window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

First Drive Isuzu D-Max 2022: Andalkan Cc Kecil dan Transmisi Manual Apa Cocok untuk Tambang?

Enda · 8 Des, 2021 09:04

Isuzu D-Max 2022

Isuzu D-Max 2022

Seiring meningkatnya permintaan pasar akan kebutuhan kendaraan tambang, dimanfaatkan oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) dengan menghadirkan Isuzu D-Max 2022 lewat ajang GIIAS 2021.

Selain fokus untuk memenuhi kebutuhan bisnis tambang, All New Isuzu D-Max dihadirkan untuk menyasar segmen fleet yang melakukan bisnis di bidang plantation, rental, serta oil and gas sebagai kendaraan operasional. 

Bicara bentuk, D-Max terbaru hadir dengan gaya bahasa desain yang jauh lebih berani dengan tampilan bold dan sporty yang macho. Bengis sekaligus berotot berkat paduan grill baru, headlamp, rear combination lamp, bed liner serta garis tegas menyudut yang mendominasi sektor wajahnya. Tak hanya itu, bagian samping dan buritannya pun juga terlihat kokoh dan sporty berkat mengikuti alur garis yang ditampilkan.

Melihat sisi interiornya, mobil ini memiliki desain yang elegan namun tetap tangguh berkat diperkuat dengan memadukan konsep Emotive Interior Styling.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sama seperti MU-X terbaru, All New Isuzu D-Max juga diproduksi di pabrik Isuzu Motors Company Thailand, Samrong Plant. Dengan begitu, kehadirannya di Tanah Air mobil ini didatangkan secara utuh atau CBU (Completely Built Up) dari Negeri Gajah Putih.

Mengenai tipenya, sosok kendaraan niaga terbaru Isuzu tersebut ditawarkan dalam tiga varian, yakni D-Max Single Cab, D-Max Double Cab, dan D-Max Double Cab Rodeo. Semua tipe hadir dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan yang dipadukan transfer case 4WD – Shift On The Fly. Untuk bandrolnya, mobil ini diniagakan mulai dari Rp363,6 juta sampai dengan Rp459,8 juta.

Punya rasa penasaran dan ingin tahu bagaimana rasanya berada di balik kemudi All New Isuzu D-Max, melalui gelaran GIIAS 2021 kemarin kami berkesempatan untuk merasakannya langsung di area test drive gedung ICE BSD City. Sayang, pada kesempatan tersebut kami hanya bisa melakukan first drive secara singkat pada All New Isuzu D-Max Rodeo sebagai varian teratasnya.

Ingin tahu bagaimana rasanya? Simak terus ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Ciri Khas Unik Mobil Khusus Tambang, Kenapa Harus Punya Antena Berbendera?

Pandangan Mengemudi Isuzu D-Max 2022 Tak Kalah Luas dan Nyaman dari Para Pesaingnya

Isuzu D-Max 2022

Visibilitas Isuzu D-Max 2022 cukup luas

Meskipun secara market menyasar segmen fleet, ketika pertama kali singgah di bangku driver, kami langsung disuguhkan rasa nyaman berkat penggunaan jok dengan material berbahan dasar fabric yang dibuat mengikuti lekuk tubuh.

Selain posisi duduk yang bisa dibilang cukup nyaman karena memiliki beberapa posisi pengaturan jok, serta fitur tilt & telescopic steering, All New Isuzu D-Max Rodeo juga mempunyai tingkat pandangan mengemudi yang cukup luas.

Seperti MU-X yang punya bonnet cukup panjang, di Isuzu D-Max 2022 kami tidak memiliki masalah untuk pandangan ke depan. Karena penutup mesinnya juga dibuat tinggi, dengan mudah kami bisa melihat jarak antara bagian depan mobil dengan objek didepannya.

Isuzu D-Max 2022

Tipe Rodeo disematkan head unit 7 inci Apple CarPlay dan Android Auto

Sebelum melakukan tes jalan All New D-Max, kami sempat merasakan beberapa fiturnya yang kini terasa lebih ergenomis berkat beberapa tombol pengaturan yang dibuat menyatu di center cluster serta console tengahnya.

Tak hanya itu, kami juga dengan mudah melakukan pengaturan pada head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang mendukung konektivitas Apple CarPlay, Android Auto, USB, bluetooth, USB dan radio melalui tombol switch control yang terdapat di bagian kiri lingkar kemudinya.

Dipadukan Transmisi Manual 6-Percepatan, Tarikan Awal Terasa Yahud

Isuzu D-Max 2022

All New D-Max dibekali mesin diesel turbo RZ4E-TC 1.9L

Semua varian All New D-Max dibekali mesin diesel RZ4E-TC In-line 4-cylinder DOHC, 16 Valve featuring electronic high pressure common-rail direct fuel injection with intercooled VGS (Variable Geometry System) berkapasitas 1.898 cc yang dapat meletupkan tenaga sebesar 150 PS @3.600 rpm dengan momen puntir 350 Nm @1.800-2.600 rpm.

Tenaga yang diperoleh kemudian didistribusikan ke transmisi manual 6-percepatan dengan memadukan transfer case 4WD - Shift On The Fly dengan Diff-lock mode pengaturan 2H, 4H dan 4L model putar yang lebih baik dibanding LSD (Limited-slip differential).

Sebelum melakukan test jalan, kami diingatkan oleh petugas di lapangan untuk tidak memacunya terlalu kencang. Kecepatan maksimal yang diperbolehkan adalah 40 km/jam.  

Disaat tuas transmisi kami pindah posisikan ke angka 1 yang mana berarti siap untuk berjalan, selanjutnya kami coba tekan pedal gas seraya melepaskan pedal kopling secara perlahan guna merasakan tarikan awal mobil ini.

Isuzu D-Max 2022

Semua varian memperoleh transmisi manual 6-percepatan

Saat itu juga kami merasa sedikit kagum. Pasalnya hanya dengan berbekal mesin diesel 1.9L yang didorong turbo, Isuzu D-Max 2022 terasa cukup agresif untuk tarikan bawahnya. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan All New Isuzu MU-X 2022 yang menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan yang pernah kami coba sebelumnya.

Baca juga: First Drive Isuzu MU-X 4x4 2022: Performa Tak Sesuai dengan Tampilannya yang Bengis?

Agar bisa lebih merasakan kebuasan mesin diesel 1.9L dengan teknologi turbo yang pengaturannya sudah menggunakan model elektrik, sesekali kami meningkatkan putaran mesin dengan cara menekan pedal gas lebih dalam dan menambahkan tingkat percepatan. Setelah putaran mesin melewati angka 2.500 rpm, tenaga menyembur lebih kuat dan halus saat akselerasi dari 20-60km/jam.

Punya karakter seperti ini, tentunya All New Isuzu D-Max akan terasa mudah ketika digunakan di pertambangan maupun bidang bisnis lainnya yang memiliki medan ekstrim serta muatan berat.

Suspensi Keras Terbilang Wajar untuk Sebuah Mobil Double Cabin

Isuzu D-Max 2022

Ciri khas mobil double cabin, suspensi D-Max 2022 terasa keras

Di area test drive GIIAS 2021 beberapa waktu lalu diletakan speed bump guna meraskan kenyamanan setiap mobil baru yang disediakan. Disaat melewatinya menggunakan Isuzu Di-Max 2022, tingkat kenyamanan yang disuguhkan suspensi berjeniskan Double Wishbone Coil Spring di roda depan dan Leafspring Rigid Axle pada roda belakangnya terasa keras layaknya mobil d-cab pada umumnya.

Memiliki suspensi dengan karakter seperti ini tentunya dapat memberikan kestabilan baik di jalan yang ekstrim serta tidak tertalu limbung disaat berbelok.

Punya Radius Putar Kecil, Isuzu D-Max Terasa Lincah

Isuzu D-Max 2022

Radius putar Isuzu D-Max 2022 terasa kecil

Mobil kabin ganda yang ditopang dengan sasis tangga biasanya memiliki radius putar yang besar. Namun tidak untuk All New Isuzu D-Max, Ketika sampai diujung area test drive kami dipaksa untuk putar arah. Saat melakukan putar arah, kami tidak sedikit pun mengalami kendala. Bagi kami radius putar mobil ini cukup kecil sehingga mudah ketika melakukan manuver.

Oh iya, untuk gaya putar setir yang kami rasakan Isuzu D-Max 2022 terbilang lebih ringan dari Isuzu MU-X 2022 walaupun keduanya sama-sama telah dilengkapi dengan power steering.

Kesimpulan

Setelah melakukan first drive singkat Isuzu D-Max 2022 tipe Rodeo beberapa waktu lalu, kami merasakan bahwa mobil ini cukup responsif untuk tarikan awal. Sekelas mobil fleet, kami menyukai tampilan luar maupun dalamnya yang terlihat gagah dan kekar.

Sebagai informasi, tipe teratas All New Isuzu D-Max telah dilengkapi fitur keselamatan berupa Anti-Lock Brake System (ABS), Electronic Brake-force Distributor (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC), serta disc brake yang lebih besar.

Bahkan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, fitur Crash Door Unlock System siap membuka lock kunci secara otomatis saat terjadi kecelakaan. Ada juga dua fitur tambahan, yakni Emergency Stop Lamp dan Follow Me Home.

Baca juga: Sabar, Isuzu MU-X 2022 Berfitur ADAS Lagi Disiapkan Buat Lawan Toyota Fortuner di Indonesia

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Isuzu D MAX Single Cab 2.5 VGS MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil