window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

FAQ Toyota Kijang Innova Zenix: Mesin Baru dengan Teknologi Baru Jadi Seberapa Hebat?

Enda · 4 Jan, 2023 12:01

Toyota Kijang Innova Zenix

Menggantikan model sebelumnya, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan generasi ketujuh Kijang yang dinamakan Toyota Kijang Innova Zenix pada bulan November 2022. Sebagai penerus Innova Reborn, mobil ini bukan cuma memperoleh penyegaran pada penampilan saja, akan tetapi struktur rangka, fitur, teknologi serta mesin juga mendapatkan pembaruan.

Kerap disebut sebagai Kijang yang naik kelas, menurut situs resminya per Januari 2023 harga Toyota Innova Zenix mulai dari Rp419 juta hingga Rp614 juta. Jika kalian tertarik membelinya, ketahui lebih dulu beberapa informasi terkait mobil ini melalui ulasan berikut.

1. Toyota Kijang Innova Zenix Buatan Mana?

Toyota Kijang Innova Zenix

TMMIN Plant 1 Karawang

Sebagai informasi, Innova Zenix ditawarkan dengan pilihan mesin hybrid dan non hybrid. Mobil ini diproduksi secara lokal di pabrik Plant 1 Karawang milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Diproduksi secara lokal dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kijang Innova Zenix saat ini mencapai 65%. Selain mesin, komponen lainnya yang masih diimpor dari luar negeri yakni baterai untuk varian hybrid. Meski diimpor dari Jepang, baterai yang terbuat dari nikel tersebut beberapa komponennya dari dalam negeri.

Baca juga: Test Drive Toyota Kijang Innova Zenix Yogyakarta - Jakarta, Tak Ada Lagi Rasa Kijang Sebelumnya (Part 1)

2. Ada Berapa Varian Toyota Kijang Innova Zenix?

Toyota Kijang Innova Zenix

Innova Zenix tipe V

Toyota Kijang Innova Zenix hadir dalam lima varian berbeda, yakni G, G HV, V, V HV dan Q HV. Sebenarnya ada juga pilihan Modellista pada varian V HV dan Q HV dengan penambahan body kit dibawahnya.

3. Apa Keunggulan Toyota Kijang Innova Zenix?

Toyota Kijang Innova Zenix

Bagasinya juga luas

Berbeda dengan model sebelumnya yang menggunakan sasis tangga berjeniskan platform Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV), Innova Zenix mengandalkan struktur rangka Toyota New Global Achitecture (TNGA): GA-C bejeniskan monokok.

Sasis TNGA yang digunakan pada mobil ini menghasilkan wheelbase lebih panjang sehingga terasa semakin luas dan nyaman digunakan. Menggunakan struktur rangka baru, untuk layoutnya mobil ini mengandalkan sistem penggerak roda depan dengan mesin yang diletakan secara melintang.

Tak hanya itu, penggunaan platform TNGA juga menghasilkan nuansa kabin lebih luas berkat lantai kabin yang dibuat rata, serta jarak sumbu roda yang dipanjangkan. Adapun dengan strukur rangka baru berbasis TNGA dapat meningkatkan rigiditas bodi, mengurangi berat mobil, serta mengurangi suara yang masuk ke dalam kabin mobil.

Sebagai informasi, Innova Zenix memiliki panjang tubuh 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm, sementara wheelbase-nya 2.850 mm. Bandingkan dengan Innova reborn yang mempunyai panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.795 mm, dan wheelbase 2.750 mm.

Dimensinya yang membesar dengan panjang bagian dalam kabin mencapai bertambah 56 mm, dapat menyuguhkan rasa berkendara yang lebih nyaman dibandingkan model sebelumnya.

4. Fitur yang Dimiliki Toyota Innova Zenix?

Toyota Kijang Innova Zenix

Toyota Innova Zenix dibekali dengan berbagai fitur dan teknologi yang advance, mewah dan terbaik di kelasnya sesuai trend serta kebutuhan keluarga millennial dengan nilai-nilai global. 

Untuk varian teratasnya mobil ini berhasil dilengkapi Power Back Door with Voice Command yang berfungsi untuk membuka bagasi hanya dengan menggunakan perintah suara.

Selain itu ada juga Panoramic View Monitor yang disertai light illumination mulai dari tipe V guna menghasilkan pandangan berkendara menjadi lebih luas sekaligus memberikan nuansa rileks.

Pusat informasi berkendaranya, mobil ini telah dilengkapi layar 7 inch Multi Information Display (MID) di tengah untuk model Hybrid EV dan 4.2 inch MID untuk model gasoline. Untuk sistem hiburannya tipe G dan G HV mendapatkan head unit layar sentuh dengan smartphone connection. Sedangkan varian V, HV, dan Q HV berhasil disematkan head unit 10 inci selain mendukung smartphone connection juga NFC E-Toll Card Checking.

Khusus tipe Q HV, Toyota Kijang Innova Zenix disematkan wireless charger di konsol tengah. Tak hanya itu, ada juga captain seat di kabin tengah dengan kursi ottoman electric recline dan layar 10 inci Dual Rear Seat Entertainment (RSE) with Internet Connection yang dapat dioperasikan secara independen pada baris keduanya.

Baca juga: Bukan Cuma Innova Zenix, Toyota Sediakan Paket Modellista Buat Vios, Fortuner, dan Hilux

5. Fitur Keselamatan dan Keamanan Innova Zenix Apa Saja?

Toyota Kijang Innova Zenix

Tampilan belakang tipe V

Mengenai fitur keselamatan berkendara, Toyota Kijang Innova Zenix berhasil dilengkapi dengan ABS+EBD+BA dan rem cakram di semua roda. Selain itu juga terdapat Electric Parking Brake + Brake Hold (EPB+BH), sensor parkir, dengan model Q HV ditambah corner sensor. Termasuk pula Start Stop Button + Smart Entry.

Tak ketinggalan, bagian dari keselamatan berkendaranya mobil ini berhasil ditambahkan Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA), serta adanya kamera parkir. Untuk mengetahui kondisi keliling mobil, ada juga DVR yang bertindak sebagai dashboard camera guna merekam perjalanan.

Mampu mengurangi cedera saat terjadinya benturan cukup keras, mulai dari tipe G hingga V mendapatkan dua buah airbags di depan. Sedangkan model Q HV memiliki 6 SRS airbags yang terdiri dari dual airbags, side airbags, dan curtain side air bags (CSA).

Ada pula fitur Vehicle Approach Notice yang memberikan peringatan kepada pengemudi jika ada kendaraan lain atau pejalan kaki mendekati titik tertentu kendaraan. Fitur ini terdapat di tipe Q HV, dan V HV.

Bagi yang belum tahu, tipe Q HV telah mendapatkan fitur keselamatan pintar yang merupakan generasi terbarunya yakni Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Teknologi keselamatan Toyota yang mengandalkan sensor dan radar tersebut telah mencakup Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Assist (LTA) dan Automatic High Beam (AHB).

6. Sehebat Apa Performa Mesin Toyota Innova Zenix?

Toyota Kijang Innova Zenix

Ada meisn hybrid dan non hybrid

Tidak seperti Innova reborn, Toyota Kijang Innova Zenix disematkan mesin baru 2.0L bensin dan 2.0L hybrid. Varian non hybrid dibekali mesin bensin berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine berkapasitas 1.987 cc 4 silinder segaris Dual VVT-i D-4S System. Menurut data, jantung pacunya mampu menghasilkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 204 Nm pada 4.500-4.900 rpm. 

Sedangkan varian hybrid dibekali mesin M20A-FXS 4 silinder segaris Dual VVT-i berkapasitas 1.987 cc dengan siklus Atkinson yang sanggup merilis tenaga hingga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 187 Nm pada 4.400-5.200 rpm.

Mesin tersebut dipadukan dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205 Nm. Untuk menggerakan motor listriknya, mobil ini disambungkan dengan baterai jenis Ni-MH (nickel–metal hydride) berkapasitas 1,31 kWh yang diletakan di bawah jok pengemudi dan penumpang depan.

Varian non hybrid dikendalikan dengan transmisi CVT, sedangkan versi hybrid dipadukan transmisi e-CVT. Berkat penggunaan mesin baru, teknologi hybrid, transmisi CVT dengan penggerak FWD, mobil ini terasa lebih halus, hemat BBM dan responsif berkat adanya Mode Sequential Shiftmatic 10-speed.

Toyota mengklaim dengan mesin dan teknologi baru, versi non hybrid sanggup menempuh jarak 15 km/liter. Konsumsi BBM yang diraih bahkan lebih irit dari mesin diesel pada model sebelumnya yang berada di kisaran angka 14 km/liter.

Adapun versi hybridnya, Toyota menyebutkan bahwa untuk konsumsi BBM mobil ini sanggup berjalan hingga 21 km/liter. Pada versi hybrid juga dilengkapi dengan beberapa pengaturan gaya berkendara, seperti Drive Mode (Eco, Normal, Power) dan EV Mode.

Baca juga: Selisih Rp78 Juta, Seberapa Banyak Perbedaan Toyota Kijang Innova Zenix 2023 G dan V?

Kesimpulan

Sebagai penerus Innova reborn, Toyota Kijang Innova Zenix tak hanya lebih revolusioner berkat desain yang diterima namun juga semakin canggih dengan teknologi baru yang disematkan.

Dengan improvement yang dilakukan, dari segi berkendara mobil ini juga terasa semakin nyaman layaknya mobil premium Toyota lainnya yang dibandrol di atas setengah miliar.

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Kijang Innova Zenix ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.   

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil