FAQ: Segala Sesuatu Tentang Wuling Victory, MPV Mewah Calon Pesaing Toyota Kijang Innova

Budi · 28 Jan, 2021 19:30

Pasar mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia sudah lama menjadi pilihan utama konsumen mobil Tanah Air. Meski popularitas mobil Sport Utility Vehicle (SUV) tengah meningkat, namun beberapa pabrikan otomotif di Indonesia masih yakin jika MPV tetap akan menjadi pilihan mobil terpopuler.

FAQ: Segala Sesuatu Tentang Wuling Victory, MPV Mewah Calon Pesaing Toyota Kijang Innova 01

Tak heran, banyak pabrikan yang menyiapkan berbagai model MPV untuk bersaing di pasar Indonesia. Sebut saja Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, Mitsubishi dan Wuling. Jika lima merek pertama yang disebut adalah pabrikan asal Jepang, maka satu merek terakhir adalah pemain baru di pasar otomotif Indonesia asal Negeri Tirai Bambu, China. Wuling begitu yakin pasar MPV adalah pasar yang sangat potensial di Indonesia sehingga dua model pertama yang diperkenalkan di sini pun MPV, yaitu Wuling Confero dan Wuling Cortez.

Dan Wuling saat ini memiliki satu senjata MPV terbaru yang dianggap potensial untuk kembali dikenalkan di pasar otomotif Indonesia, yaitu Wuling Victory. Akhir tahun lalu, Wuling meluncurkan Victory di China sekaligus menampilkan penggunaan logo baru Wuling yang berwarna perak sebagai logo merek global. Ya, dengan digunakannya logo tersebut, maka dipastikan jika Wuling Victory merupakan model Wuling yang akan dijual di pasar global, termasuk Indonesia.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

FAQ: Segala Sesuatu Tentang Wuling Victory, MPV Mewah Calon Pesaing Toyota Kijang Innova 01

Wuling Victory akan dijual di pasar global mulai 2022

Apakah Wuling Victory sudah mulai dijual? 

Ya, Wuling Victory sudah mulai dijual di China. Mulai 1 November 2020 lalu, Wuling Victory mulai dijual di China dengan empat varian yang ditawarkan, yaitu 1.5T 6MT, 1.5T CVT Elite, 1.5T CVT Noble dan 1.5T CVT Flagship. Banderol harga Wuling Victory adalah sebagai berikut:

Model dan Harga Wuling Victory di China
Model Harga (Yuan) Harga (Rupiah)*
1.5T 6MT 85.800 yuan Rp186,4 Juta
1.5T CVT Elite 95.800 yuan Rp208,2 juta
1.5T CVT Noble 106.800 yuan Rp232,1 juta
1.5T CVT Flagship 116.800 yuan Rp253,8 juta

*Dengan kurs 1 Yuan = Rp2172,97

Kapan Wuling Victory akan dijual di Indonesia?

Wuling Victory menjadi salah satu model penting Wuling untuk memperluas pasarnya di luar China. Meski saat peluncuran Wuling Victory juga disebutkan bahwa tujuan utamanya adalah pasar Eropa, namun pasar Asia Tenggara dan Amerika Selatan juga menjadi salah satu tujuan lain. 

FAQ: Segala Sesuatu Tentang Wuling Victory, MPV Mewah Calon Pesaing Toyota Kijang Innova 02

Indonesia akan menjadi salah satu target utama Wuling Victory

Kesuksesan Wuling Almaz menjadi salah satu modal utama yang diyakini bahwa Wuling Victory juga dapat sukses bertarung di pasar negara berkembang ini melawan Toyota dan Honda. Sayangnya akibat pandemi global Covid-19, berdasarkan pernyataan pihak Wuling di China, masuknya Wuling Victory ke pasar Asia Tenggara paling cepat akan berlangsung pada tahun 2022, dan Indonesia menjadi target utamanya.

Seperti apa desain eksterior Wuling Victory?

Dari sisi desain, Wuling Victory mengadopsi konsep desain baru Wuling yang disebut “Wing Dynamic Aesthetics”.  Desainnya memadukan beberapa konsep SUV dengan MPV sehingga memiliki tampilan yang tangguh dan dinamis.  Bagian depan menampilkan grill besar dengan aksen dominan berwarna perak, senada dengan penggunaan logo Wuling yang baru. Daytime Running Light yang menyipit terletak di bagian atas dengan lampu utama di bagian bawah, keduanya menggunakan LED.

FAQ: Segala Sesuatu Tentang Wuling Victory, MPV Mewah Calon Pesaing Toyota Kijang Innova 03

Desain agresif Wuling Victory berdasarkan selera pasar global

Dari samping, mobil ini juga menunjukkan kesan agresif dengan garis bahu yang tampak tegas memanjang dari depan hingga belakang dan menyambung ke lampu belakang. Kesan kokoh diperlihatkan berkat penggunaan roda dengan velg berukuran 18 inci dan desain multispoke dual-tone yang modern.

FAQ: Segala Sesuatu Tentang Wuling Victory, MPV Mewah Calon Pesaing Toyota Kijang Innova 04

Lampu depan, DRL dan lampu belakang menggunakan LED

Pada bagian belakang, Wuling menggunakan lampu kombinasi berbentuk tajam dengan tulisan ‘WULING” pada pintu belakang yang memberikan kesan modern. Bumper belakangnya dibuat menutupi bagian knalpotnya, dengan reflektor di kedua sisinya. Pada bagian atas pintu belakang terdapat spoiler dengan high-mounted stoplamp, serta shark-fin antena. 

Apakah interior Wuling Victory mewah?

Di bagian interiornya, Wuling memberikan berbagai sentuhan kemewahan nan fungsional untuk memberikan kenyamanan sepanjang perjalanan.  Balutan material berkualitas tinggi dengan kombinasi warna hitam dan beige memberikan kesan lapang. Semakin terasa premium berkat adanya panoramic sunroof berukuran besar.

FAQ: Segala Sesuatu Tentang Wuling Victory, MPV Mewah Calon Pesaing Toyota Kijang Innova 05

Desain interior Wuling Victory modern minimalis membuatnya tampil mewah

Kesan modern ditampilkan dashboard dengan desain minimalis dan tata letak tombol-tombol yang ergonomis. Layar hiburan sekaligus pusat pengaturan berdesain mengambang (floating ) dengan layar sentuh.  Aksen perak pada kisi-kisi AC juga menyuguhkan sentuhan kemewahan.

Wuling Victory menggunakan setir two-spoke berdesain futuristik yang dilengkapi tombol multifungsi. Di balik kemudi, terdapat layar LCD sebagai panel instrumen.

FAQ: Segala Sesuatu Tentang Wuling Victory, MPV Mewah Calon Pesaing Toyota Kijang Innova 06

Desain kursi ergonomis layaknya kursi pesawat di kelas bisnis

Yang paling istimewa adalah kursi yang digunakan pada Wuling Victory terinspirasi dari kursi pesawat terbang kelas bisnis.  Tempat duduknya dirancang secara ergonomis yang disesuaikan dengan lekuk tubuh manusia serta dibalut bahan kulit yang lembut sehingga menghasilkan kenyamanan sekalipun dalam perjalanan jauh. Di bangku baris kedua diberikan captain seat  yang dilengkapi dengan penyangga kaki independen bahkan dapat direbahkan hingga 180o untuk membentuk tempat tidur yang nyaman. 

FAQ: Segala Sesuatu Tentang Wuling Victory, MPV Mewah Calon Pesaing Toyota Kijang Innova 07

Konfigurasi 2+2+2 menjadikan kabinnya lebih lapang

Dengan konfigurasi tempat duduk 2+2+2, di semua baris tempat duduk dilengkapi dengan port USB independen dan stopkontak AC, memenuhi kebutuhan aktual setiap penumpang. Selain itu, jok pengemudi utama juga memiliki fungsi penghangat jok. Kenyamanan di dalam kabin juga didukung kesenyapan suara berkat penggunaan insulator tebal, dan kaca yang dilapisi peredam dua lapis setebal 4 mm.

Yang unik, Wuling menyematkan filter kabin PM2.5 pada Wuling Victory yang dapat menghasilkan ion negatif dan memiliki kemampuan setara dengan masker N95 yang dinilai efektif menyaring debu, virus, dan bakteri agar tidak masuk ke dalam kabin. 

Bagaimana dengan fitur keselamatan Wuling Victory?

Jaminan keselamatan pada Wuling Victory sejak awal diberikan oleh struktur bodi yang dibuat dari baja berkekuatan tinggi. Selain itu ada dua airbag untuk pengemudi dan penumpang depan serta curtain airbag yang melindungi bagian sisi penumpang mulai dari baris pertama hingga baris ketiga.

FAQ: Segala Sesuatu Tentang Wuling Victory, MPV Mewah Calon Pesaing Toyota Kijang Innova 08

Airbag tersedia mengelilingi kabin Wuling Victory

Untuk mendukung keselamatan saat berkendara, Wuling Victory juga telah dilengkapi dengan ESP (Electronic Stability Program) versi terbaru 9.3 milik Bosch untuk menjamin pengendalian di berbagai kondisi jalan dan cuaca. Bahkan Victory telah dilengkapi dengan sistem bantuan mengemudi tingkat lanjut (Advance Driving Aid System – ADAS) antara lain Adaptive Cruise Control yang dilengkapi fungsi Stop & Go, Autonomous Emergency Braking dan Front Collision Warning.

FAQ: Segala Sesuatu Tentang Wuling Victory, MPV Mewah Calon Pesaing Toyota Kijang Innova 09

Radar turut berperan pada adaptive cruise control

Bagaimana dengan mesin yang digunakan Wuling Victory?

Di balik kap mesinnya, Wuling Victory mengusung mesin unggulan yang juga digunakan oleh MPV dan SUV milik Wuling yang telah dijual di Indonesia yaitu mesin 4-silinder 1,5L turbocharger. Mesin berbahan bakar bensin dengan kapasitas 1.451 cc ini dapat menghasilkan tenaga puncak 147 PS pada 5.200 rpm serta torsi maksimal 250 Nm pada 2.200 – 3.400 rpm.

FAQ: Segala Sesuatu Tentang Wuling Victory, MPV Mewah Calon Pesaing Toyota Kijang Innova 10

Mesin 1.5L turbo serupa pada Wuling Almaz dan Cortez

Mesin ini dipadukan dengan dua pilihan transmisi yaitu manual 6-speed dan CVT dengan simulasi 8 percepatan yang dapat memberikan kesenangan berkendara.  Pihak Wuling mengklaim transmisi ini memiliki efisiensi yang komprehensif hingga 88,6% sehingga dapat mengurangi konsumsi bahan bakar.

FAQ: Segala Sesuatu Tentang Wuling Victory, MPV Mewah Calon Pesaing Toyota Kijang Innova 11

Kemampuan pengendaliannya didukung oleh suspensi yang mumpuni

Sebagai tambahan, Wuling Victory menggunakan suspensi independen MacPherson Strut di bagian depan serta torsion beam di bagian belakang. Untuk rem, di depan telah dilengkapi cakram berventilasi dan cakram solid di belakang, lengkap dengan ABS, EBD dan Brake Assist. Untuk membantu pengendaraan saat parkir atau dalam lingkungan yang sempit, Victory juga memiliki camera 360 serta enam buah radar di bagian depan dan belakang mobil.

Siapa mobil pesaing Wuling Victory di Indonesia?

Sebagaimana model-model Wuling sebelumnya, di Indonesia Wuling Motors memiliki strategi untuk menawarkan mobil dengan desain menarik, fitur berlimpah dan kualitas tinggi, namun dengan harga yang lebih terjangkau di kelasnya. Hal yang sama tampaknya juga akan dilakukan oleh Wuling melalui MPV terbarunya ini. Dengan berbagai keunggulan yang dibawanya, rival terdekat yang akan dilawan adalah Toyota Kijang Innova.

FAQ: Segala Sesuatu Tentang Wuling Victory, MPV Mewah Calon Pesaing Toyota Kijang Innova 12

Akan hadir pertarungan seru antara Wuling Victory vs Toyota Kijang Innova 

Dari sisi dimensi Toyota Kijang Innova juga memiliki angka-angka yang tidak berbeda jauh, meskipun tampaknya Wuling Victory juga dapat disandingkan dengan Honda Odyssey dalam hal ini. Meski begitu karena statusnya yang CBU dari Jepang, Honda Odyssey berada pada kelas harga yang jauh berbeda jika dibandingkan dengan Wuling Victory dan Toyota Kijang Innova.

Berikut ini adalah tabel perbandingan dimensi dan spesifikasi singkat antara Wuling Victory dan Toyota Kijang Innova:

Perbandingan Dimensi dan Spesifikasi
Wuling Victory vs Toyota Kijang Innova
Model Wuling Victory Toyota Kijang Innova 2.4L
Dimensi (pxlxt) 4.875x1.880x1.690mm 4.735x1.830x1.795mm
Wheelbase  2.800mm 2.750mm
Mesin 4-silinder bensin 4-silinder diesel
Kapasitas 1.451 cc, turbocharger 2.393 cc
Tenaga maks. 147 PS @ 5.200 rpm 149 PS @ 3.400 rpm
Torsi maks. 250 Nm @ 2.200-3.400 rpm 359 Nm @ 1.200-2.600 rpm
Transmisi Manual 6-speed / CVT Manual 5-speed / Otomatis 6-speed
Suspensi

MacPherson strut (depan) Torsion Beam (belakang)

Double wishbone (depan) Multilink (belakang)

Jadi, Apakah Wuling Victory layak ditunggu?

Jika mempetrtimbangkan spesifikasi yang ditawarkan dengan banderol harga yang diperkirakan akan hadir di Indonesia, seharusnya Wuling Victory akan memberikan nilai yang baik dibandingkan uang yang dikeluarkan (value for money). Apalagi jika kita melihat kualitas produk yang dimiliki oleh Wuling saat ini dengan produk-produknya seperti Wuling Confero, Wuling Cortez dan Wuling Almaz.

FAQ: Segala Sesuatu Tentang Wuling Victory, MPV Mewah Calon Pesaing Toyota Kijang Innova 13

Wuling hanya perlu waktu untuk membuktikan daya tahan dan nilai jual kembalinya

Namun jika dibandingkan dengan Toyota Kijang Innova, Wuling masih belum dapat untuk menandingi soal citra merek dan jaringan layanan purna jual yang dimiliki Toyota. Apalagi hal ini sangat menentukan resale value dari produk tersebut. Bisa jadi masih memerlukan 4 atau 5 tahun lagi untuk dapat mengetahui seberapa baik resale value produk-produk Wuling, mengingat mereka baru berusia 3 tahun di Indonesia.

Tapi jangan lupa, Wuling Victory kemungkinan baru akan hadir pada tahun 2022 dimana tentunya bisa saja akan ada penyempurnaan pada produk ini sebelum dijual di pasar Indonesia. Selain itu, PT SGMW Indonesia (Wuling Motors) juga tentunya akan terus memperbaiki pelayanannya, mulai dari penjualan hingga purna jual. Dan jika mereka juga bisa sekaligus membuktikan realibilitas produknya, maka nilai jual kembali produk Wuling akan semakin baik. Jadi, mobil ini memang sudah sepatutnya dinantikan.
 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Wuling Victory Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru