window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

First Drive: Plus Minus Toyota Avanza dan Toyota Veloz 2022, Sudah Tak Seperti Dulu Lagi

Adit · 18 Nov, 2021 10:00

First Drive: Plus Minus Toyota Avanza dan Toyota Veloz 2022, Sudah Tak Seperti Dulu Lagi 01

Toyota Veloz 2022.

Toyota Avanza 2022 yang dulu bukanlah yang sekarang. Itulah kalimat yang cocok menggambarkan mobil baru Avanza generasi ketiga, juga berlaku untuk Toyota Veloz 2022 generasi kedua. Maklum karena keduanya satu basis, cuma beda segmentasi, tampilan, dan kelengkapan fitur

Tapi walaupun sama rancang bangunnya, kedua mobil rupanya menawarkan sensasi berkendara berbeda. Ini seperti apa yang diungkap Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy bahwa Avanza lebih cocok bagi konsumen yang mengejar fungsi, sementara Veloz sebagai penunjang gaya hidup. 

First Drive: Plus Minus Toyota Avanza dan Toyota Veloz 2022, Sudah Tak Seperti Dulu Lagi 02

Toyota Avanza dan Veloz 2022.

Baca Juga: Jadi Model Terpisah, Ini Beda Toyota Avanza 2022 dan Veloz 2022

AutoFun Indonesia juga sudah membuktikannya dalam sesi first drive beberapa waktu lalu. Kami berkesempatan menjajal Toyota Avanza maupun Toyota Veloz 2022. Meskipun cuma kencan singkat, kami bisa menyimpulkan bahwa meski kedua mobil ini punya sosok yang nyaris serupa, namun feeling berkendara maupun utilitasnya berbeda. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Supaya bisa tahu lebih lanjut bagaimana persamaan, perbedaan, maupun apa yang kami rasakan saat mengemudikannya, begini catatan kami. Siapa tahu bisa jadi pertimbangan Anda untuk memilah antara Toyota Avanza atau Veloz baru. 

Seperti Bukan Duduk di Toyota Avanza

Oh iya unit tes yang kami jajal semuanya merupakan tipe tertinggi, Toyota Avanza G CVT TSS dan Toyota Veloz Q CVT TSS. Nah, saat pertama kali masuk ke kabinnya, kami merasakan ini bukan sebuah Avanza yang kami kenal. Tak ada lagi desain interior yang konvensional, semua menjadi lebih mewah, tak kalah dari Toyota Innova. 

First Drive: Plus Minus Toyota Avanza dan Toyota Veloz 2022, Sudah Tak Seperti Dulu Lagi 01

Nuansa interior Toyota Avanza 2022 yang telah berubah banyak.

Satu hal yang kami suka adalah pengaturan ketinggian jok! Yes, akhirnya mengendarai Avanza tak lagi ditopang oleh posisi jok yang tinggi, sampai-sampai kepala pengemudinya menyisakan jarak yang pendek ke plafon mobil. 

Lewat pengaturan ini, posisi duduk jadi lebih bisa dimanjakan. Mau rendah ala mobil sport bisa kok, mau agak tinggi seperti mengendarai SUV juga bisa. Terlebih sudah ditambahkan pengaturan setir tilt dan teleskopik. Good job Toyota!

First Drive: Plus Minus Toyota Avanza dan Toyota Veloz 2022, Sudah Tak Seperti Dulu Lagi 02

Toyota Avanza 2022.

Sejauh mata memandang ke bagian dashboard, desainnya masih minimalis tapi padanan cluster pengaturan AC membuatnya seperti MPV mahal. Terlebih layar head unit model floating, lagi-lagi kayak mobil mahal. 

First Drive: Plus Minus Toyota Avanza dan Toyota Veloz 2022, Sudah Tak Seperti Dulu Lagi 03

Slot penyimpanan di dashboard Toyota Avanza 2022.

Sebelum bicara performa, ada beberapa impresi awal kami terhadap Toyota Avanza selain pengaturan jok dan setir. Kami bagi menjadi poin plus minus di bawah ini.

Plus Minus Toyota Avanza 2022
(+) (-)
Speedometer tak lagi monoton, ada MID yang atraktif Lampu kabin belum LED
Interior bagian depan punya desain baru tapi bukan yang superior Pilar A cukup lebar dan terlalu landai sehingga sedikit mengganggu ketika akan belok
Ada cupholder di bawah kisi-kisi AC sisi kanan Cup holder lipat sisi penumpang depan bukan model pop-up (tekan)
Sudah ada spion day/night Ruang konsol boks tengah kecil
Tutup konsol boks yang lebih panjang sebagai armrets pengemudi Material plastik keras dan masih mengandalkan tuas rem konvensional
Slot penyimpanan di dashboard bisa untuk menyimpan recehan atau uang elektronik Rem tangan masih model tarik belum ada Auto Hold
Kabin lebih lega dari generasi sebelumnya Masih banyak tombol dummy di pengaturan AC maupun dashboard bagian kanan sisi pengemudi
Dashboard punya ruang penyimpanan terbuka tambahan Dengkul kaki mentok ke dashboard meskipun posisi jok diatur rendah

Lanjut ke performa ya tentu saja seperti mesin CVT pada umumnya. Tak ada hentakan perpindahan gigi seperti Toyota Avanza AT lawas. Tapi ketika butuh limpahan tenaga besar, dalam mode otomatis semua itu tak bisa dicapai dalam waktu singkat. Performa larinya dari diam juga tak membuat badan menghentak ke sandaran punggung. 

First Drive: Plus Minus Toyota Avanza dan Toyota Veloz 2022, Sudah Tak Seperti Dulu Lagi 04

Tampilan belakang Toyota Avanza 2022.

Namun beda cerita saat menggunakan mode manual 7 percepatan. Sejurus kemudian mobil ini bisa diajak untuk lari. Hemat kami mode ini cocok untuk dipakai kala menyalip. Sebab perpindahan giginya meskipun bukan yang responsif, tapi bertenaga. 

Kemudian lewat penggunaan CVT, ada potensi konsumsi bahan bakarnya lebih irit. Jalan cruising santai konstan di 80 km/jam putaran mesinnya bertahan di angka 1.500-1.600 rpm. Bandingkan dengan model lama, pada kecepatan yang sama putaran mesinnya sudah di atas 2.000 rpm. 

First Drive: Plus Minus Toyota Avanza dan Toyota Veloz 2022, Sudah Tak Seperti Dulu Lagi 05

Ada slot penyimpanan di dashboard Toyota Avanza 2022.

Nanti dalam pengetesan yang lebih komprehensif, kita cari tahu bersama bagimana efisiensi bahan bakar, performa akselerasi, serta berapa putaran mesinnya saat melaju di kecepatan 100 km/jam. 

First Drive: Plus Minus Toyota Avanza dan Toyota Veloz 2022, Sudah Tak Seperti Dulu Lagi 06

Rem tangan Toyota Avanza 2022 masih model tuas.

Oh iya mengenai kekedapan kabinnya untuk Toyota Avanza sedikit lebih baik dari model lawas. Dalam kondisi stationer hening, namun begitu injak gas dalam, mulai dari 2.000 rpm sudah mulai terdengar raungan mesinnya. Di bawah itu masih acceptable. 

Baca Juga: Baru Meluncur, Toyota Avanza dan Veloz 2022 Sudah Didiskon

Toyota Veloz Lebih Berkelas dari Avanza

Saatnya beralih ke Toyota Veloz. Impresi yang kami dapatkan adalah, ini merupakan Avanza yang dipoles lebih berkelas, elegan, dan harusnya kastanya tak mengisi segmen Low MPV. Maka dari itu cocoklah untuk konsumen yang mau Avanza tapi dengan fitur dan penampilan mewah. 

First Drive: Plus Minus Toyota Avanza dan Toyota Veloz 2022, Sudah Tak Seperti Dulu Lagi 07

Interior Toyota Veloz 2022 jauh lebih berkelas.

Desain interior secara keseluruhan sama seperti Avanza. Hanya saja ada beberapa ubahan yang membuatnya lebih berkelas lagi, tapi sebagai gantinya fungsionalitas di dalam mobil jadi berkurang. Lebih rinci, begini plus minusnya.

Plus Minus Toyota Veloz 2022
(+) (-)
Speedometer layar TFT bisa diubah desainnya Panel piano black di bawah pengaturan AC terlalu besar dan tak memiliki fungsi
Lampu kabin sudah LED Tak punya slot penyimpanan terbuka seperti di Toyota Avanza di sisi penumpang depan
Jok terasa lebih empuk daripada Toyota Avanza Posisi wireless charger makan tempat, lebih baik diganti cup holder dan posisinya di konsol boks
Rem parkir sudah elektrik dengan Auto Hold Utilitasnya rendah, tak ada slot menyimpan uang elektronik atau recehan
Ruang konsol boks lebih besar Pilar A yang lebar dan relatif landai mengurangi pandangan saat belok
Cup holder model lipat dan pop-up, cukup ditekan Sebagai Low MPV termahal belum dilengkapi cruise control
Gagang pintu bagian dalam menyerupai handle di mobil SUV Tambahan lapisan warna putih di interiornya bisa cepat kotor dan kusam
Mode berkendara Eco dan Sport Genggaman setir kecil, terasa kurang mantap

Atas perubahan tersebut, kami merasakan feeling berkendara Toyota Veloz yang berbeda dari Avanza. Memang akan terasa lebih puas dan naik tingkat kepercayaan dirinya kala mengemudikan Veloz ketimbang Avanza. Kekedapan kabinnya ternyata juga lebih baik. Raungan mesin baru masuk ketika 2.600 rpm ke atas.

First Drive: Plus Minus Toyota Avanza dan Toyota Veloz 2022, Sudah Tak Seperti Dulu Lagi 08

Speedometer Toyota Veloz serupa Toyota Raize.

Sementara itu mengenai performa mesinnya persis seperti Avanza, ada gejala 'ngeden' dulu saat hendak berakselerasi instan saat pakai mode otomatis. Lanjut soal bantingan suspensinya sama-sama nyaman. Tidak berisik saat melewati garis kejut di kecepatan 40 km/jam. 

Terakhir menyoal beban atau feeling setir, sudah jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Yang terbaru ini lebih ringan sehingga tak membuat cepat lelah. Tapi diameter genggaman setirnya yang kami rasa terlalu kecil. Andaikan lebih besar sedikit saja, pasti bakal lebih mantap saat mengemudikannya.

First Drive: Plus Minus Toyota Avanza dan Toyota Veloz 2022, Sudah Tak Seperti Dulu Lagi 09

Toyota Veloz 2022 telah dilengkapi fitur wireless charger.

Kesimpulan

Low MPV ini telah berevolusi menjadi kendaraan yang mampu menjawab kebutuhan dan tren masa kini. Selain plus minus tadi, ada beberapa fitur hadir demi memanjakan siapa pun yang naik di Toyota Avanza dan Veloz terbaru. Sebut saja fasilitas pengisian gawai sudah sampai baris ketiga. 

Tak cuma itu, mengendarai mobil ini juga bisa mendapatkan pengalaman baru. Entah kenapa jauh lebih nyaman. Adrenalin rush ketika mengemudikannya tak begitu tinggi seperti saat membawa Avanza lama. Sederhananya karena nyaman, tak akan cepat merasa lelah. 

First Drive: Plus Minus Toyota Avanza dan Toyota Veloz 2022, Sudah Tak Seperti Dulu Lagi 10

Panel di dashboard Toyota Veloz 2022 yang tak memiliki fungsi.

Lalu mana yang lebih baik? Dari impresi awal ini sebenarnya sudah ketahuan mana yang paling layak dibeli. Kami memilih Toyota Veloz sebagai jawabannya. Tapi dengan catatan, apabila Anda bisa berkompromi karena utilitas di dashboard-nya tak lebih baik dari Toyota Avanza. 

Anda bisa-bisa bingung di mana harus meletakkan uang eletronik, menyimpan recehan atau karcis parkir. Ya sebenarnya bisa sih diletakkan di cupholder, tapi nantinya estetika dan fungsionalitas kabinnya jadi berkurang. 

First Drive: Plus Minus Toyota Avanza dan Toyota Veloz 2022, Sudah Tak Seperti Dulu Lagi 11

Dashboard Toyota Veloz 2022 berwarna putih bisa cepat kotor kalau pemiliknya jorok.

Beda cerita ketika Anda mampu menomorduakan gengsi, penampilan, dan mau mobil yang berfungsionalitas baik, Toyota Avanza menurut kami pilihan yang tepat. Toh spesifikasi mesin sama. Fitur pun serupa, khusus Avanza termahal juga ada Toyota Safey Sense. Serta sama-sama bisa ajak sanak saudara pergi bersama. 

Baca Juga: Fiturnya Lebih Lengkap, Sanggupkah Toyota Avanza 2022 Dijungkalkan New Mitsubishi Xpander?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil