window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

First Impressions Daihatsu Sirion 2022: Pakai Transmisi D-CVT dan Mesin Xenia Terasa Lebih Baik?

Enda · 6 Jan, 2022 13:30

Daihatsu Sirion 2022

Tes drive Daihatsu Sirion 2022 atau dengan nama lain Perodua Myvi facelift

Daihatsu Sirion 2022 atau dengan nama Perodua Myvi facelift berhasil diluncurkan pertama kali di Negeri Jiran pada November 2021. Untuk merasakan lebih dekat, rekan kami Wapcar Malaysia berkesempatan menjajali langsung city car berpenampilan hatchback tersebut.

Sebelumnya Sirion 2022 diperkirakan akan hadir di Tanah Air melalui ajang GIIAS 2021. Namun kabarnya PT ADM baru akan memperkenalkannya pada tahun ini. Di Malaysia, mobil ini hadir dalam lima varian, dengan harga bandrol yang ditawarkan mulai dari 45.700 ringgit sampai 58.800 ringgit. Jika dikonversikan, maka harganya menjadi Rp155 jutaan hingga Rp199 jutaan.

Agar terlihat berbeda dengan generasi pre-facelift, maka Daihatsu Sirion memperoleh beberapa penyegaran pada tampilan yang lebih futuristik sekaligus sporty, fitur, serta penggunaan transmisi D-CVT.

Lalu bagaimana rasanya mengemudikan Daihatsu Sirion atau dengan nama lain Perodua Myvi facelift di Negeri Jiran? Berikut ulasannya berdasarkan pengetesan yang dilakukan oleh rekan kami Wapcar Malaysia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Daihatsu Sirion 2022 Harganya Mulai Rp150 Jutaan, Pakai Mesin Avanza-Xenia Baru

Pakai Transmisi D-CVT Daihatsu Sirion 2022 Tetap Responsif Namun Irit Bahan Bakar

Daihatsu Sirion 2022

Transmisi D-CVT pada Daihatsu Sirion 2022

Kini semua varian Daihatsu Sirion 2022 versi matic ditawarkan dengan transmisi D-CVT. Sebagai informasi, transmisi D-CVT merupakan pengembangan dari teknologi CVT yang sudah ada, melalui mekanisme split gear dengan 1 set planetary gear. Sehingga penyaluran tenaga dari mesin mengkombinasikan antara belt dengan planetary gear yang menyebabkan pada saat kecepatan rendah terasa lebih halus dan bertenaga, sementara pada saat kecepatan tinggi bisa lebih irit bahan bakar.

Dalam pengetesannya, rekan kami berkendara lebih dari 500 km menggunakan varian 1.5L D-CVT diberbagai kondisi jalan, seperti; perkotaan, maupun jalan bebas hambatan. Seperti yang disampaikan rekan kami, Daihatsu Sirion 2022 jauh lebih baik daripada model sebelumnya, serta memiliki lebih banyak rasio roda gigi yang bisa dimainkan.    

Hal ini dibuktikan saat mobil dipacu di atas 40 km/jam, transmisi D-CVT terasa langsung intuitif, kedap, dan halus ketika memperlambat maupun mempercepat kendaraan. Saat mencoba melaju pada kecepatan 110 km/jam, untuk putaran mesinnya generasi facelift Daihatsu Sirion 2022 tersebut berada di angka 2.000 rpm. Beda halnya dengan model pre-facelift berdasarkan pengetesan yang pernah dilakukan berada diputaran 2.500 rpm.

Dengan RPM yang lebih rendah tentunya mesin tidak perlu bekerja lebih keras, selain itu juga lebih hemat bahan bakar.

0-100 Km/jam Daihatsu Sirion 2022 Tidak Sampai 11 Detik!

Daihatsu Sirion 2022

0-100 km/jam Daihatsu Sirion 2022 di bawah 11 detik

Ketika melakukan pengetesan 0-100 km/jam terhadap Myvi atau Sirion facelift bermesinkan 1.5L, rekan kami berhasil mencatatkan waktu 10,76 detik. Dalam pengetesan selanjtunya, catatan waktu yang didapat lebih kecil, yakni 10,6 detik.

Perolehan waktu yang didapat mendekati catatan waktu yang diklaim Perodua, yaitu 10,2 detik. Selain itu, pihaknya juga mengatakan bahwa Myvi atau Sirion baru 20 persen lebih cepat daripada generasi pre-facelift dengan transmisi otomatis 4-percepatan dengan waktu 12,2 detik.

Mode 'Power' pada Daihatsu Sirion 2022 Benar-benar Bekerja Sebagaimana Fungsinya

Daihatsu Sirion 2022

Tombol mode 'Power' tersedia di sisi kanan setir 

Daihatsu Sirion 2022 hadir dengan tombol mode 'Power' yang terletak di roda kemudi, dimana menurut pabrikan akan memberikan akses penuh ke tenaga mesin. Dan terbukti mode tersebut sangat berguna ketika rekan kami mendahuli kendaraan yang ada didepannya.

Dengan satu kali sentuhan, putaran mesin meningkat dan mengoper kecepatan ke gigi rendah serta respons throttle menjadi lebih cepat.

Aktifnya mode ‘Power’ terasa mirip seperti ketika mengaktifkan tombol Overdrive (O/D) pada transmisi otomatis di mobil 90-an yang benar-benar seperti menunjukan taringnya.

Baca juga: Pikir-Pikir Lagi Sebelum Beli Honda Brio, Masih ada Daihatsu Sirion Seken yang Lebih Menggoda

Daihatsu Sirion 2022 Tembus 5,9 liter/100 Km!

Daihatsu Sirion 2022

Konsumsi BBM Daihatsu Sirion 2022

Menurut pabrikan, konsumsi BBM Daihatsu Sirion 2022 ini mencapai 4,7 liter/100 km untuk varian 1.5L dan 4,5 liter/100 km bermesin 1.3L. Dibandingkan generasi sebelumnya, model faceliftnya ini diklaim lebih irit 5 persen.  

Selama pengujian dilakukan oleh rekan kami, varian 1.5L nya berhasil mencatatkan angka konsumsi lebih hemat, sebesar 5,9 liter/100 km.

Rute pengujian mencakup 60/40 persen berkendara di jalan raya/kota pada siang hari ditambah lagi melakukan uji akselerasi 0-100 km/jam untuk mengetahui waktu yang diperoleh.

Kekurangan Transmisi D-CVT Pada Daihatsu Sirion 2022

Daihatsu Sirion 2022

Transmisi D-CVT pada Daihatsu Sirion 2022

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan rekan kami, transmisi D-CVT yang disematkan pada Daihatsu Sirion 2022 juga memiliki kekurangan.

Selama akselerasi awal sekitar 0-25 km/jam, transmisi CVT terasa seperti dipatok pada rasio gigi yang agak rendah. Disaat posisi diam dan ingin melanjutkan perjalanan, mobil terasa seperti melompat secara tiba-tiba. Tentunya kondisi seperti itu akan sedikit berbahaya disaat kondisi macet atau berhenti lampu merah.

Sebagai informasi, varian 1.3L Daihatsu Sirion dibekali jantung pacu 1NR-VE 4-silnder segaris DOHC dual VVTI-i yang dapat menghasilkan tenaga 95 PS dengan torsi 121 Nm. Sedangkan mesin 1.5L 2NR-VE 4-silnder segaris DOHC dual VVTI-i yang ditawarkan dapat memuntahkan daya sebesar 103 PS dan torsi 137 Nm.

Baca juga: Cari Hatchback Murah, Pilih Daihatsu Sirion atau Suzuki Baleno 2021?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Sirion X CVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil