyakan.

Baca juga: Jangan Takut ke Luar Kota Pakai Mobil Listrik, Ini Daftar Lengkap Tempat Ngecas Baterainya di Seluruh Indonesia

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

1. Nissan Leaf Buatan Mana?

FAQ: Pertanyaan Menarik Soal Nissan Leaf, 0-100 Km/Jam di Bawah 8 Detik? 01

Nissan Leaf buatan Jepang

Nissan Leaf adalah salah satu produk global Nissan yang diproduksi di negara asalnya di bawah Nissan Motor Co., Ltd. Dengan begitu keberdadaan Nissan Leaf yang ada di Indonesia ini secara utuh didatangkan dari Negeri Sakura.

2. Siapa Pesaing Nissan Leaf?

FAQ: Pertanyaan Menarik Soal Nissan Leaf, 0-100 Km/Jam di Bawah 8 Detik? 02

Hyundai Ioniq, pesaing Nissan Leaf saat ini

Nissan Leaf diketahui memiliki pesaing terdekat yang lebih diluncurkan pada November 2020. Yup, sedan listrik empat pintu berpenampilan kompak jenama Korea Selatan, Hyundai Ioniq adalah pesaing terdekatnya. Sebagai informasi, Ioniq sendiri kini diniagakan Rp637 juta untuk varian Prime, dan Rp677 juta untuk tipe Signature.

3. Berapa Harga Nissan Leaf yang Dijual di Indonesia?

FAQ: Pertanyaan Menarik Soal Nissan Leaf, 0-100 Km/Jam di Bawah 8 Detik? 03

Nissan Leaf dibandrol mulai dari Rp649 juta

PT Nissan Motor Distributor Indonesia menawarkan Nissan Leaf mulai dari Rp649 juta untuk opsi one tone dan Rp651 juta untuk opsi dual tone. Baik versi one tone dan dual tone hanya memiliki perbedaan di warnanya saja. Dimana varian dual tone-nya tersebut berhasil dilabur dengan warna hitam pada bagian pilar serta atapnya.

4. Bagaimana Soal Teknologi Dalam Sistem Pencahayaan Nissan Leaf?

FAQ: Pertanyaan Menarik Soal Nissan Leaf, 0-100 Km/Jam di Bawah 8 Detik? 04

Seluruh sistem pencahayaan Nissan Leaf menggunakan LED

Seluruh sistem pencahayaan Nissan Leaf baik pada lampu depan dan belakang berbentuk boomerang, telah mengaplikasikan teknologi LED. Begitupun Daytime Running Lights (DRL), lampu kabin, serta panel indikatornya, juga menggunakan teknologi yang sama. Hal ini ditujukan selain memberikan pencahayaan secara maksimal dan terlihat modern, lampu dengan teknologi ini terbukti mampu menghemat penggunaan daya listrik.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Listrik di Indonesia di Bawah Rp 1 Milyar, Termurah Rp 480 Jutaan!

5. Butuh Waktu Berapa Jam untuk Mengisi Daya Listrik Pada Baterai Nissan Leaf Hingga Terisi Penuh?

FAQ: Pertanyaan Menarik Soal Nissan Leaf, 0-100 Km/Jam di Bawah 8 Detik? 05

Untuk mengisi daya listrik pada Nissan Leaf, kalian bisa melakukannya di rumah maupun di tempat umum. Ketika mengisi daya di rumah, pemilik mobil ini membutuhkan waktu 12 hingga 15 jam untuk mendapati baterai terisi penuh dengan pengisian daya Portable (3.3 Kw). Jika ingin lebih cepat, pemilik bisa menggunakan pengisi daya Home Charger (AC 7.4 kw) yang dapat mengisi penuh baterai dalam waktu 5 hingga 7 jam.

Berbeda apabila pemilik ingin melakukan pengisian daya di SPKLU atau di diler terdekat yang menyediakan charging station, listrik pada baterai mobil akan terisi penuh dapat hanya dalam waktu satu jam dengan pengisian cepat DC, 50 Kw.

6. Nissan Leaf Apakah Bisa Konslet Ketika Melewati Banjir?

FAQ: Pertanyaan Menarik Soal Nissan Leaf, 0-100 Km/Jam di Bawah 8 Detik? 06

Nissan Leaf aman melewati banjir

Nissan Leaf telah menjalani serangkaian pengujian kualitas dan ketahanan yang paling ketat, termasuk uji banjir dan uji petir.

Pengisi daya kendaraan listrik pun dapat dipastikan aman dalam berbagai kondisi cuaca dan dirancang khusus untuk melindungi kendaraan dan penumpang dari sengatan listrik. Dalam kondisi hujan, pengguna tetap bisa melakukan pengisian daya dengan aman tanpa khawatir konslet maupun tersengat listrik.

7. Berapa Jarak yang Dapat Ditempuh Nissan Leaf Dalam Kondisi Baterai Terisi Penuh?

FAQ: Pertanyaan Menarik Soal Nissan Leaf, 0-100 Km/Jam di Bawah 8 Detik? 07

Mempunyai baterai lithium-ion berkapasitas hingga 40 kWh dengan penggunaan motor listrik yang tangguh, berdasarkan hasil test New European Driving Cycle (NEDC), Nissan Leaf dapat menempuh jarak sejauh 311 km per sekali pengisian daya dalam kondisi penuh.

Dalam kondisi daya listrik yang terisi penuh, jika melakukan perjalanan dari Jakarta via tol Trans Jawa, mobil harus kembali melangsungkan pengisian daya listrik di daerah Pekalongan.

Perlu diketahui, Nissan telah mengembangkan sendiri baterai pada Nissan Leaf, yang diuji secara ketat dan telah membuktikan keandalan yang luar biasa. Tidak ada permasalahan serius yang terjadi pada baterai dari total 10 miliar kilometer jarak yang ditempuh Nissan Leaf yang telah terjual di seluruh dunia.

8. Motor Listrik Pada Nissan Leaf Menghasilkan Tenaga Berapa Besar?

FAQ: Pertanyaan Menarik Soal Nissan Leaf, 0-100 Km/Jam di Bawah 8 Detik? 08

Motor listrik Nissan Leaf

Secara data, Nissan Leaf berhasil mengusung motor listrik yang mampu memperoleh limpahan tenaga maksimal hingga 110 kW atau setara dengan 150 PS dan torsi maksimum 320 Nm.

9. Akselerasi Nissan Leaf Seberapa Cepat?

FAQ: Pertanyaan Menarik Soal Nissan Leaf, 0-100 Km/Jam di Bawah 8 Detik? 09

Pengetesan terhadap Nissan Leaf kerap kali dilakukan sebelum resmi dijual di Indonesia. Salah satunya pernah dilakukan di area tertutup di Pantai Samroiyod, Thailand. Uji coba terhadap Nissan Leaf dilakukan untuk mengubah persepsi masyarakat yang mengira bahwa mobil listrik kurang dinamis dan kurang menyenangkan.

Pengetesan akselerasi secara cepat dilakukan, dan tercatat bahwa Nissan Leaf mampu berlari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 km/jam.

10. Fitur Apa Saja yang Ada di Nissan Leaf?

FAQ: Pertanyaan Menarik Soal Nissan Leaf, 0-100 Km/Jam di Bawah 8 Detik? 10

Mengetahui fitur apa saja didapatkan Nissan Leaf, mobil ini diketahui berhasil tersematkan setir Flat-Bottom Sporty berlapis kulit dan dilengkapi tombol multifungsi. Disisi lain, kalian bisa menjumpai keberadaan panel instrument dengan layar 7 inci serta kursi berlapis Kulit Alcantara yang mewah memberikan suasana ruang kabin yang senyap dan membuat ruang kabin semakin premium.

Untuk sistem infotainment, mobil ini mengusung headunit layar sentuh 8 inch, termasuk dengan koneksi Bluetooth, Voice Command, dan dapat terhubung dengan ponsel pintar melalui Apple CarPlay dan Android Auto.

Mengenai fitur keselamatan, Nissan Leaf mendapatkan Forward Collision Warning (FCW), Forward Emergency Braking (FEB), Intelligent Trace Control (ITC), Vehicle Dynamic Control (VDC), Hill Start Assist (HSA), Anti-Lock Braking System (ABS) with Brake Assist (BA), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Intelligent Around View Monitor (I-AVM) with Moving Object Detection (MOD), Driver Attention Alert (DAA), Electronic Parking Brake (E-PKB), Front Airbag X 2, Side Airbag X 2 & Full Length Curtain Airbag X2.

Bukan cuma itu, mobil ini juga mendapatkan Nissan Intelligent Key with Immobiliser dan Push Start Button untuk fitur keamanannya.

Di sisi lain, Nissan Leaf juga berhasil disematkan fitur terbaru Nissan yang diberi nama one-pedal. Teknologi pintar ini memungkinkan pengemudi untuk melakukan akselerasi dan deselerasi dengan hanya menggunakan satu pedal – yaitu pedal gas saja.

Fitur One-Pedal operation ini dapat mengurangi kebutuhan untuk berpindah dari satu pedal ke pedal lainnya, membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan lebih menyenangkan. One-Pedal operation bahkan memungkinkan berkendara secara sporty di jalan berliku, menjadikan berkendara lebih seru dan juga lebih mudah.

Kelebihan dari One-Pedal operation lainnya, ketika kita tidak menginjaknya maka akan terjadi efek engine brake signifikan seperti pengereman halus.

Kesimpulan 

Beberapa pertanyaan seputar Nissan Leaf berhasil kami jawab. Sedan kompak bertenaga listrik murni ini diketahui sudah memiliki pesaing terdekat yang lebih dulu diluncurkan, yakni Hyundai Ioniq.

Seperti yang kami sudah sampaikan di atas, Nissan Leaf diniagakan mulai dari Rp649 juta sampai dengan Rp651 juta on the road Jakarta. Dalam pengetesannya, mobil ini mampu berlari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 km/jam. Kondisi baterai terisi penuh, Nissan Leaf diketahui mampu menempuh jarak sejauh 311 km.

Setelah membaca ulasan di atas, tertarik membeli Nissan Leaf untuk mobilitas sehari-hari?

Baca juga: Cara Ngecas Mobil Listrik di SPKLU dan di Rumah, Gak Ribet dan Jauh Lebih Murah dari Isi Premium

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Nissan Leaf Electric

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru