FAQ: Teknologi ‘Shift By Wire’ di New Hyundai Santa Fe, Cuma Pencet Tombol Buat Oper Gigi?

Enda · 22 Sep, 2021 08:00

FAQ: Teknologi ‘Shift By Wire’ di New Hyundai Santa Fe, Cuma Pencet Tombol Buat Oper Gigi? 01

New Hyundai Santa Fe

Sosok Medium SUV 7-seater jenama Negeri Gingseng, New Hyundai Santa Fe berhasil diluncurkan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) pada April 2021.

Saat diluncurkan, harga bandrol Hyundai Santa Fe terbaru sampai dengan saat ini diniagakan mulai dari Rp569 juta hingga Rp729 juta.

Ingin tahu melihat lebih dekat New Hyundai Santa Fe? Berikut beberapa pertanyaan menarik seputar New Hyundai Santa Fe yang wajib kalian ketahui.

Baca juga: FAQ: Jawaban dari Beragam Pertanyaan Soal Daihatsu Rocky 1.200 Cc, Pilihan Murah Apakah Fiturnya Mewah?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

1. New Hyundai Santa Fe Buatan Mana?

FAQ: Teknologi ‘Shift By Wire’ di New Hyundai Santa Fe, Cuma Pencet Tombol Buat Oper Gigi? 01

New Hyundai Santa Fe didatangkan secara utuh dari Korea Selatan

Sama seperti beberapa produk Hyundai yang dijual di Indonesia, eksistensi New Hyundai Santa Fe yang kalian lihat saat ini didatangkan secara utuh atau yang biasa disebut Completely Build UP (CBU) dari negara asalnya, yaitu Korea Selatan.

Jika pabrik Hyundai yang ada di Indonesia selesai dalam tahap pembangunannya, tidak menutup kemungkinan Santa Fe nantinya turut diproduksi di dalam negeri.

2. Siapa Pesaing New Hyundai Santa Fe Saat Ini?

FAQ: Teknologi ‘Shift By Wire’ di New Hyundai Santa Fe, Cuma Pencet Tombol Buat Oper Gigi? 02

New Honda CR-V salah satu pesaing New Hyundai Santa Fe

Bila melihat segmen yang dituju, New Hyundai Santa Fe ini akan bersaing secara ketat dengan kedigdayaan Honda CR-V, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

3. Secanggih Apa Sistem Pencahayaan New Hyundai Santa Fe?

FAQ: Teknologi ‘Shift By Wire’ di New Hyundai Santa Fe, Cuma Pencet Tombol Buat Oper Gigi? 03

Sistem pencahayaan New Hyundai Santa Fe menggunakan LED

Hyundai Santa Fe terbaru tidak hanya memiliki tampilan luar yang didesain ulang dengan nuansa kokoh dan berkarakter berkat grille berpola geometris yang khas, tapi juga didukung oleh lampu LED berprojector serta beraksen huruf T pada LED Daytime Running Lights (DRL).

Begitupun lampu belakangnya, turut disematkan teknologi LED yang terkesan atraktif.

Menengok sisi bagian dalam, mobil ini kehadiran sistem lampu LED yang menampilkan suasana 64-warna yang dapat disesuaikan (64-color adjustable ambient mood) dan digital instrument cluster berukuran 12,3 inci.

4. Berapa Pilihan Mesin Hadir Pada New Hyundai Santa Fe Terbaru?

FAQ: Teknologi ‘Shift By Wire’ di New Hyundai Santa Fe, Cuma Pencet Tombol Buat Oper Gigi? 04

Mesin 2.2L CRDi turbo diesel pada New Hyundai Santa Fe

Dalam menyuguhkan performa berkendara yang menyenengkan dan menyesuaikan kebutuhan pengguna, Hyundai Santa Fe terbaru dihadrikan dengan dua pilihan mesin, yakni 2.5L MPi bensin dan 2.2L CRDi turbo diesel. 

Diketahui untuk mesin bensinnya ini berjensikan Theta III 16-valve, HLA yang mana mampu memperoleh tenaga 180 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal 232 Nm @4.000 rpm. Sedangkan mesin diesel CRDi 16-valve, HLA yang digunakannya diketahui mampu memeras tenaga hingga 202 PS @3.800 rpm serta torsi puncak 441 Nm @1.750 – 2.750 rpm.

Baca juga: FAQ: Beragam Pertanyaan Seputar Honda Civic 2022, Apa yang Menarik dari Mobil Ini?

5. New Hyundai Santa Fe Apakah Punya Pilihan Transmisi Manual? 

FAQ: Teknologi ‘Shift By Wire’ di New Hyundai Santa Fe, Cuma Pencet Tombol Buat Oper Gigi? 05

New Hyundai Santa Fe hadir dengan transmisi otomatis

Bicara soal transmisi yang ditawarkan pada New Hyundai Santa Fe, mobil ini hanya mendapatkan pilihan transmisi otomatis saja. Sebagai catatan, untuk varian mesin bensinnya menggunakan transmisi 6-speed automatic transmission, sedangkan Santa Fe bermesin diesel dikawinkan dengan transmisi 8-speed automatic Dual Clutch Transmission (DCT).

Untuk kalian ketahui, Santa Fe varian bensin maupun diesel sama-sama menggunakan penggerak depan (FWD) untuk dapat menjalankan mobil.

6. Seberapa Canggih Teknologi Pengoperasian Transmisi New Hyundai Santa Fe?

FAQ: Teknologi ‘Shift By Wire’ di New Hyundai Santa Fe, Cuma Pencet Tombol Buat Oper Gigi? 06

Sistem operasi New Hyundai Santa Fe menggunakan shift by wire

Seperti yang diketahui, Hyundai Santa Fe terbaru ini sudah menggunakan teknologi shift by wire. Perpindahan giginya tidak lagi memakai tuas, tapi dengan cara menekan tombol yang terdapat di center clusternya.

Memiliki fungsi yang sama dengan shift knob pada umumnya, shift by wire ini memudahkan pengemudi dalam mengoperasikan kendaraan, dan memperingkas tampilan interior.

7. New Hyundai Santa Fe Ada Berapa Mode Berkendara?

FAQ: Teknologi ‘Shift By Wire’ di New Hyundai Santa Fe, Cuma Pencet Tombol Buat Oper Gigi? 07

New Hyundai Santa Fe mendapatkan 4 MODE berkendara

Berkendara menggunakan New Hyundai Santa Fe tentunya dapat menyesuakian mood berkendara. Pasalnya, mobil ini hadir dengan 4 MODE berkendara yang diantaranya: COMFORT, ECO, SPORT dan SMART.

MODE COMFORT sangat tepat digunakan untuk mengemudi sehari-hari, ECO untuk efisiensi bahan bakar optimal, SPORT untuk akselerasi lebih cepat, atau SMART yang secara otomatis menyesuaikan interval perpindahan gigi berdasarkan pola mengemudi terkini.

8. Fitur Keselamatan Seperti Apa yang Dimiliki New Hyundai Santa Fe?

FAQ: Teknologi ‘Shift By Wire’ di New Hyundai Santa Fe, Cuma Pencet Tombol Buat Oper Gigi? 08

Fitur keselamatan New Hyundai Santa Fe

New Hyundai Santa Fe dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan dan tercanggih di kelasnya, seperti; Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), High Beam Assist, Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan Surround View Monitor (SVM).

Demi memberikan perlindungan lebih terhadap para penggunanya, mobil ini berhasil tersematkan 6 SRS Airbags. Untuk fitur keamanan, mobil ini mendapatkan Smart Keyless Entry & Engine Start Stop Button,

Electric Child Lock (ECL)& Safe Exit Assist (SEA) yang dapat membantu mengurangi risiko benturan dengan kendaraan yang datang dari arah belakang bagi penumpang yang ada di baris kedua.

Selain itu, Rear Occupant Alert (ROA) juga hadir untuk memberikan peringatan bagi pengemudi untuk memeriksa apakah masih ada penumpang di bagian belakang ketika beranjak keluar dari mobil.

9. Apa yang Menarik dari New Hyundai Santa Fe?

FAQ: Teknologi ‘Shift By Wire’ di New Hyundai Santa Fe, Cuma Pencet Tombol Buat Oper Gigi? 09

Panoramic Sunroof New Hyundai Santa Fe

Agar setiap penggunanya merasa nyaman ketika berkendara jauh, New Hyundai Santa Fe ini telah diaplikasikan jok berlapiskan bahan kulit Nappa dengan pemanas dan ventilasi, AC Dual Zone, Power Tailgate serta Panoramic Sunroof.

Kesimpulan

Setelah melihat ulasan di atas, tentunya rasa penasaran kalian terhadap New Hyundai Santa Fe sudah sedikit terobati. Menurut pandangan kami, Santa Fe terbaru ini memiliki beberapa fitur yang lebih canggih dibandingkan dengan beberapa kompetitor terdekatnya.

Tidak hanya itu saja, tampilan mobil ini juga terkesan jauh lebih atraktif, serta hadir dengan pilihan mesin bensin dan diesel yang dipadukan transmisi otomatis 6-percepatan dan 8-percepatan Dual Clutch Transmission (DCT). Untuk pengoperasiannya juga terbilang simpel dan mudah karena menggunakan teknologi shift by wire.

Baca juga: FAQ: Hyundai Staria 2021 Meluncur Hari Ini, Berikut Fakta Menarik yang Harus Kalian Ketahui

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi GLS

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru