FAQ: Toyota Hiace Commuter Punya Fitur Keselamatan Lebih Canggih Dari Avanza?

Enda · 14 Okt, 2021 16:00

FAQ: Toyota Hiace Commuter Punya Fitur Keselamatan Lebih Canggih Dari Avanza? 01

FAQ Toyota Hiace Commuter

Melalui pagelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, PT Toyota Astra Motor meluncurkan generasi kelima Hiace yang dinamai Toyota Hiace Commuter. Tak lagi beberntuk pick up, Hiace kini lebih bermain di segmen kendaraan niaga berpenumpang muatan ringan.

Bukan cuma lebih nyaman, saat ini Hiace Commuter juga dianggap lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar serta ramah lingkungan.

Ingin tahu lebih dekat mengenai Hiace Commuter yang dijual di Tanah Air? Berikut adalah beberapa pertanyaan seputar Toyota Hiace Commuter yang seringkali membuat orang penasaran.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hiace Commuter, Apakah Cocok Digunakan Untuk Mobil Keluarga?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

1. Toyota Hiace Commuter Buatan Mana?

FAQ: Toyota Hiace Commuter Punya Fitur Keselamatan Lebih Canggih Dari Avanza? 01

Toyota Hiace Commuter secara utuh didatangkan dari Jepang

Saat pertama kali diperkenalkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada 2012, status Toyota Hiace Commuter ini secara utuh atau CBU (Completely Built Up) dari Jepang di bawah naungan Toyota Motor Corporation.

2. Siapa Pesaing Terdekat Toyota Hiace Commuter?

Melihat dari segi dimensi, bisa dikatakan Toyota Hiace Commuter kini bermain secara tunggal di segmennya. Karena banyak digunakan sebagai kendaraan travel dan pariwisata, maka rival terdekatnya saat ini adalah Isuzu Elf.

3. Berapa Kapasitas Penumpang Toyota Hiace Commuter?

FAQ: Toyota Hiace Commuter Punya Fitur Keselamatan Lebih Canggih Dari Avanza? 02

Toyota Hiace Commuter bisa dimuati 15 orang sekaligus

Mengetahui kapasitas muat penumpang Toyota Hiace Commuter, mobil ini diketahui mampu dimuati hingga 15 orang sekaligus dengan 14 penumpang dan 1 orang pengemudi.

Secara konfigurasi, baris paling depan dapat diisi dengan satu penumpang dan satu driver. Sedangkan baris kedua, ketiga dan keempatnya bisa diisi masing-masing tiga penumpang dengan posisi duduk dua kanan dan satu kiri. Lalu pada baris kelima dapat dimuati empat penumpang sekaligus.

4. Toyota Hiace Mendapat Fitur Unggulan Apa Saja?

Mengenai fitur unggulan yang ada di Toyota Hiace Commuter, light commercial car ini diketahui telah tersematkan power window dilengkapi Auto Up & Auto Down di bagian depan, tilt steering, pengaturan spion elektrik, Electronic Power Steering (EPS), AC double blower with Climate Control, Rear Ceiling A/C, New Meter Combination HUD, defogger, Read Wiper with Water Nozzle, Manual Leveling Head Lamp serta Adusting Passenger Seat.

Oh iya, untuk sistem hiburannya Hiace Commuter telah mendapatkan head unit higher level of travel experience with AVX 6” touch screen yang mendukung format Bluetooth, AUX, USB, AM/FM, DVD/CD dan memiliki konektivitas iPod.

Baca juga: Mau Coba Bisnis Travel, Segini Biaya Service Toyota Hiace Commuter Sampai 100.000 Km

5. Sebagai Mobil Niaga, Apakah Fitur Keselamatan Toyota Hiace Commuter Cukup Canggih?

FAQ: Toyota Hiace Commuter Punya Fitur Keselamatan Lebih Canggih Dari Avanza? 03

Fitur keselamatan Toyota Hiace Commuter terbilang modern

Soal fitur keselamatan, Toyota Hiace Commuter berhasil disematkan 3-Points Seat Belt, Seat Belt with Pretensioner & Force Limiter pada seluruh kursi penumpang belakang, Dual SRS Airbags dan ABS + BA (Antilock Braking System + Brake Assist) untuk pengereman yang efektif dan menghindari penguncian saat rem mendadak.

Mengenai sistem pengeremannya, di bagian depannya sudah menggunakan Ventilated Disc w/ Floating Calyper 1-Cylinder serta Leading-Trailing Drum Brake di roda belakangnya.

Sebagai bentuk perlindungan lebih terhadap penggunannya, Toyota Hiace Commuter dilengkapi dengan crumple zone yang akan mengurangi dampak fatal terhadap penumpang dan pengemudi jika terjadi tabrakan depan.

6. Toyota Hiace Commuter Ada Berapa Varian Mesin?

Toyota Hiace Commuter hadir dengan satu pilihan jantung pacu saja yakni, mesin diesel turbocharger 2.494 cc 4-silinder segaris 16-valve DOHC D-4D berteknologikan common rail yang dapat memuntahkan tenaga 102 PS @3.600 rpm di angka torsi maksimal sebesar 259 Nm @1.600-2.400 rpm. Mesin yang digunakan tersebut selain hemat bahan bakar, juga terbukti memiliki tingkat durabilitas tinggi.

7. Pilihan Transmisi Otomatis Dihadirkan Pada Toyota Hiace Commuter

FAQ: Toyota Hiace Commuter Punya Fitur Keselamatan Lebih Canggih Dari Avanza? 04

Toyota Hiace Commuter hanya ditawarkan pilihan transmisi manual 5-percepatan

Mesin diesel 2.5L pada Toyota Hiace Commuter yang ada di Indonesia hanya dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

8. Bagaimana Spesifikasi Kaki-Kaki Toyota Hiace Commuter?

Untuk meredam getaran sepanjang perjalanan, Toyota Hiace Commuter menggunakan Double Wishbone with stabilizer di bagian depan serta Leaf Spring Rigid Axle di bagian belakangnya.

Soal lingkar roda, mobil ini memakai velg kaleng berukuran 15 inci yang diselimuti ban berprofil ukuran 195 yang ditutupi dop.

9. Berapa Dimensi Toyota Hiace Commuter?

FAQ: Toyota Hiace Commuter Punya Fitur Keselamatan Lebih Canggih Dari Avanza? 05

Tampilan samping Toyota Hiace Commuter

Secara Data Toyota Hiace Commuter memiliki panjang 5.380 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 2.285 mm. Wheelbase atau jarak sumbu roda-nya tercatat 3.110 mm.  

10. Toyota Hiace Commuter Mendapat Berapa Pilihan Warna?

Perlu diketahui Toyota Hiace Commuter hadir dengan tiga pilihan warna netral yakni; hitam, silver dan putih. Untuk warna hitam kerap kali digunakan sebagai mobil pengawal presiden atau paspampers serta instansi pemerintah. Sedangkan warna silver dan putih banyak dipakai untuk mobil travel maupun pariwisata.

Kesimpulan

Pertanyaan menyoal Toyota Hiace Commuter berhasil kami jawab di atas. Dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk sekelas kendaraan niaga, mobil ini memiliki fitur yang terbilang lengkap baik pada fitur unggulan maupun keselamatannya.

Bukan cuma itu, mesin diesel yang digunakan juga terbilang efisien serta memiliki tingkat durabilitas tinggi.

Sebagai informasi, menurut situs resminya saat ini Toyota Hiace Commuter dibandrol Rp512,6 juta on the road Jakarta. Memiliki harga baru mencapai setengah miliar, kalian tertarik membeli Toyota Hiace Commuter untuk usaha travel maupun pariwisata?

Baca juga: Adu Irit, Inilah Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Toyota Hiace Vs Hyundai H-1

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Hiace STD Manual

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru