window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

FAQ Toyota Agya 2023: Harga Lebih Mahal dari Brio Karena Fitur yang Semakin Canggih?

Enda · 27 Mar, 2023 13:30

Toyota Agya 2023

Tidak seperti generasi sebelumnya, Toyota Agya (Spesifikasi | Berita) 2023 bermain di dua segmen berbeda seperti Brio, yakni LCGC dan city car sub-kompak. Menjadi mobil pilihan first buyer, model LCGC ditempati oleh varian E dan G, yang mana untuk harga ditawarkan mulai dari Rp167,9 juta sampai dengan Rp191,4 juta.

Menempati posisi satu satu tingkat di atas LCGC, Agya GR Sport dinigakan Rp237,5 juta hingga Rp256 juta OTR Jakarta. Harga yang dimiliki varian teratasnya tersebut lebih mahal dari Honda Brio (Spesifikasi | Berita) RS. Pesaing di kelasnya, Brio RS dijual Rp223,1 juta sampai dengan Rp243,9 juta.

Bicara penampilan, generasi kedua Agya terlihat jauh lebih atraktif dan agresif. Di bagian depan mendapat garis tegas dengan disematkan lampu LED berbentuk pipih. Headlampnya sendiri sudah dibekali DRL LED model plasma yang terlihat begitu modis ketika menyala. Oh iya, sistem pencahayaannya sudah didukung fitur Follow Me Home dan Auto Cut Off yang memudahkan pemilik ketika berada di tempat gelap.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pada kap mesin, mobil ini memiliki bentuk lebih lebar dan kekar berkat bentuk serta lekukan yang diterima. Tampilan grill berbentuk horizontal yang dibagi menjadi beberapa bilah, serta pada bumper disematkan DRL LED model vertikal.

Selain tampilan yang terlihat jauh lebih atraktif sekaligus modern, dari segi berkendara Agya 2023 juga lebih nyaman dikendarai dibanding model sebelumnya. Penasaran dan ingin tahu Toyota Agya 2023 secara lebih dekat? Simak terus ulasan di bawah ini.

Baca juga: Review All New Toyota Agya GR Sport 2023: Lebih Pede Tantang Brio RS

1. Toyota Agya 2023 Buatan Mana?

Toyota Agya 2023

Seperti model sebelumnya, Toyota Agya 2023 diproduksi di pabrik Daihatsu Sunter Plant, Jakarta Utara bersamaan dengan saudara kembarnya, Ayla. Disebut-sebut sebagai mobil lokal, Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang dipakai oleh mobil ini mencapai lebih dari 80 persen.

2. Dimensi Toyota Agya 2023 Apakah Berubah Dari Sebelumnya?

Toyota Agya 2023

Secara dimensi, Toyota Agya 2023 jadi lebih besar dibandingkan model sebelumnya berkat penggunaan platform baru berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Strutkur rangka yang dikembangkan oleh Daihatsu ini memiliki beragam keunggulan seperti menyuguhkan keluasan kabin, desain modern dan stylish, teknologi terkini, serta fitur keselamatan dan kenyamanan yang lebih lengkap.

Tak hanya itu, platform ini disinyalir juga memiliki tingkat stabilitas lebih baik dan handling semakin rigid berkat suspensi dengan teknologi baru, serta kabin yang kian senyap. 

Mengenai dimensi, Agya 2023 memiliki panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm dan wheelbase 2.525. Pada model sebelumnya untuk panjang berada di angka 3.600 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.520 mm serta jarak sumbu roda 2.450 mm.

3. Fitur Daihatsu Agya Generasi Kedua Seberapa Canggih?

Toyota Agya 2023

Head unit Toyota Agya GR Sport lebih besar satu inci dari varian dibawahnya 

Melihat bagian dalam, Agya memiliki tampilan yang lebih canggih, modern dan sporty. Memadukan konsep horizontal design, pada panel instrument dan door trim Agya gen 2 mengadopsi tekstur 3 dimensi untuk memberikan nuansa yang lebih bekelas.

Konsol tengah dan tuas transmisi dibuat sedkit lebih tinggi untuk meningkatkan gaya berkendara lebih ergonomis serta pengaturan desain dan posisi jok yang sanggup menopang tubuh secara optimal. Tak hanya itu ubahan lain juga terjadi pada desain dan layout pedal supaya pengemudi mendapatkan posisi duduk yang natural dan rileks.

Soal fitur yang ada di dalam, mobil ini memperoleh sistem hiburan head unit layar sentuh berukuran 7 inci lengkap dengan fitur mirroring, ditambah koneksi via Bluetooth, AUX-IN, dan USB. Pada varian GR Sport, ukuran head unitnya lebih besar satu inci dengan model floating. Bicara pusat informasi berkendara, tipe teratas menggunakan tampilan full TFT MID yang terlihat begitu atraktif dan informatif.

Guna memberikan rasa berkendara yang lebih nyaman, Agya kini dilengkapi tilt steering serta head rest yang bisa diatur untuk semua tipe. Mulai dari varian G, mobil ini lengkap dengan fitur canggih seperti; AC digital, steering switch control, serta tombol star/stop engine. Khusus tipe CVT, terdapat tambahan fitur paddle shift dan power mode. Electric mirror juga menjadi fitur standar di tipe E dan G, dimana mulai dari varian G mendapat tambahan smart entry system.

Kecanggihan lain yang ada pada Agya GR Sport, mobil ini memperoleh fitur wireless charging yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengisian daya hanya dengan cara meletakan smartphone.

Baca juga: Mau Ubah Toyota Agya 2023 Jadi Tipe GR Sport? Cuma Tambah Rp6 Jutaan!

4. Fitur Keselamatan Toyota Agya Apakah Makin Komplit?

Toyota Agya 2023

Toyota Agya memiliki fitur keselamatan yang semakin lengkap dan canggih guna melindungi setiap penggunanya. Seperti yang diketahui di depan memakai rem cakram serta tromol di belakang dengan diameter lebih besar untuk meningkatkan daya pengereman. Semua model untuk sistem pengereman lengkap dengan fitur ABS dan EBD. Terdapat pula rear parking sensor, speed sensor lock, alarm dan immobilizer, isofix, serta seat belt warning.

Selain itu di bagian depan semua tipe memperoleh dual SRS airbags, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Asssist (HSA). Khusus tipe GR Sport mendapat tambahan rear camera yang memudahkan pengemudi untuk memantau kondisi belakang ketika parkir mundur.

5. Adakah Perubahan Handling di Varian Agya GR Sport?

Toyota Agya 2023

Handling Toyota Agya 2023 GR Sport lebih rigid

Dengan mempertahankan karakter dan feeling berkendara yang sporty, Agya GR Sport pada suspensi serta kemudinya juga telah diracik ulang. Hal ini juga mewarisi DNA motorsports TOYOTA GAZOO Racing (TGR). Untuk sistem suspensinya memiliki daya redam serta rigid lebih maksimal ketimbang model standar yang berdampak pada kestabilan berkendara.

Sistem kemudi dengan teknologi Electonic Power Steering (EPS) yang digunakan mendapatkan rasio roda gigi lebih rapat yang membuatnya terasa lebih lincah ketika diajak bermanuver. Penggunaan sport tires dipilih pada varian GR Sport serta racikan pada sistem kemudi dan suspensi menghasilkan handling yang terasa lebih dewasa.

Pada eksterior, varian GR Sport ditambahkan aero kit mengelilingi mobil yang bertujuan untuk membantu meningkatkan aerodinamika berkendara. Penambahan downforce pada mobil ini juga membuatnya dapat bermanuver dengan stabil dan lincah tanpa khawatir kehilangan kendali. Grip ban mobil juga dibuat semakin baik berkat aliran udara yang dialihkan sehingga tidak menekan ban belakang.

6. Berapa Varian Mesin di Toyota Agya 2023?

Toyota Agya 2023

Mesin WA-VE Toyota Agya 2023

Generasi kedua Agya hadir dengan satu pilihan mesin dengan koed WA-VE berkapasitas 1.198 cc 3-silinder segaris DOHC 12 valve dual VVT-i. Di atas kertas mesin yang serupa digunakan Raize 1.2L tersebut dapat memeras tenaga 88 PS di 6.000 rpm dan torsi sebesar 113 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Guna memberikan kesan berkendara yang fun to drive, mesinnya dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan D-CVT yang dikembangkan dengan fixed gear ratio sehingga mampu menghasilkan akselerasi yang lebih cepat dan linear.

Kesimpulan

Bermain di dua segmen berbeda, Toyota Agya 2023 memiliki tampilan yang sama-sama atraktif, canggih dan sporty dibanding model sebelumnya. Tak hanya itu, fitur yang ditawarkan juga lebih lengkap dan modern sehingga mampu memberikan rasa berkendara yang semakin nyaman sekaligus fun to drive.

Andalkan mesin baru, Toyota sendiri mengklaim bahwa untuk konsumsi BBM generasi kedua Agya sanggup menempuh jarak 21,7 km per liter untuk transmisi manual, dan 21 km per liter varian otomatis CVT.

Baca juga: Beda Cuma Rp 1 juta, Pilih Toyota Agya GR Sport Atau Raize yang Bermesin Turbo?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Agya G 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil