window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Filipina Siapkan Peraturan Beli Mobil Wajib Punya Garasi, Kalau Dilanggar Sanksinya Berat!

Prasetyo · 1 Sep, 2022 15:05

 

Filipina Siapkan Peraturan Beli Mobil Wajib Punya Garasi, Kalau Dilanggar Sanksinya Berat! 01

  • Peraturan beli mobil harus punya garasi akan berlaku di Filipina.
  • Peraturan bernama House Bill No.31 ini untuk menekan kemacetan lalu lintas di kota-kota besar.
  • Berlaku baik untuk beli mobil baru maupun bekas.

Pemerintah Filipina dikabarkan siap mengeluarkan peraturan yang melarang warganya membeli mobil jika tak memiliki garasi. Langkah ini demi menekan padatnya kondisi lalu lintas di negara tersebut. 

Pasalnya, Filipina pada pertengahan tahun 2022 masuk sebagai satu negara dengan lalu lintas terburuk. Menurut pemerintah setempat, kemacetan lalu lintas terutama di kota-kota besar sering kali disebabkan mobil yang parkir di pinggir jalan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Filipina Siapkan Peraturan Beli Mobil Wajib Punya Garasi, Kalau Dilanggar Sanksinya Berat! 01

Banyak mobilk parkir sembarangan yang menyebabkan kemacetan

Mobil-mobil ini terparkir sembarangan lantaran para pemiliknya tidak memiliki garasi untuk menyimpan kendaraan poribadinya itu.

Baca juga: Punya Mobil Diesel Jangan Didiamkan di Garasi Berlama-lama, Ini Alasannya!

Gak Punya Garasi, Tak Dapat Plat Nomor

Dinamai House Bill No.31, peraturan ini diberi judul "No Garage, No Registration". Atau kira-kira bermakna jika Anda tak memiliki garasi maka tidak bisa mendaftarkan mobil Anda untuk mendapatkan plat nomor beserta surat-surat resminya.

Filipina Siapkan Peraturan Beli Mobil Wajib Punya Garasi, Kalau Dilanggar Sanksinya Berat! 02

Filipina masuk urutan atas negara dengan lalu lintas terpadat

Sederhananya, jika ada peraturan ini, maka ketika Anda membeli mobil dan hendak membuat plat nomor beserta STNK dan BPKB-nya, maka wajib menyertakan pula bukti tempat yang bakal digunakan untuk parkir mobil tersebut.

Bisa garasi milik pribadi, atau lahan penyewaan umum yang telah Anda daftarkan untuk disewa. Jika syarat itu tak terpenuhi, maka pengajuan STNK dan BPKB bakal ditolak oleh Philippine Land Transportation Office.

Berlaku Juga untuk Pembelian Mobil Bekas

Filipina Siapkan Peraturan Beli Mobil Wajib Punya Garasi, Kalau Dilanggar Sanksinya Berat! 03

Semacam Samsat-nya Filipina

House Bill No.31 ternyata juga bakal berlaku untuk pembelian mobil bekas. Persyaratan untuk memiliki lahan parkir ini bakal diminta oleh pihak terkait pada saat si pemilik mobil hendak melakukan registrasi ulang (balik nama). 

Menariknya, jika ada warga Filipina yang coba-coba memalsukan dokumen kepemilikan garasi, atau memberikan keterangan palsu tentang alamat garasi mobil yang bakal ia gunakan, maka ada sanksi yang ketat. Yaitu orang tersebut tak bisa mengajukan permohonan pembuatan STNK untuk kendaraan apapun selama 3 tahun. Ia juga bakal kena sanksi denda 50.000 Peso atau kira-kira Rp13 juta.

Baca juga: Siap-siap, Mulai 1 April 2022 Ngebut di Jalan Tol Bakal Kena Tilang Elektronik, Dendanya Rp500 Ribu

Filipina Siapkan Peraturan Beli Mobil Wajib Punya Garasi, Kalau Dilanggar Sanksinya Berat! 04

Pemerintah Filipina berusaha atasi kemacetan

Buat oknum lembaga terkait juga jangan coba-coba membantu memalsukan atau mendaftarkan kendaraan orang lain. Sebab kalau ketahuan, pegawai tersebut akan di skors selama 3 bulan dan tidak digaji selama menjalani masa hukuman.

Demi Atasi Parkir Liar di Kota Besar

House Bill No.31 ini memang masih bersifat rancangan undang-undang. Namun pemerintah Filipina berharap dapat secepatnya menjadi peraturan yang mengikat.

Filipina Siapkan Peraturan Beli Mobil Wajib Punya Garasi, Kalau Dilanggar Sanksinya Berat! 05

Sebenarnya sudah ada larangan parkir di pinggir jalan

Tujuannya antara lain memecah kemacetan lalu lintas di kota-kota besar negara itu yang antara lain berpusat di Metro Manila, Baguio, Bacolod, Davao, serta Cebu. Kemacetan ini antara lain akibat banyaknya pemilik mobil yang parkir di pinggir jalan.

Wah, kira-kira peraturan beli mobil harus punya garasi ini wajib diterapkan juga di Indonesia gak ya?

Baca juga: Ingat Jangan Kabur Ketika Terlibat Kecelakaan, Bisa Didenda Rp75 Juta atau Penjara 3 Tahun

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil