window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Fitur ADAS Bisa Bikin Pengemudi Wuling Almaz RS Lebih Nyaman dan Aman, Tapi Jangan Lakukan Ini

Prasetyo · 27 Sep, 2021 16:28

Wuling Almaz RS 2021

Belakangan ini fitur cerdas untuk membantu pengemudi supaya berkendara lebih aman dan nyaman terus berkembang. Ada Wuling yang menyebutnya sebagai Advanced Driver Assistance System (ADAS), ada juga yang menamakan Honda Sensing. Sedangkan Toyota pakai nama Toyota Safety System (TSS).

Sebenarnya apapun isitilah yang digunakan, fitur-fitur ini punya fungsi serupa. Yaitu membantu pengemudi secara aktif ketika berkendara di jalan atau pada saat parkir. Supaya kejadian-kejadian tidak diinginkan seperti tabrakan, dapat dihindari.

Fitur ADAS Wuling Almaz RS -1

Kendali utama kendaraan tetap ada di pengemudinya

Namun perlu diingat, fitur-fitur ini cuma berfungsi sebagai "asisten" bagi pengemudi. Kontrol serta keputusan utama tetap kembali kepada Anda sebagai driver di kendaraan itu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Pengemudi tetap harus selalu aktif dan bertanggung jawab untuk keselamatan berkendara," pesan Sonny Suksmana, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI).

Baca juga : Penjualan Wuling Almaz RS Kian Moncer, Fansnya Makin Banyak

ADAS Hanya Bertugas Membantu Pengemudi

Fitur ADAS Wuling Almaz RS -2

Adaptive Cruise Control bisa deteksi kecepatan mobil di depannya

Dalam pemaparannya Sony juga menegaskan fitur seperti ADAS yang ada di Wuling Alamaz RS misalnya, memang akan sangat membantu pengemudi saat berkendara agar tetap aman dan nyaman. "Artinya, bukan menjadi fitur yang mengambil alih proses mengemudi," kata dia.

Ia menjelaskan, ADAS menggunakan radar dan sensor serta bantuan kamera untuk memindai objek yang ada di bagian depan, belakang serta sisi kendaraan. Semua komponen itu juga bisa memindai marka jalan untuk selanjutnya memberikan informasi kepada pengemudi.

Wuling Almaz RS -1

Kamera dan sensor-sensor di Almaz RS

Menurut Sony, inovasi teknologi seperti ini tentu akan sangat membantu pengemudi. Contohnya memperingati pengemudi saat berkendara keluar dari batas marka jalan tanpa menyalakan sein. Atau membantu pengereman secara otomatis apabila mendeteksi kendaraan di depan tiba-tiba melakukan deselerasi dan pengemudi telat menginjak pedal rem.

Baca juga : Ingat! Fitur WISE milik Wuling Almaz RS Bukan Berarti Pengemudinya Bisa Lepas Kemudi!

ADAS merupakan Fitur Semi-Autopilot

Selain itu Sonny juga mengingatkan kepada pengguna Wuling Almaz RS termasuk dari kalangan komunitasnya, jika adanya fitur ADAS bukan berarti kendaraan tersebut berubah layaknya mobil autonomous. Sebab karakteristik kedua teknologi ini berbeda jauh.

Wuling Almaz RS 2021 -3

Perwakilan komunitas Wuling Almaz

"ADAS adalah teknologi semi-autopilot yang perannya membantu pengemudi dalam berkendara nyaman dan aman. Sementara itu, autonomous adalah teknologi full autopilot dimana kendaraan terhubung dengan sekelilingnya melalui pemindai dan koneksi internet untuk berkendara secara otomatis,” ucap dia.

"Jadi, teknologi ADAS masih perlu peranan pengemudi karena fiturnya sebagai pembantu menciptakan pengendaraan lebih aman dan nyaman," tegas Sony.

Mengenal Fitur ADAS di Wuling Almaz RS

Fitur ADAS Wuling Almaz RS -4

ADAS jadi kelebihan tersendiri di Wuling Almaz RS

Fitur ADAS yang sudah disuntikkan Wuling pada model Almaz RS memang sebenarnya sangat lengkap. Bahkan untuk kelas mobil direntang harga Rp300 juta - Rp400 jutaan, Anda bisa mendapatkan kendaraan yang punya fitur keselamatan setara mobil-mobil premium.

Mulai dari Adaptive Cruise Control, Bend Cruise Assistance, Traffic Jam Assistance, dan Intelligent Cruise Assistance. Kemudian ditambah fitur Lane Departure Warning, Lane Keeping Assistance, Safe Distance Warning, Forward Collision Warning, Automatic Emergency Braking, Intelligent Hydraulic Braking Assistance, Collision Mitigation System, serta Intelligent Head Beam Assistance.

Wuling Almaz RS 2021 -4

Ada fitur Remote Vehicle juga di Almaz RS

Bahkan menariknya di Wuling Almaz RS, fitur ADAS ini menjadi kesatuan dengan teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang terhubung dengan Internet of Vehicle (IoV). Dengan fitur ini, Anda cukup mengunduh aplikasi My WULING+ di ponsel lalu koneksikan dengan headunit berukuran 10,4 inci yang ada di mobil.

Nantinya ponsel Anda bisa berubah layaknya remote untuk mengidupkan mesin, membuka tutup kaca jendela, mengunci pintu, hingga fitur Vehicle Positioning, dan Geo-fencing Security yang dapat melacak keberadaan kendaraan serta membatasi pergerakan mobil ini apabila dikendarai oleh orang lain.

Baca juga : Demi Saingi Wuling Almaz RS, Chery Tiggo 8 Plus Bakal Bawa Fitur Keselamatan ADAS di Indonesia

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Wuling Almaz Hybrid 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil