First Impression Honda Civic RS 2022: Semakin Menarik dengan Sederet Penyempurnaan, Tapi...

Karim · 9 Nov, 2021 11:11

Cukup jelas kalau Honda Indonesia semakin serius menggarap pasar SUV. Lihat saja, sekarang eksis model regional seperti BR-V yang telah memasuki generasi kedua. Belum lagi mereka tengah mempersiapkan calon petarung baru di segmen 5 seater kompak

First Impression Honda Civic RS 2022: Semakin Menarik dengan Sederet Penyempurnaan, Tapi... 01

Kendati begitu, bukan berarti jajaran sedan terlupakan. Nama legendaris yang berperan besar membangun merek ini di Tanah Air masih dipertahankan sampai sekarang. Contoh nyatanya yakni Honda Civic, seakan duduk manis di tengah gemuruh badai model SUV.

Generasi pun terus bergulir, kini versi teranyar turunan ke-11 (FE) resmi dipasarkan. Inikah yang kalian tunggu-tunggu? Atau, mungkin tidak juga? Yang jelas, Civic datang dengan sederet penyempurnaan menyeluruh. Ubahannya membuat ia tampak jauh lebih dewasa, matang, dan kian menarik.

Rancangan Bersahaja dan Bersih

First Impression Honda Civic RS 2022: Semakin Menarik dengan Sederet Penyempurnaan, Tapi... 01

Tersiar nuansa nostalgia begitu melihat secara langsung. Ketika generasi sembilan boleh dibilang mulai nyeleneh dan versi setelahnya seakan membangkang, model berkode FE ini justru tampak menemukan jalan kembali ke tradisi. Ibarat bertaubat dari model lama yang boleh dikatakan lebih liar. Itu, kalau kita bicara soal segala hal rancangan. 

First Impression Honda Civic RS 2022: Semakin Menarik dengan Sederet Penyempurnaan, Tapi... 02

Begitu kurang lebih dapat digambarkan mengenai rancangan Honda Civic. Garis-garis bodi lempeng, tegas, dan bersih mengisyaratkan gaya di era “Civic Wonder” dan “Grand Civic”. Membuatnya terlihat cenderung kalem dan tidak banyak basa-basi. Terutama di moncong, perhatikan pahatan hidung serta bagaimana kap mesin dibuat berjarak dengan lampu – tidak kah itu mencirikan perpaduan Wonder dan Grand? Atau apa itu hanya perasaan saya saja?

Kalem bukan berarti membosankan atau langsung bisa dianggap gamblang mencirikan kesan elegan sedan ‘babeh-babeh’. Setidaknya di sini ia bersolek untuk memikat jiwa muda. Dapat dikatakan porsinya pas dan masih dalam batas aman lewat ducktail spoiler, twin tailpipe, dan aksen-aksen kontras di bodi. Meski begitu, tetap tidak dapat dipungkiri ada sepercik bumbu kedewasaan Sang Kakak, Honda Accord. 

First Impression Honda Civic RS 2022: Semakin Menarik dengan Sederet Penyempurnaan, Tapi... 03

Sama halnya dalam kabin. Tidak banyak pahatan diagonal nan eksentrik di dasbor melainkan didominasi oleh garis horizontal tegas. Tata letak tombol disederhanakan sedemikian rupa sehingga muncul aura premium dan elegan. Diperkuat pula oleh ornamen honeycomb perak yang menyembunyikan kisi AC. Begitu manis di mata. 

Satu hal untuk dikeluhkan yakni kaki terlihat kekecilan. Pelek 17 inci dibalut ban berukuran 215/50R17 agak kurang proporsional terhadap bodi memanjang. Tapi itu jelas bukan masalah besar dan berkaitan dengan selera. Well, suka atau tidak, itu kembali lagi ke preferensi masing-masing.

Baca juga: Bikin Tambah Keren Honda Civic 2022 Pakai Aksesoris Modulo, Gak Perlu Khawatir Garansi Hangus

Posisi Duduk Rendah Namun Terasa Begitu Lapang

Terlepas dari rancangan, dimensi Civic FE ini semakin mengembang. Terutama lebih panjang dan dibarengi penambahan jarak antarsumbu. Sebagai informasi berikut perbandingan lebih detail:

Dimensi

 

Honda Civic RS (Gen-11/FE) Honda Civic (Gen-10/FC)
Panjang 4.678 mm 4.648 mm
Lebar 1.802 mm 2.076 mm
Tinggi 1.415 mm 1.416 mm
Wheelbase 2.735 mm 2.700 mm

Tentu, hal ini memberikan dampak positif kepada nilai jual ruang kabin lapang. Ruang kaki berlimpah ketika mencoba duduk di depan. Bahkan ada sensasi sporty dari posisi agak selonjoran. Belum lagi simplisitas rancangan dasbor serta konsol tengah mendukung rasa lapang.

First Impression Honda Civic RS 2022: Semakin Menarik dengan Sederet Penyempurnaan, Tapi... 04

Kenyamanan duduk depan sendiri disokong oleh fleksibilitas pengaturan posisi. Mulai dari setir tilt & telescopic dengan jarak leluasa sampai kontrol bangku elektrik (8 arah pengemudi dan 4 arah di penumpang depan). Juga ada peran dari konsol boks tengah dwifungsi sebagai tempat penyimpanan dan sandaran tangan.

First Impression Honda Civic RS 2022: Semakin Menarik dengan Sederet Penyempurnaan, Tapi... 05

Di samping itu, visibilitas ke luar tergolong baik lantaran memiliki jendela-jendela besar. Jauh dari kata klaustrofobia. Ubahan aransemen eksterior juga berdampak pada komponen visibilitas ini. Kini spion bertengger langsung dari bodi, bukan ujung pilar A, sehingga memberikan celah penglihatan tambahan.

Hal impresif dalam kabin Honda Civic FE ini sebetulnya boleh dibilang ada di baris kedua. Benar-benar leluasa sebagai sebuah sedan. Banyak menyisakan ruang kaki dan kepala untuk tinggi saya setinggi 172 cm. Hampir terasa seperti duduk dalam sebuah sedan eksekutif. 

First Impression Honda Civic RS 2022: Semakin Menarik dengan Sederet Penyempurnaan, Tapi... 06

Besar kemungkinan semua hadir berkat posisi duduk rendah. Hanya saja, kondisi ini bikin pandangan sedikit tenggelam di belakang bangku depan walau visibilitas ke samping tidak menjadi masalah sama sekali.

First Impression Honda Civic RS 2022: Semakin Menarik dengan Sederet Penyempurnaan, Tapi... 07

Ruangnya lantas diisi oleh kisi AC belakang, armrest tebal lengkap dua cupholder, dan kantong penyimpanan di balik jok depan serta door trim. Bisa dipastikan mendukung kenyamanan perjalanan dalam maupun luar kota. Tapi bukan itu saja, ia turut menyanggupi bila kalian perlu mengangkut barang dengan dimensi melampaui kapasitas bagasi. Tinggal lipat bangku tengah, ruang untuk barang pun langsung berlimpah.

Fitur dan Material Memperkuat Image Canggih Sekaligus Mewah

Tampak sudah jadi kewajiban Honda untuk royal dalam membekali persenjataan fitur mengingat harganya yang tidak dapat disebut murah. Dibanderol Rp 567 juta OTR Jakarta, ini masih lebih tinggi dari rival seperti Toyota Corolla Altis. Sebagai gambaran saja, varian Altis paling tinggi bermesin hybrid dipasarkan ‘hanya’ Rp 506,3 juta. Selisih sudah Rp 50 juta sendiri.

First Impression Honda Civic RS 2022: Semakin Menarik dengan Sederet Penyempurnaan, Tapi... 08

Untuk itu, kehadiran fitur mutakhir tidak perlu dikhawatirkan lagi. Termasuk di dalamnya instrumentasi full digital berikut sarana hiburan lengkap fungsi integrasi smartphone Android Auto dan Apple CarPlay. Selain itu, tersemat pula sederet fitur otomatis. Sebut saja pengatur suhu otomatis dua zona di depan, sakelar wiper dan lampu, pelipatan spion, rem parkir elektrik, hingga kunci otomatis saat pengguna menjauh (Walk Away Auto Lock).

First Impression Honda Civic RS 2022: Semakin Menarik dengan Sederet Penyempurnaan, Tapi... 09

Unik di Civic, pemilik akan kebagian dua jenis remote kunci pintar. Satu merupakan model remote konvensional dengan tombol sementara satu disebut Smart Key Card. Tinggal pilih mau bawa yang mana sebab mereka sama-sama berperan sebagai smart key pada umumnya – untuk mengakses kunci sampai menyalakan mesin lewat start/stop button.

Smart Key Card akan lebih praktis untuk disimpan sebab berbentuk kartu tipis dan tidak memakan tempat. Hanya saja, tidak ada akses ke gimik Civic dan beberapa Honda terbaru yakni menyalakan mesin dari jauh alias Remote Engine Start. 

First Impression Honda Civic RS 2022: Semakin Menarik dengan Sederet Penyempurnaan, Tapi... 10

Menyoal material, aman untuk dikatakan pengorbanan harga dan apa yang akan diterima setimpal. Bungkusan leather di setir, shift knob, sampai perpaduan leather dan suede lembut banyak berperan. Mereka dihiasi aksen jahitan merah sehingga tetap memancarkan kesan sporty. Tapi bukan itu saja, sentuhan panel-panel plastik empuk juga jadi jawaban.

Peranti Keselamatan Paket Lengkap

Jadi sorotan utama di Civic kali ini adalah kedatangan Honda Sensing. Yep, sebagaimana sedang digandrungi banyak pabrikan, fitur Advanced Driving Assist System (ADAS) ini ikutan mejeng. Komprehensif, sistem kamera dan sensor mampu memberikan perlindungan ekstra dalam perjalanan. Meminimalisir risiko terjadinya celaka.

First Impression Honda Civic RS 2022: Semakin Menarik dengan Sederet Penyempurnaan, Tapi... 11

Kemampuan paling utama adalah Collision Mitigation Braking System (CMBS). Bertugas memberikan peringatan dan intervensi pengereman secara otomatis. Beroperasi bila mobil mendeteksi potensi benturan dengan kendaraan lain hingga pejalan kaki di depan.

Ada pula bantuan menjaga posisi mobil untuk selalu berada di dalam jalur. Diperankan oleh Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Road Departure Mitigation (RDM). LKAS sendiri dapat membuat setir mengikuti satu jalur dalam trek lurus atau sedikit berbelok. Sementara itu RDM siapkan Tindakan korektif bila pengemudi dinilai berpindah jalur tanpa intensi.

First Impression Honda Civic RS 2022: Semakin Menarik dengan Sederet Penyempurnaan, Tapi... 12

Di lain sisi, ada Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF) untuk memberikan kenyamanan ekstra. Sebagaimana sebuah cruise control yang otomatis dapat menjaga laju konstan hanya saja ia mampu menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depan. Eksistensi LSF memungkinkan mobil untuk mengekor sampai kecepatan rendah.

Tambahan lain Honda Sensing termasuk Auto High Beam untuk lampu jauh otomatis. Lanjut dari situ ditutup oleh Lead Car Departure Notification (LCDN). Berfungsi memberikan peringatan pada pengemudi bila mobil depan sudah bergerak.

First Impression Honda Civic RS 2022: Semakin Menarik dengan Sederet Penyempurnaan, Tapi... 13

Ketika mobil sudah memiliki peranti keselamatan secanggih ini, tampak sudah tidak perlu ditanya lagi soal standar lainnya. Mulai dari 6 airbags, ABS+EBD+BA, Vehicle Stability Assist (VSA), sampai Hill Start Assist (HSA), ia siapkan. Pun masih ada lagi yakni Honda Lane Watch. Tersisip kamera tambahan di spion kiri sebagai pemantau area blind spot. 

Baca juga: All New Honda Civic 2022 Dapat Rating Terbaik Uji Tabrakan ASEAN NCAP, Terbukti Lindungi Penumpang Dewasa dan Anak-anak

Janji dari Ruang Pemacu

Bukan sekadar ubahan gaya, ada penyempurnaan lain di sektor dapur pacu. Konfigurasi tidak berubah, memang. Tetap mengandalkan mesin empat silinder 1.500 cc DOHC 16 katup VTEC Turbo. Namun bila melirik data spesifikasi, ia menjanjikan performa lebih baik.

First Impression Honda Civic RS 2022: Semakin Menarik dengan Sederet Penyempurnaan, Tapi... 14

Setidaknya, terbaca bahwa total output tenaga dan torsi meningkat. Kini ia sanggup gelontorkan 178 PS di 6.000 rpm dari sebelumnya 173 PS di 5.500 rpm. Sementara itu, torsi menjadi 240 Nm di 1.700 - 4.500 rpm. Meningkat 20 Nm, bisa diekspektasikan punya tonjokan akselerasi lebih baik. Yang jelas ia tetap memiliki output terbesar di antara rival.

Perbandingan Tenaga
  Honda Civic RS (Gen-11/FE) Honda Civic (Gen-10/FC)
Mesin 4 silinder DOHC 16 Katup VTEC Turbo + DBW (Drive By Wire) 4 silinder DOHC 16 Katup VTEC Turbo + DBW (Drive By Wire)
Kapasitas 1.498 cc 1.498 cc
Tenaga 178 PS @6.000 rpm 173 PS @ 5.500 rpm
Torsi 240 Nm @ 1.700-4.500 rpm 220 Nm @ 1.700-5.500 rpm

Seluruh dorongan lantas tersalur ke roda depan via transmisi CVT lengkap simulasi perpindahan gigi dari paddle shifter. Untuk menambah pengalaman berkendara sesuai hasrat, disediakan tiga mode berkendara yakni Sport, Econ, dan Normal. Seperti apa rasanya? Boleh kalian tunggu pengujian kami lebih lanjut.

Kesimpulan

Berdasarkan pandangan pertama, Honda Civic FE terlihat cukup menjanjikan. Dimensi lebih besar, mesin semakin bertenaga, dan fitur kian melimpah. Namun, satu hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan ialah harga Rp 567 juta OTR Jakarta. Paling mahal di kelasnya. Gempuran rival pun tak kalah menarik dan sama kompetitif terutama Toyota Corolla Altis Hybrid yang dibanderol lebih rendah. 

Baca juga: Perbandingan Harga Honda Civic 2022 vs Toyota Corolla Altis, Mana yang Lebih Oke?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2022 Honda Civic Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru